​Jaringan 4G LTE XL Axiata Layani Masyarakat Bangka Belitung

4G-LTE-XL-Axiata-Bangka-Belitung

ArenaLTE.com - Perluasan infrastruktur jaringan 4G LTE XL Axiata terus dilakukan di wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Setelah sejak awal 2016 masuk ke Belitung, kini masyarakat di Bangka juga mulai bisa memanfaatkan layanan internet cepat ini.

Keberadaan layanan 4G LTE XL Axiata ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan XL Axiata di salah satu provinsi dengan pelanggan terbesar ini. Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan dan General Manager Sales Operation Southern West Region XL Axiata, Rudi Rahman Hidayatmeresmikan beroperasinya layanan 4G LTE XL Axiata ini di Pangkal Pinang, Kamis (13/9).

Rudi Rahman Hidayat mengatakan, “Bangka Belitung merupakan salah satu daerah di mana XL Axiata memiliki pelanggan paling banyak dibandingkan operator lain. Karena itu kami menempatkan daerah ini sebagai salah satu prioritas untuk perluasan layanan 4G LTE XL Axiata sejak awal tahun 2016 dengan Belitung terlebih dulu.”

“Syukur Alhamdulillah, kini kami telah menyelesaikan perluasan jaringan 4G LTE ke Bangka, sehingga komplit sudah Bangka dan Belitung terlayani internet cepat ini. Kami berharap, keberadaan infrastruktur dan layanan 4G LTE ini akan mampu mendorong pembangunan di berbagai sektor yang dilaksanakan di provinsi ini,” ujarnya.

Layanan 4G LTE XL Axiata telah hadir di 5 kota/kabupaten atau semua kota/kabupaten yang ada di Bangka. Kota/kabupaten itu adalah Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Bangka Selatan. Total BTS 4G yang sudah beroperasi di seluruh Bangka sekitar lebih dari 80 unit dan masih akan terus ditambah.



Sementara itu, di Belitung, telah tersedia layanan internet cepat ini di 2 kota/kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur yang dilayani oleh total lebih dari 90 BTS 4G. Dengan ini seluruh kota/kabupaten di Bangka Belitung sudah terjangkau layanan 4G LTE. Di seluruh Bangka Belitung telah tersedia sekitar 600 BTS 3G.

Permintaan layanan Data yang berkualitas memang terus tumbuh di seluruh area Bangka Belitung. Dalam setahun terakhir, trafik Data meningkat hingga 172% di seluruh provinsi Bangka Belitung. Khusus trafik 4G meningkat 347%. Tingkat penggunaan smartphone Data (3G dan 4G)  oleh pelanggan di seluruh wilayah Bangka Belitung juga terus meningkat dan kini mencapai 56% dari total pelanggan mencapai lebih dari 600 ribu.

Sementara itu, untuk pelanggan XL Axiata yang telah menggunakan smartphone 4G mencapai sekitar 250 ribu pelanggan. Jumlah ini diyakini akan terus tumbuh di masa mendatang mengingat masyarakat setempat yang cukup adaptif dengan perkembangan teknologi digital.

Vice Presiden West Region XL Axiata, Francky Rinaldo menambahkan, keberadaan layanan 4G LTE di Bangka Belitung juga akan bisa mendukung program-program pengembangan potensi ekonomi lokal, yang beberapa di antaranya telah memiliki pamor hingga tingkat nasional dan internasional.

Misalnya, dia menyebut, industri pariwisata Bangka Belitung dengan pantai-pantainya yang indah sangat popular hingga mancanegara. Layanan 4G LTE akan sangat membantu industri pariwisata di sana, terutama untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata yang tersebar di sana, baik oleh pemerintah daerah dan pelaku industri, maupun oleh masyarakat dan juga pengunjung.

Perkembangan 4G LTE XL Axiata di Sumatra

Saat ini layanan 4G LTE XL Axiata sudah masuk ke lebih dari 123 kota/kabupaten di semua provinsi di Sumatera, dengan target bisa masuk dan melayani masyarakat di 126 kota/kabupaten yang ada di sana. Perluasan yang XL Axiata lakukan ini cukup agresif seiring dengan momentum makin meratanya permintaan atas layanan Data yang berkualitas di berbagai daerah.

Untuk area-area yang belum memungkinkan masuknya jaringan 4G LTE, XL Axiata juga telah meningkatkan jangkauan layanan 3G yang juga lebih berkualitas. Saat ini telah tersedia sekitar sekitar 8 ribu BTS 3G.

Hingga akhir Agustus 2017, secara nasional sebanyak 338 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE, termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jumlah pelanggan layanan Data secara umum juga terus meningkat, saat ini mencapai sekitar 70% dari total pelanggan.

Hingga akhir Juni 2017, jumlah pelanggan yang menggunakan smartphone juga terus meningkat dan menjadi sekitar 67% dari total pelanggan. Sementara itu, pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai sekitar 20 juta dari total pelanggan. Layanan XL Axiata saat ini didukung oleh total lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 42 ribu BTS 3G dan lebih dari 14 ribu BTS 4G.


Leave a Comment