​Jaringan Smartfren Di Jalur Mudik, Aman

jalur_mudik_smartfren
ArenaLTE.com - Operator Samrtfren menyatakan sudah siap melayani kebutuhan komunikasi para pemudik di sepanjang perjalanan menuju kampung halaman masing-masing. Itu menyusul langkah optimasi jaringan yang dilakukan Smartfren pada daerah-daerah yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik. Terutama di jalur-jalur mudik.

“Kami sudah siap mengantisipasi lonjakan trafik. Jaringan (Smartfren) sudah siap semua, sudah diotimasi,” ungkap Munir SP, VP Technology Relations and Special Project Smartfren.

Menurut Munir, jaringan 4G Smartfren sudah merata di sepanjang jalur mudik di pulau Jawa. Baik untuk jalur utara (pantura), tengah maupun selatan. Namun, kata Munir menambahkan, di beberapa kabupaten/kota, hanya di  kotanya saja, atau yang terlewati jalur mudik yang sudah ada.

“Beberapa daerah tidak sampai ke pelosok-pelosoknya. Hanya yang dilewati jalur mudik saja,” ujar Munir, sembari menambahkan, untuk ibukota propinsi seperti Jogjakarta, itu sudah merata.

Optimasi jaringan yang dilakukan Smartfren itu termasuk penambahan kapasitas jaringan sebanyak 25% pada jalur mudik. Selain itu, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan tajam pada trafik, yang bisa mengakibatkan over kapasitas, Smartfren juga menyiapkan armada Mobile BTS, yang ditempatkan pada 55 Task Force Basecamp.

Jadi apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk mem-back up suatu spot yang tengah terjadi lonjakan tajam, Mobile BTS akan diluncurkan dari base camp terdekat. “Misalnya terjadi kemacetan parah di suatu titik, seperti di Brexit tahun lalu, di mana diperkirakan akan terjadi lonjakan pemakaian, maka dikirimlah mobile bts dari basecamp terdekat, dari Pekalongan,” papar Munir lagi.

Saat ini, operator yang dulunya dikenal sebagai penyelenggara layanan CDMA ini, memiliki total sekitar 11 juta pelanggan lebih. Sekitar 5,4 juta di antaranya sudah menjadi pelanggan 4G LTE.

“Segala upaya sudah kami lakukan untuk membuat pelanggan yang masih menggunakan 3G, berpindah menggunakan 4G. Tapi memang tak bisa cepat, harus bertahap,” ucap Merza Fachys, Presiden Direktur Smartfren.

Leave a Comment