IBM dan VMware Bermitra, Kebut Adopsi Cloud di Enterprise

ArenaLTE.com - Di perhelatan VMworld Europe 2017, IBM bersama VMware, Inc. mengumumkan sebanyak lebih dari 1.400 perusahaan yang bergerak di hampir semua lini industri, melakukan ekspansi lingkungan VMware mereka ke IBM Cloud. 

Berkat dijalinnya kemitraan ini, klien-klien VMware, seperti Honeywell International dan Vodafone kini telah memanfaatkan layanan-layanan cloud-native dari IBM Cloud, bersama keunggulan jangkauan global yang dimilikinya, dipadukan dengan infrastruktur serta konsistensi yang disuguhkan oleh VMware Cloud Infrastructure dalam mendukung kinerja operasional di perusahaan-perusahaan tersebut dalam rangka menjaring tumbuhnya peluang-peluang bisnis baru.

Selain itu, pada perhelatan yang sama, IBM bersama VMware juga mengumumkan solusi-solusi baru yang akan kian mempererat jalinan kemitraan bersama tersebut. IBM sendiri juga akan meluncurkan solusi untuk kontrol jaringan dan solusi visibilitas dari F5 Networks dan Fortinet untuk mendukung strategi perusahaan dalam melakukan ekspansi pada lingkungan VMware milik mereka, sebagaimana mereka melakukannya di ranah public cloud.

Sebelumnya, di tahun 2016, IBM bersama VMware juga menyatakan komitmen mereka bersama-sama dalam menghadapi tantangan industri masa kini yang makin besar: yakni memperluas workload VMware yang ada, dari lingkungan on-premise juga ke cloud, yang memberikan keleluasaan bagi pelanggan karena mereka tidak perlu lagi melakukan pengesetan peranti ulang, membangun kembali arsitektur aplikasi, maupun merancang ulang kebijakan keamanan di lingkungan mereka. 

Perusahaan juga dimungkinkan untuk menjalankan workload VMware mereka ke cloud. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan layanan AI serta analitik milik IBM dalam bentuk ekstensi dari penggelaran VMware tersebut. Solusi IBM Cloud untuk VMware telah tersedia di seluruh jaringan IBM global yang terdapat di lebih dari 60 data center cloud yang berada di 19 negara.

Pengadopsian oleh klien kini makin meriah. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Performance Materials and Technology (PMT) Division di Honeywell International yang telah mengadopsi solusi-solusi tersebut. 

Honeywell, pemimpin global di bidang desain dan penciptaan sistem berbasis perangkat lunak, berhasil menjalankan operasional fasilitas industri yang kompleks secara efisien, memilih IBM Cloud sebagai fondasi untuk sistem Open Virtual Engineering Platform (VEP) miliknya. Sistem ini mendukung pengguna untuk membangun dan menguji setiap proses engineering yang digelar di lingkungan berbasis cloud yang andal tersebut, dengan lapis keamanan yang kokoh.  

Dengan beralih ke IBM Cloud, Honeywell sukses melakukan transisi lingkungan berbasis VMware miliknya dan mampu meraih manfaat penuh dari peranti, teknologi, serta proses-proses operasi yang ada di cloud. Honeywell juga berhasil mendulang potensi dari kokohnya proteksi data dan kapabilitas keamanan dari HyTrust dan Intel, yang selama ini dinilai sebagai alasan kunci mengapa mereka memutuskan untuk menggunakan IBM Cloud. 

“Honeywell tengah mengembangkan teknologi masa depan agar seluruh operasi di manufaktur dan kilang-kilang produksi dapat berjalan mulus tanpa kendala, dan tantangan-tantangan seperti terkait dengan efisiensi, tingkat keandalan, keamanan dan keselamatan di pabrik, serta faktor produktivitas dapat teratasi dengan baik,” tutur Vimal Kapur, president, Honeywell Process Solutions. 

“Kemitraan yang terjalin antara IBM dengan VMware memungkinkan Honeywell dalam menghadirkan teknologi-teknologi automatisasi industri, seperti Open Virtual Engineering Platform bagi pelanggan kami di seluruh dunia. Luasnya jangkauan global IBM Cloud, serta konsistensi yang disuguhkan oleh operasional VMware di seluruh lingkungan, baik yang on-premises maupun cloud, serta kemampuan untuk mendayagunakan teknologi milik HyTrust dan Intel di segi keamanan. Hal-hal tersebut memiliki arti yang begitu berharga bagi kami.”

IBM bersama VMware masing-masing menyampaikan pengumuman untuk menjalin kemitraan strategis lebih jauh lagi serta mendukung kesinambungan upaya pengadopsian IBM Cloud untuk solusi-solusi VMware:

Pengadopsian VMware HCX Technologies: IBM menjadi salah satu mitra yang pertama kali mengadopsi teknologi VMware HCX. Teknologi HCX hadirkan mobilitas interoperabilitas dan aplikasi yang sempurna antara IBM Cloud dengan semua cloud berbasis VMware, mendukung migrasi aplikasi berskala besar, serta portabilitas tingkat lanjut tanpa downtime dan pelangganpun tak perlu lagi melakukan faktorisasi ulang sekalipun. 

Teknologi HCX memungkinkan pelanggan IBM Cloud melakukan modernisasi data center dengan penawaran-penawaran VMware SDDC paling mutakhir sekalipun, sekaligus mampu menjaga business continuity, application uptime, arsitektur jaringan, serta performa bisa terus berjalan dengan baik. Simak rilis selengkapnya terkait hal ini di tautan berikut.

VMware Horizon Cloud Service: VMware Horizon Cloud merupakan generasi mendatang untuk layanan cloud virtual desktop dan aplikasi dari VMware. Layanan VMware Horizon Cloud yang disuguhkan oleh IBM Cloud dijadwalkan akan tersedia mulai Q4 2017 bagi pelanggan IBM Cloud. Horizon Cloud akan dihadirkan dalam bentuk cloud-hosted service managed end-to-end secara penuh oleh IBM atau dalam bentuk solusi hybrid bebas kendala menggunakan on-premises hyperconverged infrastructure yang mampu mendukung use cases untuk desktops-as-a-service (DaaS). 

Certified Public Cloud Infrastructure untuk SAP HANA® di VMware di atas IBM Cloud: IBM hari ini juga mengumumkan ketersediaan server metal bare tersertifikasi SAP untuk penggelaran platform SAP HANA® di IBM Cloud dan konfigurasi-konfigurasi baru untuk lingkungan VMware. 

Leave a Comment