HUAWEI NOVA 2 LITE : SMARTPHONE BUDGET YANG TAMPIL GAYA

spesifikasi-dan-harga-Huawei-Nova-2-Lite-Indonesia
ArenaLTE.com - Pabrikan smartphone Huawei, memperkenalkan seri terbaru yang siap diluncurkan dalam waktu dekat ini. Namanya Huawei Nova 2 Lite. Yang ini merupakan versi “ringan” nya dari seri Nova 2i. Dalam artian, segala sesuatunya mirip dengan seri Nova 2i, namun memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari pendahulunya itu. Termasuk, harganya, tentu saja –meskipun Huawei belum menyebut berapa harga seri baru ini.
 
Dengan spesifikasi yang lebih rendah, yang pada akhirnya berkaitan dengan harga yang bisa dipastikan, lebih rendah dari Nova 2i –yang menurut data dari pasar, harga Nova 2i ini berkisar di IDR3.4 jutaan, Huawei Nova 2 Lite ini, sudah jelas diluncurkan untuk mengisi pasar kelas menengah bawah. Diciptakan bagi mereka yang ngiler dengan Nova 2i, namun kondisi dompet tak bisa berkompromi dengan harganya.
 
Okelah, apa sih yang menarik dari Nova 2 Lite ini? Yang pertama adalah desain. Look dari smartphone ini memang kece. Kalau tak diraba-raba, tampilannya ya persis dengan pendahulunya itu. Bedanya, kalau Nova 2i punya badan alumunium, yang ini bodynya berbahan polycarbonate –bahasa sederhananya plastik. Tapi bukan sembarang plastik juga.
 
Varian berwarna hitam agak kelihatan biasa-biasa saja, gara-gara warna ini umum dipakai semua smartphone. Baik yang mahal maupun yang murah. Tapi varian berwarna birunya bisa memikat hati. Tidak biru flat, tetapi dilapisi glossy yang membuat permukaan berwarna birunya nampak glowing ketika diterpa dan memantulkan cahaya. Cocoklah bagi mereka yang rada suka pamer dan kepingin nampil beda.
 
Apalagi? Ohya, layarnya seluas 5.99 inchi, yang dikemas dalam frame full view display. Maka Anda akan disajikan tampilan layar yang lega, dengan bezel yang hanya 2.59 mm. Rasio layar terhadap body mencapai 82.5%, yang artinya layar hampir menyita seluruh permukaan depan, dengan komposisi tampilan layar 18:9.

spesifikasi-dan-harga-Huawei-Nova-2-Lite-Indonesia

Spesifikasi Dan Harga Huawei Nova 2 Lite

Soal dapur pacu sih, ya lumayanlah. Dibekali prosesor empat inti (quadcore) dengan chipset Snapdragon 430 dari Qualcomm. Buat smartphone kelas menengah, seri 430 sudah cukup layak untuk mendukung performa yang tokcer. Apalagi RAM-nya cukup besar, 3 GB, dan punya ruang simpan internal 32 GB –yang bisa diekspan memakai micro SD card.
 
Kelengkapan kamera bukan pula yang jadi fitur top di sini. Tapi tetap punya kamera ganda yang ditempatkan di belakang (13 Mpix + 2 Mpix). Plus fitur bokeh yang lagi nge-tren saat ini. Hanya saja, fitur bokehnya Cuma bisa dipakai untuk kamera belakang. Sementara kamera depannya sendirian saja, dengan resolusi 8 Mpix. Kurang? Anda toh tak berniat mencetak foto selfie segede poster dari kamera depannya ini, bukan? Jadi, kalau buat dipajang di Instagram sih, 8 Mpix sudah memadai.
 
Bicara soal fitur lain, ada beberapa yang menarik perhatian. Seperti, pinapps shortcut. Fitur ini fungsinya begini, misalnya, Anda paling sering memakai fitur selfie. Daripada repot-repot tiap kali mengklik menu kamera, lalu mengaktifkan kamera depan, pasang saja shortcut selfie di jajaran menu. Caranya, tekan dan tahan ikon kamera, nanti nongol pilihan sub menu (selfie) misalnya, lalu drag ke dalam layar menu. Jreeng! muncullah shortcut selfie di layar menu. Jadi, kalau mau selfie, tinggal klik ikon selfie di layar, langsung mengaktifkan fungsi selfie.
 
Screen capture juga bisa dilakukan dengan mengusapkan tiga jari dari atas ke bawah pada layar –setelah fungsi ini diaktifkan dulu dalam setting. Praktis. Meskipun teknologi ini bukan barang yang baru-baru amat, karena sudah ada yang memakainya duluan. Sementara untuk screen recording, bisa dilakukan dengan menekan tombol volume up & down bersamaan.

spesifikasi-dan-harga-Huawei-Nova-2-Lite-Indonesia
 
Ada pula finger print recognition dan face unlock guna melengkapi sektor security, yang klaim-nya, bisa membuka kunci layar hanya dengan waktu 0.3 detik. Seperti kebanyakan smartphone yang beredar di Indonesia, Nova 2 Lite juga punya slot sim card ganda, kedua-duanya bisa digunakan untuk koneksi 4G LTE –tapi dalam pengoperasian, hanya salah satu yang bisa dipakai untuk koneksi 4G.

Slot mana yang mau dipakai untuk 4G LTE, bisa dipilih dan berganti dengan mudah dan cepat. Menariknya, slot simcard ini bkan tipe hybrid, karena slot untuk memori card tersedia tersendiri. Dan, ponsel ini sudah pula mendukung VoLTE (voice over LTE), yang memungkinkan melakukan voice call dalam jaringan 4G LTE.
 
Masih seputar koneksi, ada fitur yang namanya wifi bridge. Begini cara kerjanya, ponsel ini bisa menjadi penyambung koneksi wifi dari hotspot yang ada, ke 4 unit ponsel lain. Pertama, ponsel koneksikan dulu dengan hotspot dari luar, setelah itu, aktifkan mode thetering untuk membagikan koneksi wifi ke empat ponsel lain.
 
Nova 2 Lite dilengkapi baterai berkapasitas 3.000 mAh. Didukung dengan smart battery management 6.0 dari Huawei EMUI 8.0, yang bisa mengelola penggunaan daya baterai secara lebih optimal agar tak cepat habis. Punya kemampuan fast charging, yang katanya bisa mengisi battery dari kosong sama sekali hingga penuh hanya dalam waktu 1 jam 55 menit.
 
Nah, sebagai budget phone, Huawei Nova 2 Lite ini memang bisa jadi pilihan menarik. Bisa jadi pengisi kebutuhan para pengguna yang ingin punya smartphone dengan desain keren serta fitur mutakhir, serta harga yang pas di kantong. Soal harga ini, memang belum diumumkan secara resmi. Tapi mudah-mudahan tidak kemahalan.

spesifikasi-dan-harga-Huawei-Nova-2-Lite-Indonesia

Leave a Comment