Internet Lambat? Tetap Lancar Chatting Dengan Facebook Messenger Lite

ArenaLTE.com - Facebook secara resmi meluncurkan versi aplikasi Facebook messenger Lite. Dalam keterangan resminya, diungkapkan jika versi ringan dari layanan chatting Facebook ini sengaja diluncurkan untuk menyasar target pasar pengguna yang memiliki keterbatasan dalam kecepatan akses internet.

Meskipun memiliki akses internet yang seadanya dan menggunakan smartphone Android standar, pengguna Facebook Lite Messenger ini tetap dapat berkomunikasi dan chatting dengan lancar dan menikmati berbagai fitur yang disediakan seperti berkirim pesan teks, foto, link dan berkirim stiker kepada pengguna Facebook Messenger lainnya.

Ada lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan layanan Messenger setiap bulannya melalui smartphone dengan berbagai variasi kecepatan akses internet yang berbeda-beda.fb-messenger-lite

Dengan Facebook Mesenger Lite diharapkan akan ada lebih banyak orang yang tetap tekoneksi dan saling terhubung melalui komunikasi yang lancar meskipun mengalami keterbatasan dalam kecepatan akses internet dan smartphone yang digunakan.

Ini bukan pertama kalinya aplikasi versi Lite diluncurkan Facebook, selain layanan messenger, sebelumnya Facebook versi Lite juga telah diluncurkan dengan tambah fitur terjemahan bahasa. Versi ini akan menjaring lebih banyak pengguna di negara-negara potensial khususnya negara berkembang sebagai strategi Facebook yang ingin meraih 5 miliar pengguna di seluruh dunia.
 

Baca juga:

7 Fitur Tersembunyi Dalam Aplikasi Facebook Messenger
Tips Dan Trik Lengkap Chatting Dengan Google Allo
StealthChat: Solusi Chatting Dan Telepon Anti Sadap Buatan Indonesia


Ukuran Facebook Mesenger Lite ini hanya kurang dari 10 MB saja sangat mudah dan dapat diinstal kedalam berbagai smartphone Android. Facebook Messenger Lite ini mulai disebarkan ke negara berkembang seperti Kenya, Tunisia, Malaysia, Sri Langka dan Venezuela. Dan akan terus tersedia untuk negara-negara lainnya dalam beberapa bulan kedepan.

Salah satu fitur dari Facebook Messenger Lite yang tidak disebutkan dalam situs resminya adalah kemungkinan untuk menghemat baterai smartphone. Aplikasi Facebook dan Facebook Messenger versi Lite memang lebih ringan sehingga dapat menghemat baterai smartphone jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Facebook versi penuh.

Namun, sayangnya tidak semua pengguna dapat beralih ke versi Lite aplikasi Facebook. Karena Facebook Lite belum tersedia untuk perangkat iOS, dan sepertinya Facebook Messenger Lite ini juga tidak. Ini agak logis, mengingat target pasar Facebook ketika meluncurkan aplikasi ini adalah untuk pengguna di negara berkembang yang memiliki akses internet lambat dan smartphone Android standar dan jadul. Tidak hanya Facebook perusahaan sosial media lainnya seperti LINE dan WeChat juga telah meluncurkan versi Lite mereka untuk penggunanya.

Leave a Comment