IMSecure, Layanan Perlindungan Data Pribadi Indosat Rp 1

ArenaLTE.com - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand IM3, melanjutkan kerja sama strategis dengan Mastercard Indonesia menghadirkan fitur perlindungan data pribadi pelanggan melalui IMSecure powered by Mastercard. Inovasi ini hadir sebagai salah satu solusi dalam menjawab tantangan pemerataan pemanfaatan teknologi digital terhadap perlindungan data pribadi yang memiliki potensi pencurian ataupun penyalahgunaan, yang dapat menempatkan pemilik data dalam resiko buruk ataupun kerugian finansial yang kini marak terjadi.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran ini, IM3 mempersembahkan layanan ekstra proteksi terhadap data pribadi pelanggan melalui keunggulan IMSecure yang kini semakin mudah diakses oleh pelanggan IM3 hanya dengan harga Rp1 selama 30 hari untuk pengguna baru, berlaku 3 bulan masa periode promo, dari harga normal Rp4,000. Solusi ini memberikan ketenangan pikiran bagi masyarakat Indonesia, berkontribusi pada pengalaman online yang lebih aman, dan membangun kepercayaan digital untuk semua pengguna.
 
Seiring dengan kemajuan teknologi, metode yang digunakan oleh penjahat siber juga semakin berkembang. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) melaporkan lonjakan pencurian data pribadi dari 7,96% menjadi 20,97% pada awal 2024, sementara jumlah pengguna internet di Indonesia juga meningkat menjadi 221,5 juta. Untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya perlindungan data pribadi, IM3 mendorong pelanggan untuk berinvestasi dalam layanan ekstra sebagai langkah pencegahan.

Dengan mengaktifkan IMSecure, pelanggan akan mendapatkan notifikasi jika data mereka disalahgunakan sehingga pelanggan dapat mengambil tindakan untuk meminimalkan kerugian dengan segera.  IMSecure bekerja dengan cara menjelajahi berbagai sudut di internet, termasuk dark web, untuk mencari kredensial yang telah diincar  dan penggunaan informasi pribadi yang berpotensial dirusak. Selain itu, IMSecure membantu pengguna melacak alamat IP, akun media sosial dan identitas game online mereka. Hal ini berfungsi untuk menemukan potensi pencurian informasi pribadi seperti, nomor induk kependudukan, detail paspor, nomor telepon, alamat email, nomor rekening bank, nomor kartu kredit/debit dan lain sebagainya.
 
Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan, “Komitmen Indosat untuk memberdayakan masyarakat Indonesia melalui teknologi digital didukung dengan berbagai solusi yang menjawab kebutuhan pelanggan. Di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan kebutuhan yang tinggi terhadap transaksi secara online, akan muncul resiko terhadap potensi serangan siber dan keamanan data pribadi milik pelanggan. Oleh karena itu, upaya untuk menjaga keamanan data pribadi pelanggan menjadi prioritas kami. Kolaborasi Indosat dengan Mastercard dalam menghadirkan IMSecure menunjukkan fokus kami untuk menghadirkan pengalaman mengesankan bagi pelanggan melalui tambahan proteksi terhadap serangan siber, yang akan semakin mendukung keamanan dan kenyamanan pelanggan saat berinternet dan bertransaksi secara online menggunakan IM3.”
 
Aileen Goh, President Director Mastercard Indonesia, mengatakan, “ID Theft Protection dari Mastercard adalah teknologi dark web monitoring  yang memungkinkan konsumen bersikap proaktif dalam melindungi data pribadi mereka. Teknologi ini mendukung solusi baru dari Indosat Ooredoo Hutchison, IMSecure.

Dark web adalah bagian dari internet yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Tempat ini memungkinkan pelaku kejahatan siber untuk melihat konten yang bahkan belum terdaftar pada mesin pencari dan tidak dapat diakses melalui web browser konvensional. Disinilah para penjahat siber dapat dengan mudah mengakses informasi pribadi seorang individu hingga orang terdekat mereka untuk kemudian menggunakannya dalam penipuan terhadap individu dan serangan siber pada bisnis. Solusi IMSecure menegaskan kembali komitmen Mastercard terhadap ekosistem digital yang lebih aman dan terlindungi di Indonesia.”
 
IMSecure telah diintegrasikan dengan aplikasi myIM3 sehingga sangat mudah untuk mengaktifkannya. Pelanggan IM3 dapat mengaktifkan fitur IMSecure secara langsung dengan tahapan berikut:
  1. Berlangganan IMSecure melalui aplikasi myIM3 dengan melakukan pembayaran menggunakan pulsa.
  2. Tunggu link aktivasi melalui  push notification atau SMS, lalu klik link tersebut untuk registrasi di landing page Mastercard.
  3. Masukkan data diri berupa nomor handphone dan nama.
  4. Lindungi akun dengan membuat password.
  5. Perlindungan data pribadi melalui fitur IMSecure sudah langsung aktif.
Ribuan pelanggan IM3 telah mengaktifkan layanan ini sejak peluncurannya yang pertama pada tahun 2021, untuk meningkatkan proteksi data pribadi mereka. Pelanggan kini juga dapat mengikuti games dan menyimak video edukasi layanan IMSecure yang tersedia di aplikasi myIM3.

Semua layanan ini dihadirkan untuk memberikan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan agar Selalu Nyambung dengan IM3 di jaringan yang kini semakin luas dan stabil. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui website im3.id/imsecure.
 

Leave a Comment