Gaji Pegawai Teknologi Informasi Di Indonesia Ternyata Menjanjikan

ArenaLTE.com - Di era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan tenaga kerja yang mumpuni di bidang TI (Teknologi Informasi) semakin tinggi. Namun pada kenyataannya, meski jumlah lulusan perguruan tinggi di bidang TI semakin banyak, persaingan antar perusahaan dalam memperebutkan tenaga kerja yang berkualitas justru semakin ketat. Hal ini juga mendorong banyak perusahaan rela memberikan gaji yang lebih tinggi untuk beberapa pegawai teknologi informasi termasuk developer aplikasi dan game.

Berdasarkan analisis Jobplanet terhadap informasi gaji dari 6.500 responden yang bekerja di bidang TI, Jobplanet menemukan beberapa profesi TI yang diganjar gaji rata-rata yang lebih tinggi, antara lain project coordinator, software architect, dan konsultan enterprise resource planning (ERP).

Gaji rata-rata staf di bidang TI di Indonesia pada level staf, profesi-profesi TI yang diganjar gaji rata-rata paling tinggi adalah project coordinator dengan gaji rata-rata IDR5.6 juta, diikuti dengan staf software architecture, UI/UX developer, staf ERP dan system engineer rata-rata sebesar IDR5 jutaan.

Sementara itu, pada level manajer, profesi-profesi dengan gaji rata-rata tertinggi adalah project manager dan ERP manager sebesar IDR 10 jutaan dan gaji rata-rata software architecture manager, IT quality assurance manager dan information system manager berkisar antara IDR9 jutaan.

gaji lebih tinggi Gaji rata-rata developer aplikasi dan game


Meskipun developer aplikasi dan game tidak termasuk dalam profesi TI yang menawarkan gaji tertinggi, namun seiring dengan bertumbuhnya industri mobile dan digital, semakin banyak lulusan TI yang melirik kedua profesi tersebut. Di antara 6.500 responden dalam riset Jobplanet, terdapat 517 orang pengembang aplikasi dan 32 orang pengembang game.

Dari analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa gaji rata-rata developer aplikasi di level staf adalah IDR4.5jutaan dan di level manajemen adalah IDR9 jutaan. Sementara, gaji rata-rata developer game di level staf adalah IDR3jutaan dan di level manajer IDR6.5 jutaan.

Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia mengungkapkan bahwa melalui analisis ini, Jobplanet berharap informasi tentang gaji rata-rata profesi IT di Indonesia inidapat memberikan wawasan bagi para karyawan di bidang TI serta membantu para pencari kerja, terutama dalam mengukur nilai profesionalisme mereka di mata perusahaan.

“Tentunya setiap perusahaan memiliki standar gaji karyawan yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh SDM (sumber daya manusia) untuk pegawai teknologi informasi dan developer aplikasi dan game,” pungkas Kemas.

Leave a Comment