Tenang, Jaringan XL Prima Buat Hadapi Natal dan Tahun Baru

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - XL Axiata sudah siap menghadapi kenaikan trafik layanan komunikasi menyambut Natal dan Tahun Baru. Sudah bukan rahasia lagi, jika pada momentum seperti itu kerap terjadi kenaikan trafik layanan telekomunikasi khususnya layanan data. Alhasil, jaringan XL pada Natal dan Tahun Baru 2016 sudah mengantisipasi berbagai kejadian yang bakal mengganggu.

Menurut Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, jaringan XL siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun. Termasuk jaringan XL pada Natal dan Tahun Baru 2016. “Kami tetap memastikan aspek di network benar-benar siap. Prediksi kami, seiring dengan semakin terbiasanya masyarakat dengan layanan data, termasuk untuk menelpon dan berkirim pesan, trafik penggunaan data akan meningkat cukup signifikan dibandingkan voice dan SMS,” kata Yessie.

Terkait jaringan XL pada Natal dan Tahun Baru, XL memperkiraan terjadi kenaikan trafik pada semua layanan, baik data, SMS, juga voice, dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20%, voice 5%, dan SMS 10%.

Persiapan yang telah dilakukan oleh XL antara lain berupa penambahan kapasitas jaringan dan juga BTS untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. Berbeda dengan Ramadhan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan XL pada Natal dan Tahun Baru cukup untuk menghadapi kenaikan trafik terutama di jaringan Core Data Services.

XL juga melakukan penambahan BTS, penambahan kapasitas, dan juga melakukan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami kenaikan trafik. Optimisasi jaringan dan penambahan BTS dilakukan terutama di area yang menjadi pusat keramaian selama libut Natal dan Tahun Baru.

Di Jabodetabek, dilakukan optimisasi antara lain di Monas, Bundaran Hotel Indonesia, Ancol, Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, dan kawasan Puncak. Bandung di Alun-alun, Dago, dan Gasibu. Yogyakarta di Alun-alun, sepanjang Malioboro, dan Pantai Parang Tritis.

Surabaya di Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, Pantai Ria Kenjeran, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Taman Remaja, Ciputra Water Park, House of Sampoerna, serta Monumen Kapal Selam. Bali di area Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Renon, Sanur, Tanjung Benoa, dan Ubud. Sementara itu di wilayah lainnya antara lain Bandara Hasanuddin Makasar, Bandara Sam Ratulangi Manado, dan Bandara Pattimura Ambon.

Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik  pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Selain itu, XL juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan/kenaikan traffic dari setiap layanan, termasuk dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2-4 x lipat kondisi traffik normal.

Jaringan XL pada Natal dan Tahun Baru, pelanggan juga bisa merasakan kenyamanan menggunakan layanan 4G LTE XL, yang bisa dinikmati di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya Medan, Bogor, Mataram, Denpasar, Surabaya, Bandung, Jakarta, Batam, Pekanbaru, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan,Tegal, Pacitan, Madura, Manado dan Banjarmasin, serta Yogyakarta.

Leave a Comment