J&T Alibaba Dorong UKM Indonesia Masuk Pasar Internasional

J&T_Alibaba
ArenaLTE.com - J&T Alibaba merupakan bentuk kerja sama strategis antara J&T Express, perusahaan Indonesia logistik kilat berbasis teknologi, dengan Alibaba.com, portal global e-commerce pada segmen Business to Business (B2B) terdepan dunia.
 
Dengan misi memajukan perekonomian Indonesia melalui wadah bisnis berbasis teknologi, J&T Alibaba bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya sektor Usaha Kelas Menengah (UKM) dan pelaku bisnis lainnya untuk dapat memperkenalkan produk Indonesia pada pasar internasional.
 
J&T Alibaba menyediakan akses global untuk pengusaha Indonesia melalui platform digital dan menawarkan layanan untuk UKM di Indonesia untuk mengatasi tantangan mereka dalam mengekspor produk mereka.
 
Termasuk memberikan konsultasi dan program pendidikan mengenai strategi e-commerce, ekspor, dan pemasaran  serta  akses  ke  kumpulan  pembeli potensial dari seluruh dunia. Selain itu, melalui program bernama SMEKers Zone, J&T Alibaba membantu memetakan produk lokal khas daerah masing-masing agar bisa menonjol. Hal ini sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam mendorong sektor UKM.
 
Merujuk laporan Deloitte Access Economics, peningkatan penggunaan platform digital untuk UKM di Indonesia dapat mendukung pertumbuhan ekonomi tahunan negara sebesar 2%. Namun, hanya ada 9% dari total 56,5 juta UKM yang memanfaatkan platform online atau memiliki toko online.
 
Informasi dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) juga mengungkapkan hal yang senada, kontribusi UKM terhadap total ekspor hanya mencapai 15,8%, masih paling rendah dibanding negara-negara Asia Tenggara secara keseluruhan.

J&T_Alibaba
 
Oliver Yang, Direktur J&T Alibaba dalam keterangnnya mengungapkan bahwa J&T Alibaba resmi berdiri sebagai mitra bisnis Alibaba.com di Indonesia, bukan sebagai mitra logistik. Kami berkomitmen untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan mendorong sektor UKM.
 
J&T Alibaba akanmembekali pengusaha Indonesia untuk menjadi pelaku bisnis unggul dan memperkenalkan dengan bangga produk Indonesia pada pasar internasional. Memberikan solusi wadah bisnis berbasis teknologi yang akurat dan efisien serta akses internasional, J&T Alibaba berharap dapat turut membantu inisiatif pemerintah dalam memajukan UKM.
 
J&T Alibaba menyediakan program keanggotaan International Free Member (IFM) dan Global Gold Supplier (GGS). Khusus pada anggota Global Gold Supplier (GGS), tersedia paket basic, standard, dan premium untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan sesuai dengan ukuran, industri, produk, dan kategori perusahaan mereka.
 
Anggota GGS akan mendapatkan penawaran eksklusif yaitu bantuan konsultasi bisnis dari ahli, akses pada permintaan pembeli, dan tampil sebagai prioritas urutan lebih tinggi dibandingkan sebagai anggota gratis (IFM) di halaman pertama Alibaba.com saat pembeli memasukkan kata kunci. Dengan memberikan akses terpercaya dan pembekalan yang kuat, J&T Alibaba yakin dunia akan percaya dengan kualitas produk Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Jack Zhang, General Manager of Oversea B2B of Alibaba Group mengatakan, “Kami melihat potensi yang besar pada pengusaha Indonesia kelas menengah dan produk - produk Indonesia yang berkualitas namun seringkali mengalami kendala dalam menjual produknya ke pasaran baik dalam negeri maupun internasional.
 
Oleh karena itu, Alibaba.com menggandeng J&T Express yang memiliki jaringan kuat tersebar di seluruh Indonesia untuk menjadi mitra resmi kami di Indonesia. Kami berharap sinergi solid ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada perekonomian Indonesia.”

Leave a Comment