Iruna e-Logistics Jadi Solusi Distribusi E-Commerce Indonesia

iruna-e-logistic
ArenaLTE.com - Selama beberapa tahun terakhir industri e-commerce di Indonesia bertumbuh dengan pesat, namun permasalahan distribusi masih menjadi kendala para pelaku e-commerce di Tanah Air. Oleh karena itulah Iruna e-Logistics hadir di Indonesia.

Iruna e-Logistics menjadi perusahaan pertama Indonesia yang memberikan platform solusi back-end untuk transaksi dagang secara terintegrasi melalui layanan E-Logistic yang mendorong industri e-commerce ke pasar lokal menjangkau pasar global.

Hal ini diungkapkan oleh Yan Hendry Jauwena, CEO dan Founder iruna eLogistics yang ditemui saat konferensi pers peluncuran brand iruna e-Logistic di Fulfillment Center (Warehouse) iruna di kawasan Sunter.

Ikut memberikan sambutan pada peresmian Iruna e-Logistic ini, Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Bapak Rudiantara menerangkan bahwa pasar e-commerce Indonesia pada 2020 diprediksi akan memiliki nilai sebesar US$130 miliar (sekitar IDR1,7 kuadriliun).

Dengan pertumbuhan per tahun sebesar lima puluh persen, jumlah pengguna smartphone yang besar, dan terus tumbuhnya pemain baru tidak saja dari e-commerce korporasi tapi juga dari social commerce, ekosistem pun dituntut untuk berinovasi baik dari segi teknologi bagi penjual, kemudahan dan kemanan belanja bagi pembeli, metode pembayaran, hingga logistik.

Untuk menjawab tantangan kebutuhan akan digitalisasi teknologi logistik yang andal dan terpercaya mulai dari warehouse, lalu packaging hingga strategi last mile delivery yang andal dan real time, iruna e-Logistik hadir sebagai perusahaan e-Logistics pertama di Indonesia yang memberikan semua solusi tersebut.

“kami memberikan solusi layanan logistik berbasis digital yang terintegrasi dengan situs dagang milik pelaku usaha, dilengkapi dengan aplikasi panel mangement inventory ke fulfillment center yang dapat diakses secara real time dan online.” Tambah Yan Hendry memaparkan.

Iruna e-Logistik memberikan beragam solusi logistik mulai dari pengelolaan fulfilment seperti proses inbound dan outbound barang serta return management, proses pengiriman yang tepat waktu dan real time melalui interface data hingga integrasi dengan market place dan toko online.

Dengan 1 kali mendaftar di sistem, penjual dapat langsung terdaftarkan ke semua toko online atau toko online yang dipilih. Pelayanan yang akan didapatkan penjual diantaranya adalah pengambilan dan pengemasan barang, foto produk, dan pemasaran pada marketplace yang menjadi mitra bisnis iruna untuk front end.
iruna-e-logistic
Talkshow bersama Bapak Farid Akbarsyah (Chief Operation iruna eLogistics), Juan Tanri (Co-Founder & Cpo iruna eLogistics), Bapak Yan Hendry Jauwena (Founder & CEO iruna eLogistics)

Jangkauan Iruna e-Logistik ke Seluruh Wilayah Indonesia

Sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas terutama UKM di beberapa daerah, kini iruna telah mempersiapkan fulfillment center. Diharapkan nanti akan berdiri Sembilan fulfillment center di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun fulfillment center pertama iruna di wilayah Jakarta sudah beroperasi pada awal tahun ini, sementara delapan lokasi berikutnya antara lain Surabaya dan Yogyakarta segera menyusul beroperasi pada tahun 2017 ini.

Untuk wilayah Sumatera akan dibangun di kota Medan dan Palembang, di Sulawesi akan dibangun di kota Manado dan Makassar, di Kalimatan akan dibangun satu warehouse di Balikpapan atau Pontianak dan untuk mensuport wilayah Indonesia Timur akan berdiri satu warehouse di Ambon.

Selain bermitra dengan para pemain lokal dalam bidang, transportasi dan gerai ritel, dalam memberikan layanan yang cepat dan tepat, iruna saat ini bekerjasama dengan salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terkemuka Indonesia, yaitu Indosat Ooredoo.
 
Dalam kerjasama tersebut  iruna dengan menggunakan ribuan outlet, gerai dan gallery Indosat sebagai titik touch point pengantaran dan pengambilan barang bagi consumer yang mana semua titik tersebut akan di persiapkan sebanyak 3000 lokasi sampai pertengahan tahun dan mencapai 10,000 lokasi pada akhir tahun. 

Leave a Comment