Jaringan 4G LTE Telkomsel Hadir Di Jalur Tol Jakarta-Cikampek II Elevated

ArenaLTE.com - Tol Jakarta-Cikampek II Elevated alias Japek II merupakan tol layang terpanjang di Indonesia. Rencananya tol layang sepanjang 39 km tersebut sudah siap beroperasi pada tanggal 15 Desember 2019 mendatang.
 
Mengantisipasi lonjakan trafik pada saat liburan mendatang, Telkomsel menghadirkan jaringan dan layanan 4G di sepanjang tol layang baru mulai dari pintu tol Cikunir hingga pintu tol Karawang Barat.
 
Secara khusus, Telkomsel membangun sekitar 82 unit BTS di sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek II Elevated, di mana seluruhnya mengunakan teknologi multi-band Long Term Evolution (LTE).
 
Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto mengungkapkan bahwa selain membangun 67 BTS 4G LTE baru di sepanjang jalur tol tersebut, untuk mengoptimalkan jaringan, Telkomsel juga  menambah kapasitas 99 BTS 4G LTE.
 
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat momen liburan natal dan tahun baru, Telkomsel juga telah melakukan serangkaian drive test di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated.


 
Dari hasil drive test tersebut, parameter coverage (kekuatan sinyal), kualitas sinyal dan capacity (data download throughput) menunjukkan hasil yang baik, di mana mencapai angka 99,35%.
 
Untuk melengkapi penyediaan layanan jaringan di ruas-ruas jalan tol, Telkomsel juga fokus memaksimalkan kapasitas jaringannya di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, di mana sudah dilayani sekitar 2.226 BTS Telkomsel.
 
Sehingga untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100%.
 
Secara keseluruhan Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 209.000 BTS di mana 77.501 merupakan BTS 4G dan berkomitmen menambah sekitar 22.000 BTS baru hingga akhir tahun 2019 ini.
 
Selain itu untuk mempercepat penambahan coverage dan meningkatkan kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G LTE ini di seluruh BTS di frekuensi 900Mhz.
 
Sehingga dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini memperluas jangkauan layanan 4G mencapai 95% populasi menjangkau hampir di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.
 
Dalam rangka mengukuhkan sebagai digital telco company serta komitmen Telkomsel dalam membangun akses jaringan yang merata di seluruh Indonesia, maka Telkomsel secara konsisten menghadirkan produk dan layanan berbasis digital berkualitas.
 
Pelanggan 4G LTE Telkomsel dapat menikmati berbagai layanan digital seperti layanan Digital Lifestyle (MAXstream, Langit Musik, Dunia Games), Mobile Financial Services (Linkaja), Digital Advertising, Digital Banking (Mobile Banking) and Internet of Things (Smart Connectivity, Fleet Sight dan InTank).

Leave a Comment