Huawei Resmi Luncurkan Sistem Operasi HarmonyOS, Ini Keunggulannya

harmony OS huawei
ArenaLTE.com - Pada ajang Huawei Developer Conference beberapa waktu lalu, Huawei resmi meluncurkan sistem operasi buatan mereka yang bernama HarmonyOS.

HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan, cocok dengan sistem operasi yang kuat, dan sistem ini mampu digunakan untuk beragai perangkat cerdas seperti, smartphone, jam kecil, sistem dalam kendaraan, dan pengeras suara.

Richard Yu, CEO dari Huawei Consumer Business Group menjelaskan bahwa HarmonyOS benar-benar berbeda dari Android dan iOS.

“Ini adalah sistem operasi yang terdistribusi berbasis mikrokernel yang memberikan pengalaman lancar di semua skenario yang mungkin terjadi. Sistem ini memiliki arsitektur yang terpercaya dan aman, serta mendukung kolaborasi tanpa batas antar perangkat. Anda dapat menginstall aplikasi Anda sekali saja di satu perangkat, kemudian perbaharuan aplikasi tersebut akan secara fleksibel dilakukan di perangkat yang berbeda," jelasnya.

4 Fitur Unggulan HarmonyOS

Sebuah ciptaan yang mencakup segalanya, pengalaman cerdas dengan standar yang tinggi dalam hal konektivitas, HarmonyOS diciptakan dengan empat fitur teknis yang berbeda untuk membuktinya janjinya kepada konsumen.

1. Seamless: Sistem operasi perangkat pertama dengan arsitektur terdistribusi, menghadirkan pengalaman tanpa batas di seluruh perangkat
Dengan mengadopsi arsitektur terdistribusi dan teknologi virtual bus yang terdistribusi, HarmonyOS menawarkan wadah komunikasi bersama, manajemen data terdistribusi, jadwal tugas terdistribusi, dan peripheral virtual. Dengan HarmonyOS, pengembang aplikasi tidak perlu berurusan dengan teknologi yang mendasari aplikasi terdistribusi, menjadikan mereka mampu tetap fokus terhadap logika servis individual yang ada. Perkembangan aplikasi terdistribusi dapat lebih mudah dibandingkan yang sebelumnya. Aplikasi yang di bangun di dalam HarmonyOS dapat di lakukan di perangkat yang berbeda bersamaan dengan penyampaian pengalaman yang ringan dan kolaboratif di seluruh rancangan.

2. Smooth: Mesin Laten Deterministik dan performa tinggi IPC
HarmonyOS akan mengatasi tantangan yang berkinerja buruk dengan Deterministic Latency Engine dan Inter Process Communication (IPC) berkinerja tinggi. Deterministic Latency Engine akan menetapkan prioritas dan batasan waktu pelaksanaan tugas untuk penjadwalan di awal. Sumber daya akan cenderung mengarah ke tugas dengan prioritas lebih tinggi, mengurangi latensi respons aplikasi hingga mencapai 25,7%. Mikrokernel ini dapat membuat kinerja IPC hingga lima kali lebih efisien daripada sistem yang ada.



3. Secure: Arsitektur mikrokernel yang membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas
HarmonyOS menggunakan desain mikrokernel baru yang memiliki fitur keamanan yang ditingkatkan dengan latensi rendah. Mikrokernel ini dirancang untuk menyederhanakan fungsi-fungsi kernel, mengimplementasikan sebanyak mungkin layanan sistem dalam mode pengguna di luar kernel, dan menambahkan perlindungan keamanan bersama. Mikrokernel itu sendiri hanya menyediakan layanan paling dasar seperti penjadwalan yang berurutan dan IPC.

Desain mikrokernel Harmony OS menggunakan metode verifikasi formal untuk membentuk kembali keamanan dan kepercayaan dari bawah ke atas di Trusted Execution Environment (TEE). Metode verifikasi formal adalah pendekatan matematika yang efektif untuk memvalidasi kebenaran sistem dari sumbernya, sementara metode verifikasi tradisional, seperti verifikasi fungsional dan simulasi serangan, terbatas pada rancangan terbatas. Metode formal, sebaliknya, dapat menggunakan model data untuk memverifikasi semua jalur yang berjalan perangkat lunak.

