IBM Indonesia dan FEB UI Buka Kelas Big Data dan Komputasi Kognitif Pertama di Indonesia

IBM-FEB-UI-Bigdata
ArenaLTE.com - Di era pertumbuhan digital, inovasi dan disrupsi yang memesuki semua aspek kehidupan kita sekarang ini, generasi berikut nya harus siap dengan tantangan baru yang akan hadir dan terus berkembang.
 
Oleh karena itulah, IBM Indonesia, perusahaan solusi kognitif dan cloud platform, bekerja sama dengan Universitas Indonesia dibawah naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) membuka kelas Big Data dan Komputasi Kognitif.
 
Sejalan dengan temuan dari riset IBM yang mengungkapkan bahwa komputasi kognitif terbukti menjadi salah satu kunci pembeda, organisasi yang telah memanfaatkan kemampuan ini berhasil mengakselerasi hasil bisnis mereka, mulai dari peningkatan interaksi pelanggan, peningkatan produktifitas dan efisiensi, sampai pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

Di sisi lain, Indonesia harus bersiap untuk menghadapi era kognitif. Namun, tantangannya adalah untuk dapat menyiapkan talenta-talenta berkualifikasi yang bisa memanfatkan teknologi komputasi kognitif.

Novan Adian, Country Manager Global Business Partner, IBM Indonesia, mengatakan, “Sistem komputasi kognitif merupakan era baru komputasi, dan kita telah melihat meningkatnya tuntutan akan teknologi komputasi kognitif di berbagai industri.”

Melalui kerja sama dengan Universitas Indonesia kali ini, IBM Indonesia berharap bahwa kelas ini dapat menjadi jawaban dari tantangan ini, mendidik dan menyiapkan generasi berikutnya sebagai talenta-talenta yang berkualifikasi.

Tidak hanya di area teknologi, namun juga di berbagai area dan industri lainnya, seperti ekonomi. Setelah menyelesaikan kelas ini, para mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menjelaskan pentingnya analitik dan bagaimana analitik tengah mentransformasi dunia saat ini, dan menerapkan konsep tersebut di berbagai industri menggunakan studi-studi kasus nyata.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Departemen Akuntansi FEB UI, Dr. Ancella A. Hermawan mengungkapkan, “Mata kuliah ini berawal dari keinginan Departemen Akuntansi FEB UI dalam meningkatkan kompetensi lulusan untuk beradaptasi dan berperan dalam dunia ekonomi digital yang telah banyak mengubah proses bisnis.

 “Kami mengharapkan mata kuliah ini dapat memberikan pengenalan kepada mahasiswa tentang tools dari big data dan cognitive computing yang dioptimalisasi oleh berbagai industri di masa depan.  Kemudian, dengan pengetahuan dan pengenalan tersebut, kami juga berharap lulusan FEB UI terinspirasi untuk memiliki hybrid skills sehingga meningkatkan kreatifitas mereka di berbagai profesi di bidang ekonomi dan bisnis,” Pungkasnya

Leave a Comment