Internet Harus Jadi Ruang Aman Buat Anak-Anak

ArenaLTE.com - Internet saat ini menjadi sumber pengetahuan dan penyedia informasi yang sangat luar biasa. Efek positif maupun negatif dari internet sudah lama jadi perhatian dan bahan diskusi banyak kalangan. Salah satunya bagaimana menjadikan internet ruang yang aman bagi anak-anak.

Dalam ajang diskusi Safer Internet Day, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia bekerja sama dengan Netflix, mengadakan dialog industri mengenai cara menjadikan internet sebagai ruang yang lebih aman untuk anak-anak.

Para pembicara pada panel diskusi mewakili berbagai pihak dalam industri internet, baik secara global maupun lokal di Indonesia, dengan tujuan yang sama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di internet kepada anak-anak.

Para pembicara tersebut adalah Dra. Valentina Gintings, M.Si., dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Margaret Aliyatul, dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia; Rizki Ameliah, dari Siberkreasi; Stephen Balkam, Founder dan CEO Family Online Safety Institute; Indriyatno Banyumurti, dari ICT Watch; dan Kuek Yu-Chang, Managing Director Netflix APAC.

Keamanan online adalah tanggung jawab semua orang. Di Family Online Safety Institute, kami menemukan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh setiap orang di seluruh dunia dalam mengarahkan anak-anak kita sekaligus memungkinkan mereka mendapatkan informasi di internet yang kaya dan sesuai dengan kebutuhan.

"Namun, hal ini hanya dapat terlaksana jika semua orang di lingkungan anak itu bekerja sama,” ujar Stephen Balkam, Founder dan CEO Family Online Safety Institute.

Di dalam dunia yang terhubung sekarang ini, sebuah cara yang benar-benar efektif untuk mengatur perilaku anak-anak kita di zaman digital adalah saat pemerintah, industri, dan semua pihak terkait bekerja sama untuk memberikan arahan yang diperlukan oleh anak-anak.

Juga diperlukan peran pemerintah untuk bekerja bersama pihak terkait untuk mempersiapkan orang tua dan pengasuh dengan informasi, sarana, serta sumber daya yang diperlukan untuk memastikan bahwa anak-anak dapat mengakses internet dengan lebih aman dan bertanggung jawab. Penting juga bagi adanya tindakan pencegahan dari komunitas dan lingkungan terdekat.

Sementara Netflix optimistis pendekatan dari lingkungan dalam hal keamanan internet yang merupakan tanggung jawab bersama di antara semua pihak yang terlibat.

"Akhirnya, sebagai penyedia layanan hiburan internet, kami ingin memberdayakan para keluarga untuk mengambil keputusan yang bijak sambil mencari tahu apa saja yang bisa didapatkan dari Internet.” Kuek Yu-Chuang, Managing Director Netflix APAC.

Leave a Comment