Ini Catatan ShopBack Dari Ajang Harbolnas 2016

ArenaLTE.com - Seiring selesainya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), ShopBack menemukan beberapa catatan penting. Menurut survey yang dilakukan Shopback, ada beberapa masukan yang bisa memberikan informasi buat para pelaku e-Commerce dalam memahami kebutuhan dan harapan konsumen.

Berdasarkan survey ShopBack, sebagian besar konsumen (66,70%) yang berbelanja di Harbolnas tahun ini telah memiliki pengalaman berbelanja online di gelaran yang sama di tahun sebelumnya. Sementara 33,30% konsumen menginformasikan bahwa Harbolnas 2016 merupakan pengalaman berpartisipasi mereka untuk kali pertama. Penambahan pembelanja baru ini meskipun angkanya tidak mencapai 50%, namun terbilang cukup baik dalam mengonfirmasikan adanya peningkatan minat konsumen terhadap penawaran-penawaran menarik yang disajikan.

Dari pengalaman berbelanja online selama Harbolnas 2016, mayoritas konsumen menyatakan puas terhadap penyelenggaraan tahun ini. Namun, jika melihat rata-rata tingkat kepuasan yang mereka tunjukkan, tampak bahwa tidak ada dominasi di tingkat kepuasan tertentu. Tahun ini, dari tingkat kepuasan level 0 (tidak puas) hingga 10 (sangat puas), sebanyak 22,6% responden yang berasal dari 523 komunitas belanja online yang disurvei menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 7. Sedikit di bawah persentase tersebut, yaitu 21,8%, menyatakan tingkat kepuasan mereka berada di level 8. Selebihnya, pembagian persentasi terlihat hampir merata di semua tingkatan.

“Tidak tercapainya tingkat kepuasan yang dominan di level 7-10, dan masih munculnya tingkat kepuasan di level menengah serta rendah, didorong oleh persepsi yang terbangun di benak konsumen seusai berbelanja menikmati promo-promo yang ditawarkan. Khusus bagi konsumen yang telah memiliki pengalaman dengan Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, 35,30% mengatakan bahwa Harbolnas tahun ini lebih baik dibanding perhelatan tahun sebelumnya,” tutur Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia, yang biasa akrab disapa Yonathan ini.

Sebagian lainnya mengatakan Harbolnas 2016 sama saja dengan penyelenggaraan di tahun sebelumnya (35,30%) dan bahkan 29,50% konsumen mengatakan Harbolnas 2016 tidak lebih baik dibandingkan sebelumnya. ”Temuan ini kami harapkan menjadi masukan yang membangun bagi para pelaku e-Commerce peserta Harbolnas 2016 agar pada pesta-pesta promo berikutnya mereka benar-benar berhasil menghadirkan kepuasan optimal bagi pelanggan,”

Selain menganalisa pendapat konsumen dalam melakukan komparasi antara Harbolnas 2016 dengan Harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, ShopBack juga menganalisa tingkat kesenjangan yang terjadi antara ekspektasi konsumen terhadap promosi yang ditawarkan dengan realisasi pelaksanaan promosi tersebut ketika Harbolnas 2016 berlangsung. Dari hasil survei ShopBack pasca Harbolnas 2016, angka persentasi antara yang menyatakan ‘sesuai’ dan ‘tidak sesuai’ nyaris berimbang.

 

“Sebanyak 50,20% konsumen menyatakan bahwa promosi yang mereka nikmati sesuai dengan apa yang telah dijanjikan oleh para pelaku e-Commerce peserta Harbolnas 2016. Namun, hampir separuh konsumen (49,80%) menyatakan sebaliknya, promosi yang telah dijanjikan ternyata menurut pengalaman mereka tidak terealisasi. Meskipun angka persentasinya tidak mencapai 50%, namun kekurangan seperti ini bernilai sensitif dan berpotensi mengurangi kepercayaan konsumen terhadap penawaran dunia e-Commerce pada umumnya.

Leave a Comment