Ini Faktor Yang Harus Dicermati Sebelum Membeli Smartphone Kamera

ArenaLTE.com - Saat ini smartphone kamera sudah semakin banyak bertebaran di pasaran. Saking banyaknya, mungkin kita malah jadi bingung sendiri saat harus memilih. Memang tidak sulit untuk menentukan mana yang hendak dibeli, tapi apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita?

Sebelum memutuskan pilihan atau jatuh hati pada sebuah smarpthone kamera, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai kecewa setelah memboyongnya ke rumah. Ada beberapa faktor yang harus dicermati sebelum membeli smartphone kamera.
 
  1. Bedakan smartphone kamera selfie dan reguler
Bedakan antara smartphone kamera yang berfokus pada kemampuan sefie dan smartphone kamera reguler yang mengandalkan kemampuan lensa Misalnya membedakan antara smartphone kamera yang fokus pada kemampuan selfie dan smartphone kamera yang benar-benar mengandalkan kualitas lensa di bodi belakang.

Harap diingat smartphone yang mengandalkan kamera selfie biasanya menempatkan lensa terbaik di bagian depan bodi. Sementara smartphone kamera pada umumnya tetap mengandalkan kamera utama sebagai ujung tombak.
 
  1. Perhatikan ukuran sensor gambar kamera
Hal yang sering diabaikan oleh para calon pembeli adalah ukuran sensor gambar kamera. Semakin besar sensor berarti kualitasnya semakin bagus.Ada pula smartphone yang mempunyai dua buah sensor. Dimana yang sensor utama dipakai untuk mendapatkan gambar berkualitas bagus, dan sensor sekunder untuk mendapatkan kedalaman. Berbeda-beda fungsinya tergantung kemampuan yang hendak disodorkan sang vendor.
 
  1. Resolusi gambar / megapixel
Resolusi gambar pun menjadi faktor yang cukup penting dicermati. Pasalnya, semakin banyak pixel, maka gambar semakin tajam dan semakin banyak detil yang bisa dikumpulkan. Beda dengan resolusi kecil yang gambarnya pecah.
 
  1. Perhatikan bukaan lensa
Jika diperhatikan lensa yang ada di smartphone biasanya bersifat fix alias tidak bisa zoom secara optik. Nah yang mesti dicermati pada sebuah ponsel adalah nilai bukaannya atau biasa diberi kode ‘f’. Semakin kecil angkanya berarti hasilnya semakin memuaskan. Bukaannya menjadi tambah besar dimana cahaya yang masuk ponsel semakin banyak. Contoh smartphone dengan f/2 lebih bagus dari f/2.4.
 
  1. Cermati dukungan stabilization
Kalau kalian tak ingin hasil gambar goyang atau blur, maka pilih smartphone yang kameranya sudah mendukung fitur stabilization. Fitur ini cukup penting dipakai memotret dalam kondisi low light atau saat merekam video.
 
  1. Ketersediaan Mode Pro atau Manual
Nah, fitur ini cukup penting buat yang ingin belajar fotografi. Kebanyakan kamera ponsel mengandakan mode auto yang hasil jepretannya sudah diatur oleh software. Denga modus Pro atau Manual, kita bisa mengatur sendiri semua fungsi mulai dari exposure, ISO, white balance dan lain-lain.
 
  1. Lihat kapasitas baterai
Jangan salah lho, kamera cukup menyedot baterai jika dipakai terus menerus. Apalagi saat kita pakai merekam video. Artinya, jika kalian gemar berpetualang alias menggunakan smartphone kamera saat travel, pastikan memilih perangkat dengan kapasitas baterai besar.
Kalian bisa mendapatkan hasil foto atau video lebih banyak tanpa harus sering mengecas ulang. Repot kan kalau baru jepret beberapa kali baterai smartphone kalian sudah low.
 
  1. Jeli memantau storage atau penyimpanan
Ruangan penyimpanan menjadi faktor penting lain buat para peminat smartphone kamera. Bisa dibilang kamera berkualitas berujung pada ukuran file foto atau video yang lebih besar. Jika storage ponsel kalian kecil, tentu hanya bisa memuat foto atau video lebih sedikit.

Nah, sekarang tinggal memilih sendiri, smartphone kamera seperti apa yang kalian butuhkan. Selamat berburu.

Leave a Comment