Instagram Hadirkan IGTV Buat Nonton Video Vertikal Durasi Panjang

ArenaLTE.com - Instagram baru saja meluncurkan IGTV, sebuah platform yang ditujukan untuk menonton video format vertikal berdurasi panjang. Jadi alternatif YouTube dengan format khusus untuk ponsel.

Meski terpisah, IGTV juga akan tersedia dalam bentuk tab di dalam aplikasi Instagram. IGTV pun menggunakan akun yang sama dengan Instagram. Selanjutnya, saat pengguna login ke IGTV ia akan otomatis memutar video vertikal dari orang-orang yang diikuti di Instagram.

CEO Instagram Kevin Systrom mengungkapkan jika IGTV dirancang supaya pengguna lebih mudah untuk menemukan dan menonton video melalui ponsel. 

Menurut Systrom, pengguna aplikasi video saat ini perlu mencari video terlebih dahulu, kebalikan dari televisi di mana pengguna hanya perlu menyalakannya dan bisa langsung menonton.
 
Nah IGTV ingin menghadirkan konsep dimana pengguna bisa langsung menonton video setelah menyalakan aplikasi. Dengan IGTV pula Instagram mencoba membidik celah baru untuk melakukan monetize.

Memang IGTV belum menyisipkan iklan, namun bos Instagram mengaku jika IGTV adalah tempat yang cukup masuk akal untuk menaruh iklan. Nantinya juga akan ada program pembagian pemasukan dengan para pencipta video, namun untuk saat ini hal tersebut belum ada.

"Instagram telah menjadi sebuah platform untuk menjalin hubungan dengan komunitas, yang menginspirasi, mengedukasi, dan menghibur Anda setiap hari. 

"Dengan bantuan Anda, IGTV akan membawa kita ke babak baru dalam video di Instagram. Kami berharap ini akan membawa Anda lebih dekat dengan komunitas dan hal-hal yang kita sukai," ujar Systrom dalam keterangan pers.

IGTV bisa diunduh di Android dan iOS, dan tersedia secara bertahap secara global mulai hari ini.

Leave a Comment