Ini Dia, 10 Hal Yang Paling Viral Dan #RameDiTwitter Tahun 2018

Paling-RameDiTwitter-2018
ArenaLTE.com - Tahun 2018 menjadi tahun kebangkitan konten Twitter di Indonesia. Dengan sifatnya yang live dan conversational, masyarakat menggunakan Twitter untuk mencari informasi secara real time serta berpartisipasi dalam beragam topik percakapan yang terjadi di linimasa; mulai dari destinasi wisata, olahraga, hiburan, politik, dan lain sebagainya.
 
Dari momen berskala global seperti #WorldCup dan #AsianGames2018, hingga yang berskala nasional seperti #JumatBerkah dan #Dilan1990; Twitter mewakili keberagaman ketertarikan pengguna Twitter di Indonesia — menjadikannya platform pilihan untuk melihat hal yang #RameDiTwitter 2018dari berbagai sisi.
 
10 Tagar yang #RameDiTwitter di Indonesia
Berbagai momen telah terjadi selama 2018 dan meliputi berita terkini, politik, hiburan, musik dan olahraga. Tweet menghubungkan para pengguna dengan berbagai opini, ide, dan memungkinkan pengguna ambil bagian dalam sebuah percakapan global secara real time. Inilah 10 tagar terpopuler yang paling banyak digunakan oleh para pengguna di Indonesia tahun ini.

10-tagar-yang-RameDiTwitter-2018
 
10 Akun di Indonesia yang #RameDiTwitter
Di tahun 2018, masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang sangat beragam. Hal ini terlihat dari beragam akun yang sering dibicarakan di linimasa. Presiden Joko Widodo (@jokowi)  berada di peringkat pertama; disusul oleh Fiersa Besari @FiersaBesari, Firgiawan Ramaulana @seterahdeh, Prabowo Subianto @prabowo dan yang baru saja masuk ke daftar jajaran 5 besar tahun ini yaitu Bayu Joo (@bayu-joo).

10-Akun-Indonesia-Paling-RameDiTwitter-2018
 
10 Brand dengan Engagement yang #RameDiTwitter
Sebagai platform yang bersifat real time, Twitter merupakan tempat terbaik bagi brand dan konsumen untuk saling terhubung. Interaksi dengan konsumen adalah hal terpenting agar mengetahui keluhan konsumen, hal hal apa saja yang menarik bagi konsumen dan membangun rasa kepercayaan karena adanya jalinan komunikasi dengan brand.

10-Brand-Indonesia-Paling-RameDiTwitter-2018

Untuk tahun ini, BNI (@BNI) berada di posisi pertama disusul oleh Grab Indonesia (GrabID), Shopee (@ShopeeID), Samsung Indonesia (@samsungID) dan Bank Mandiri (@bankmandiri). Hal ini menunjukkan bahwa yang terpenting dalam meningkatkan reputasi sebuah brand tidak selalu mengenai jumlah pengikut, namun lebih kepada cara suatu brand mempertahankan dan meningkatkan layanan terhadap konsumennya.
 
10 Akun Dan Tagar Hiburan yang #RameDiTwitter
Twitter jadi salah satu platform terhubung langsung antara penggemar dengan selebriti juga idola mereka. Tak heran, akun seperti @Agnezmo dan @officialJKT48 selalu ramai dibicarakan karena berhasil menghubungkan basis penggemar yang besar.

10-Hiburan-Indonesia-Paling-RameDiTwitter-2018
Twitter juga menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan karya-karya terbaru mereka, Linimasa Twitter sempat ramai oleh percakapan seputar film Dilan 1990 melalui tagar #Dilan1990 yang bertahan di trending topic Indonesia.
 
10 Akun Kpop yang #RameDiTwitter
Sejak lama, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang terjangkit demam Kpop (genre musik populer asal Korea) dan fanatismenya pun menjalar kuat hingga kini. Jajaran 5 besar akun yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna di Indonesia adalah grup Bangtan Boys / BTS (@BTS_twt), EXO (@weareoneEXO), NCT (@NCTsmtown), Seventeen (@pledis_17) dan Big Hit Entertainment (@BigHitEnt). Sedangkan, jajaran 5 besar tagar yang paling banyak digunakan adalah  #BTS, #EXO, #NCT, #JIMIN dan #GOT7.

10-KPOP-Paling-RameDiTwitter-2018
 
10 Hal Tentang Olahraga yang #RameDiTwitter
Tahun 2018 menjadi tahun yang begitu istimewa bagi para penggemar olahraga di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya dua ajang olahraga terbesar yang diselenggarakan, yaitu Piala Dunia FIFA 2018 dan Asian Games 2018 dengan Indonesia sebagai tuan rumah.
 
Twitter menjadi saksi dari momen bersatunya pengguna Twitter Indonesia dalam mendukung atlet kebanggaan dan olahraga favorit mereka di  linimasa  Twitter  melalui  tagar-tagar  #WorldCup  dan #AsianGames2018. Akun-akun olahraga yang informatif pun mendapatkan banyak perhatian seperti halnya @BadmintonTalk dan @MafiaWasit yang menempati posisi teratas sebagai akun yang paling banyak dibicarakan.
 
Selain  itu, dukungan untuk klub sepak bola Indonesia juga tidak pernah berhenti ditunjukkan oleh para suporternya sepanjang tahun ini. Hal ini terlihat dari tagar-tagar seperti #PersijaDay, #PersibDay atau #TimnasDay yang seringkali muncul pada trending topic Indonesia.

10-Olahraga-Indonesia-Paling-RameDiTwitter-2018
 
10 Hal Tentang Politik yang #RameDiTwitter
Twitter banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai platform media sosial yang terdepan dalam mengikuti perkembangan politik dalam negeri dari berbagai sisi dan sudut pandang. Tahun 2018 ini menjadi saksi perjalanan dari beragam momen politik, mulai dari pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 171 daerah di Indonesia dan pesta demokrasi Pemilu Presiden 2019.
 
Salah satu akun yang paling banyak di-mention tahun ini adalah akun milik Presiden RI sekaligus calon presiden petahana, @jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus calon presiden nomor urut 02, @prabowo. Sementara itu, @susipudjiastuti menjadi satu- satunya pejabat pemerintah wanita yang paling banyak dibicarakan tahun ini karena keaktifannya di media sosial dan gaya unik yang apa adanya saat berinteraksi.

10-Politik-Indonesia-Paling-RameDiTwitter-2018

Leave a Comment