Google Ubah Sistem Pencarian Internasional Berdasarkan Lokasi

ArenaLTE.com - Pengubahan sistem terbaru berdasarkan titik lokasi kini tengah dilakukan Google pada mesin pencari situs kembangannya, baik itu untuk iOS, Android maupun untuk versi Web pada PC Desktop. Tidak seperti sebelumnya, pencarian kali ini akan lebih memfokuskan pada negara si pencari informasi tersebut yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Pengubahan ini pun bukan hanya terjadi untuk mesin pencari situs seperti Google Chrome, melainkan juga untuk aplikasi MAP yang digunakan di seluler maupun desktop. Menurut Google, sekitar 20% pencarian kini terkait pada lokasi. Pencarian akan menghasilkan informasi berdasarkan pada posisi pengguna layanan.

Seperti contoh, jika sebelumnya Anda ingin mencari informasi internasional dengan berdasarkan pada kode negara yang harus dipilih. Seperti misal ingin pencarian informasi di wilayah Inggris, maka Anda bisa mengetikkan url http://www.google.co.uk atau url http://www.google.ca untuk wilayah Kanada maka akan difokuskan pada wilayah url tersebut.

Namun kali ini, sistem pengubahan pencarian internasional itu telag diubah perusahaan. Google akan menghasilkan informasi pencarian internasional berdasarkan pada lokasi. Jika Anda sebagai pengguna layanan ingin melihat informasi pencarian internasioanl suatu negara, kali ini Anda harus mengubah pengaturan pada aplikasi untuk memilih negara yang dituju.

“Penting untuk dicatat bahwa sementara pembaruan ini akan mengubah cara layanan Google Web dan MAP diberi label. Hal ini tidak mempengaruhi cara kerja layanan, dan juga tidak mengubah cara menangani hasil pencarian serta melanggar kewajiban berdasarkan undang-undang internasional. Pembaruan ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil yang paling relevan berdasarkan pada lokasi dan konsisten dengan bagaimana Google mengelola layanan, sejumlah platform kami akan mengalami hal yang sama baik itu, Youtube, Blogger, Google Earth, Gmail dan lainnya,” jelas Google seperti dikutip dari laman phonearena.


Perusahaan juga mengungkapkan bahwa pengubahan ini akan meningkatkan pengalaman penelusuran Anda, yang secara otomatis memberi Anda informasi paling berguna berdasarkan query penelusuran dan konteks lainnya, termasuk lokasi.

Leave a Comment