Kaspersky Lab : 1 Dari 4 Orang Pilih Telanjang Daripada Ketinggalan Smartphone

ArenaLTE.com - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kaspersky Lab kembali ungkap fakta menarik, ternyata internet dan akses ke dunia digital kini tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Lebih dari seperlima (22%) responsen mengatakan bahwa memiliki koneksi ke Internet sama pentingnya dengan mendapatkan makanan, air dan tempat tinggal.
 
Tetap terhubung ke Internet sekarang menjadi kebutuhan penting bagi banyak pengguna, terutama ketika mereka sedang bepergian. Ketergantungan kita pada perangkat dan konektivitas kini begitu kuat sehingga kehilangan smartphone atau tablet bisa lebih membuat stres lebih besar daripada situasi traumatik lainnya.
 
Hampir semua responden (90%) mengatakan bahwa mereka akan merasa stres jika perangkat mereka hilang atau dicuri, yang lebih tinggi daripada ketinggalan kereta atau pesawat (88%), mengalami kecelakaan kecil pada mobil (88%), atau dalam kondisi sakit (80%).
 
Lebih mengejutkan, orang-orang siap untuk mengambil risiko malu dan bahkan membahayakan keselamatan pribadi agar tetap terhubung. Sebagai contoh, 26% responden menatap layar ponsel mereka ketika menyeberang jalan dan 21% responden juga menatap layar ponsel ketika berjalan di daerah yang tidak diketahui atau berbahaya.
 
Selain itu, satu di antara lima orang mengatakan mereka merasa seperti telanjang tanpa perangkat yang terhubung. Ini adalah sesuatu yang Kaspersky Lab teliti lebih lanjut dalam percobaan baru-baru ini, dengan seorang sukarelawan yang tidak memiliki bantuan dan telanjang ditugasi untuk mencoba dan menemukan pakaiannya di kota yang tidak dikenal, tanpa telepon dan semua akses di dalamnya.


 
Hasil dari eksperimen sosial ini telah menunjukkan bahwa bepergian tanpa perangkat yang terhubung ke Internet sama rasanya seperti telanjang.
 
Dalam keterangannya Dmitry Aleshin, VP Pemasaran Produk, Kaspersky Lab mengungkapkan bahwa konektivitas dengan cepat menjadi pokok kehidupan modern  bagi banyak orang, bahkan menjadi kebutuhan mutlak.
 
“Namun dengan konektivitas yang menjangkau semua aspek kehidupan, keamanan tidak dapat diabaikan, dan selalu harus tersedia, apa pun yang Anda lakukan dan di mana pun Anda berada. Pengguna harus memastikan bahwa bagaimanapun situasinya, koneksi mereka harus tetap aman,” jelasnya.
 
Ada cara bagi konsumen untuk dapat mencapai keseimbangan tetap terhubung sekaligus aman. Kaspersky Security Cloud dapat beradaptasi dengan kebutuhan konektivitas orang-orang dan menyediakan beberapa fitur untuk membantu pengguna Mac, Windows, iOS dan Android menjalani kehidupan digital mereka tanpa risiko kehilangan konektivitasnya di saat paling dibutuhkan:
 
  • Ketika Anda membutuhkan komputer untuk melaksanakan kerja, Hard Drive Health Monitor dapat memprediksi dan melacak kesalahan di hard drive komputer Anda.
     
  • Jika perangkat hilang atau dicuri, fitur Anti-Pencurian akan membantu menemukan dan mengembalikan perangkat Android Anda, misalnya dengan menyalakan alarm, mengunci dan menemukan lokasi perangkat, serta bahkan mengambil foto dari orang yang mencurinya.
     
  • Jika Anda mengandalkan Wi-Fi publik untuk tetap terhubung, Secure Connection memungkinkan Anda melindungi informasi dengan mengenkripsi semua lalu-lintas data, sehingga tidak ada orang lain yang dapat mencegat dan menyalahgunakan data yang Anda dimiliki.
     
  • Jika khawatir baterai hampir habis – Device Power Consumption dapat memberitahu Anda berapa banyak baterai yang tersisa di perangkat Android, dan berapa banyak waktu yang dimiliki sebelum baterai benar-benar habis.
     
  • Jika anak-anak Anda jauh dari rumah dan ingin mereka tetap terhubung, maka Battery Tracker, fitur baru di Kaspersky Safe Kids akan memberitahu orang tua ketika tingkat baterai perangkat anak-anak mereka rendah.

Leave a Comment