Kasus iPhone 6/6S Mati Mendadak, Begini Jawaban Apple

ArenaLTE.com - Jika Anda menggunakan iPhone 6 atau iPhone 6S saat ini, mungkin mengalami masalah baterai yang tak terduga. Bisa kemungkinan telepon itu mati mendadak meski tenaga baterai masih tersimpan banyak. Namun jangan kaget, ini bukanlah sebuah masalah baru, tetapi sudah muncul sejak pertama kali perangkat hadir pada awal tahun. Apple pun sepertinya memahami hal tersebut, sehingga program pergantian baterai terbatas untuk iPhone 6 atau iPhone 6S telah dihadirkannya.

iPhone 6 atau iPhone 6S memang memiliki masalah baterai semenjak kehadirannya, seperti dilansir dari laman BGR bahwa permasalahan itu sudah sering kali muncul saat produk pertama kali hadir. Pun demikian, Apple memiliki program pergantian baterai yang telah dihadirkannya meski dalam unit terbatas, selain itu mengumumkan juga bahwa pembaharuan sistem dapat mengatasi masalah.

Kelemahan baterai pada iPhone 6 atau iPhone 6S pun dijelaskan Jeff John Roberts, salah satu reporter Fortune Mgazine mengungkapkan,”Aspek yang paling menjengkelkan dari semua ini adalah bahwa Apple menolak untuk berterus terang tentang apa yang terjadi. Sementara perusahaan ini menjalankan program penggantian baterai terbatas untuk beberapa model iPhone 6s, itu masih berpura-pura hal-hal yang baik-baik saja dengan model lainnya.”

Ia menuturkan juga mengenai masalah iPhone 6 miliknya yang memiliki masalah tersebut. Dan masalah ini pun dialami setidaknya oleh lima orang rekannya dalam satu perusahaan.

iphone-6-plus-harga

Robert  juga mengungkapkan bahwa seorang karyawan toko ritel Apple menawarkan fix perihal data tidak bisa dilakukan. Apple bisa menginstal ulang firmware pada perangkat, tetapi ini akan mengakibatkan hilangnya data penting, termasuk semua pesan teks. Namun, kemungkinan masalah daya tahan baterai akan tetap terjadi meski skala kemungkinan kecil.

Keterangan dari Apple

Menanggapi masalah ini, Apple pun menuliskan pengumuman penting dan menjelaskan perihal permasalahan dan produk yang terjadi.

“Kami bekerja keras untuk menawarkan pelanggan kami yang terbaik dukungan produk, pengalaman, dan pelanggan. Kami percaya ini adalah mengapa kita telah mendapatkan tertinggi dari pelanggan kepuasan dari pembuat smartphone di China dan di seluruh dunia.

Kami mengambil setiap kekhawatiran pelanggan yang sangat serius, termasuk jumlah terbatas atas laporan dari masalah iPhone mati mendadak. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada lembaga untuk meneruskan keprihatinan kepada kami dan keterlibatan mereka dengan kami.

Setiap kali kita mengalami masalah, kita menyelidiki dengan menggunakan proses menyeluruh termasuk menganalisis perangkat tersebut. Kami juga melihat informasi diagnostik dari set yang lebih luas dari pelanggan yang telah memilih untuk standar pelaporan data diagnostik kami. Ketika kita menemukan sesuatu, kita bekerja dengan cepat menyediakan pelanggan kami dengan solusi.

Sebagai hasil dari penyelidikan kami ini, kami menemukan bahwa sejumlah kecil perangkat iPhone 6s dibuat pada bulan September dan Oktober 2015 terdapat komponen baterai yang terkena udara ambien dikendalikan lebih lama dari seharusnya sebelum dirakit menjadi kemasan baterai. Dua minggu yang lalu, kami meluncurkan program di seluruh dunia untuk mengganti baterai yang terkena dampak, gratis. Kami lagi mohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan. Sangat penting untuk dicatat, ini bukan masalah keamanan.

Sejumlah kecil pelanggan di luar jangkauan terkena juga melaporkan shutdown tak terduga. Beberapa shutdowns ini dapat terjadi dalam kondisi normal agar iPhone untuk melindungi elektronik nya. Dalam upaya untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut, kita termasuk kemampuan diagnostik tambahan di update software iOS yang akan tersedia minggu depan. Ini akan memungkinkan kami untuk mengumpulkan informasi selama beberapa minggu mendatang yang berpotensi membantu kami meningkatkan algoritma yang digunakan untuk mengelola kinerja baterai dan shutdown. Jika perbaikan tersebut dapat dibuat, mereka akan disampaikan dalam pembaruan perangkat lunak masa depan.”

Leave a Comment