Lagi Cari Kerja? Coba Aja Cari Lowongan Di Wantedly

wantedly
ArenaLTE.com - Baru-baru ini muncul sebuah aplikasi wantedly yang merupakan platform jejaring sosial untuk perekrutan tenaga kerja. Platform ini populer di Jepang dan Singapura, kini hadir secara resmi di Indonesia.
 
Aplikasi Wantedly ini menyediakan serangkaian layanan perekrutan tenaga kerja yang dapat diakses dengan mudah oleh para pencari kerja maupun perusahaan yang mencari kandidat pegawai terbaik di Indonesia.
 
Melalui platform online Wantedly ini juga para pencari kerja dapat dengan mudah menemukan informasi mengenai perusahaan yang memiliki semangat dan visi yang sesuai dengan aspirasi mereka.
 
wantedly

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Boston Consulting Group dan Recruit Works Institute mengenai Tren Pencari Kerja Global, 44% pencari kerja percaya bahwa situs lowongan kerja dan jejaring sosial merupakan kanal yang paling efektif dan efisien untuk melakukan pencarian kerja. Namun di samping itu, referensi dari teman, kenalan ataupun keluarga juga masih menjadi pertimbangan utama.
 
Temuan lain dari Research Work Institute menunjukkan bahwa hanya 25.5% pekerja di Indonesia yang meninggalkan pekerjaannya karena permasalahan gaji atau tunjangan.
 
Dan 74.5% pekerja mencari pekerjaan baru karena mencari budaya kerja yang berbeda, visi dan misi perusahaan yang lebih sesuai dengan aspirasinya, atau lingkungan kerja dan teman-teman kerja yang lebih menyenangkan.
 
wantedly

Oleh karena itulah Wantedly mensimulasikan proses pencarian kerja seperti halnya proses pencarian pasangan di mana baik para pencari kerja maupun perusahaan perlu melakukan langkah-langkah pendekatan untuk menemukan persamaan dan kecocokan sebelum akhirnya membuat keputusan jangka panjang.
 
Dalam keterangannya Lius Widjaja, Country Head Indonesia Wantedly mengungkapkan jika aplikasi Wantedly ini berbeda dengan situs lowongan pekerjaan lainnya yang berusaha menarik kandidat dengan iming-iming gaji dan tunjangan.
 
“Wantedly mengambil pendekatan yang berbeda terhadap perekrutan tenaga kerja yang lebih berfokus pada penjelasan mengenai budaya kerja serta visi mereka sehingga dapat menarik calon kandidat yang memiliki pemikiran yang sejalan,” ujarnya.
 
Lebih jauh Lius menambahkan, “Bicara tentang talent pool di Indonesia , kami melihat bahwa hanya ada 25% populasi talent pool di platform lowongan kerja tradisional. Sedangkan 75% talent pool adalah passive job seeker yang tidak aktif di platform pencarian kerja namun aktif di berbagai sosial media.
 
Mereka adalah orang-orang yang telah memiliki pekerjaan namun sebetulnya terbuka untuk kesempatan kerja yang lebih baik. Wantedly yang mengintegrasikan platform lowongan kerja dengan sosial media memberikan solusi bagi perusahaan untuk memudahkan menjangkau kandidat-kandidat ini.

Selain di Indonesia, Wantedly telah terlebih dahulu hadir di Singapura dan Jepang. Wantedly juga telah bekerja sama dengan 20.000 perusahaan dan memiliki lebih dari 1,2 juta pengunjung aktif setiap bulannya.

Leave a Comment