Huawei Indonesia dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Gelar UGM – Huawei Tech Day

ArenaLTE.com - PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) bersama Universitas Gadjah Mada (UGM), menyelenggarakan kegiatan UGM – Huawei Tech Day bertemakan “Technology for Social Innovation” atau Dukungan Teknologi Untuk Penciptaan Inovasi Sosial . Aktivitas ini merupakan bagian dari program Huawei SmartGen, di mana Huawei mengunjungi berbagai universitas untuk berbagi pengetahuan tentang teknologi terkini di industri Teknologi Informasi and Komunikasi (TIK), solusi digital, serta gaya hidup dan tren masa depan yang berkaitan dengan teknologi.

Acara ini dibuka oleh Dr. Paripurna Sugarda, S.H, H.Hum., LL.M, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM dan Ibu Selina Wen, Director of Public Affair s and Communications , Huawei Indonesia . Dalam acara ini, Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar MA, Kepala Badan Penelitian and Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), juga memberikan presentasi khusus mengenai teknologi 5G di Indonesia.

Lebih dari 300 mahasiswa menghadiri acara Tech Day yang diadakan di gedung Grha Sabha Pramana, UGM. Acara Tech Day yang memiliki tema berbeda untuk setiap universitas melibatkan sejumlah pembicara ahli, baik dari Huawei maupun universitas. Untuk UGM – Huawei Tech Day , Huawei mengusung Technology for Social Innovation sebagai temanya. Mengingat bahwa teknologi TIK yang maju dapat membantu Indonesia untuk mengembangkan talenta manusia di bidang TIK.

Teknologi TIK bisa mendorong pengembangan ekonomi digital, meningkatkan kesiapan infrastruktur TIK untuk mendukung pembangunan ekonomi Indonesia, serta pentingnya inovasi dalam mewujudkan transformasi sosial. Pada acara UGM – Huawei Tech Day ini, Huawei juga membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti wawancara langsung dengan Huawei untuk program rekrutmen dan magang.

“Kami menyambut baik inisiatif Huawei untuk bekerja sama dengan UGM sebagai mitra di bidang pendidikan melalui Program SmartGen, termasuk dengan terselenggaranya Tech Day 2017 . Untuk mewujudkan kemandirian dan daya saing nasional, perguruan tinggi harus dapat memposisikan dirinya sebagai pusat gravitasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang menempatkan kreativitas dan inovasi dalam posisi yang strategis," ujar Dr. Paripurna P. Sugarda, S.H., H.Hum, LL.M., Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Universitas Gadjah Mada.

Ia menambahkan, UGM menjawab tantangan ini dengan melakukan reorientasi akademik sebagai universitas pusat riset ( research university ) yang didorong dengan semangat socio entrepreneur . Inisiatif Huawei ini merupakan bentuk nyata dukungan industri terhadap upaya UGM untuk mewujudkan socio entrepreneur university dengan membantu UGM untuk mempersiapkan lulusan yang memenuhi standar industri dan lebih awal mengetahui permasalahan industri, mendapatkan informasi terbaru mengenai inovasi teknologi di industri, dan juga menyampaikan inovasi terkini yang telah dilakukan oleh kampus.

Selina Wen, Director of Public Affairs and Communication, Huawei Indonesia menambahkan, acara ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan setelah ditandatanganinya Nota Kesepahaman untuk Program SmartGen bersama 7 universitas terkemuka di Indonesia pada tanggal 27 Maret 2017 lalu.

"Program ini merupakan bukti nyata komitmen kami untuk melatih talenta TIK muda di Indonesia. Di Huawei, kami percaya bahwa TIK merupakan dan akan membentuk dunia, bahkan menjadi enabler untuk pembangunan ekonomi dan peningkatan standar kehidupan. Berdasarkan pengalaman kami, hanya dengan infrastruktur TIK dan sumber daya manusia yang kuat, dunia pintar masa depan akan dapat terwujud dan daya saing nasional akan meningkat," pungkasnya.

Leave a Comment