HarmonyOS adalah OS pertama yang menggunakan verifikasi formal di perangkat TEE, yang secara signifikan meningkatkan keamanan. Selain itu, karena mikrokernel HarmonyOS memiliki kode yang jauh lebih sedikit (kira-kira seperseribu jumlah kernel Linux), kemungkinan serangan menjadi sangat kecil.

4. Unified: Integrated Development Environment (IDE) multi-perangkat memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses,  lalu dapat digunakan di beberapa perangkat
Didukung oleh IDE multi-perangkat, kompilasi multi-bahasa, dan perangkat arsitektur terdistribusi, HarmonyOS secara otomatis beradaptasi dengan kontrol dan interaksi tata letak layar yang berbeda, mendukung kontrol “geser dan jatuhkan”, serta pemprograman visual yang berorientasi pada peninjauan.

Fitur ini memungkinkan pengembang untuk lebih efisien membangun aplikasi yang berjalan di beberapa perangkat. Dengan IDE multi-perangkat, pengembang dapat membuat kode aplikasi mereka sekali dan menyebarkannya di beberapa perangkat, menciptakan ekosistem yang terintegrasi erat di semua perangkat pengguna.

HUAWEI ARK Compiler adalah kompiler statis pertama yang dapat bekerja setara dengan mesin virtual Android, memungkinkan pengembang untuk mengkompilasi berbagai bahasa tingkat lanjut ke dalam kode mesin di satu lingkungan yang terpadu. Dengan mendukung kompilasi terpadu dalam berbagai bahasa, HUAWEI ARK Compiler akan membantu pengembang meningkatkan produktivitasnya.

Rencana pengembang dan perkembangan ekosistem

Huawei juga mengumunkan adanya evolusi rancangan untuk HarmonyOS. HarmonyOS 1.0 akan diadopsi pertama kali di produk layar cerdas, dimana perangkat ini akan diluncurkan di akhir tahun ini.

Sepanjang tiga tahun kedepan, HarmonyOS dapat dioptimalisasikan dan secara berkala di adopsi ke berbagai perangkat cerdas, meliputi wearables, Huawei Vision, dan unit lainnya.



Kesuksesan HarmonyOS bergantung pada ekosistem dinamik dari aplikasi dan pengembangnya. Untuk mendorong adopsi yang lebih luas, Huawei akan merilis HarmonyOS sebagai platform terbuka di seluruh dunia. Huawei juga akan mendirikan wadah komunitas untuk mendukung kolaborasi yang lebih dalam dengan para pengembang.

Tiongkok merupakan rumah bagi ekosistem aplikasi kuat dan dasar pengguna yang masif. Selanjutnya, Huawei akan menerapkan HarmonyOS di pasar Tiongkok, dan kemudian mengembangkannya lebih jauh ke ekosistem global. Dengan fokus memberikan nilai baru dan unik, Huawei akan membuka dan membagi kemampuan intinya di bidang-bidang lain seperti konektivitas, kamera, dan Kecerdasan Buatan (AI).

HarmonyOS akan membawa manfaat baru yang luar biasa bagi konsumen, vendor peralatan, dan juga pengembang. Bagi konsumen, hal ini akan membawa pengalaman cerdas yang kohesif dan kuat di semua aspek kehidupan mereka.

Untuk vendor peralatan, pengembangan ini akan membantu mereka dalam mendapatkan keuntungan penggerak pertama di era pengalaman cerdas holistik ini, di mana 5G, AI, dan IoT akan melihat pertumbuhan yang besar. Pada saat yang sama, HarmonyOS akan memungkinkan pengembang untuk memenangkan lebih banyak pengguna dengan investasi lebih yang sedikit, dan layanan inovasi cepat di semua rancangan.

"Kami percaya HarmonyOS akan merevitalisasi industri dan memperkaya ekosistem, Kami ingin mengundang pengembang dari seluruh dunia untuk bergabung dengan kami, saat kami membangun ekosistem baru ini," kata Richard Yu.

Leave a Comment