Facebook, Instagram Dan WhatsApp Messenger Akan Digabung Jadi Satu?

ArenaLTE.com - Umumnya perusahaan teknologi seperti contohnya Apple mengubah perusahaan dan layanan yang mereka akuisis menjadi produk dan penyedia layanan baru. Seerti contohnya workflow, Beats Music dan Texture juga beberapa contoh lainnya.

Namun sepertinya hal berbeda dilakukan Facebook, CEO Facebook Mark Zuckerberg berencana untuk menggabungkan semua layanan messaging populer yang mereka miliki yaitu instagram, Facebook dan WhatsApp.

Namun bukan seperti yang kita bayangkan, ketiga aplikasi itu tidak dijadikan satu layanan. Melainkan dimodifikasi sehingga dapat saling kirim pesan meskipun berbeda layanan. Jadi misalnya pengguna WhatsApp, akan dapat bertukar pesan dengan pemakai Instagram dan sebaliknya.

Tentunya langkah ini akan membuat pekerjaan tambahan dari para engineer Facebook untuk menyelesaikan beragam masalah teknis agar dapat terintegrasi.



Zuckerberg juga meminta ketiga aplikasi messaging itu semuanya memiliki fitur keamanan ekripsi end to end untuk menjamin keamanan pesan yang terkirim.

Masih belum jelas, apa sebenarnya tujuan utama dari rencana mengintegrasikan WhatsApp, Instagram serta Facebook Messenger ini, namun mengintegrasikannya mungkin akan menyederhanakan tugas Facebook. Mereka tak perlu mengembangkan versi kompetisi dari fitur baru seperti Stories, yang ditambahkan dengan hasil tak konsisten.

Zuckerberg mungkin juga ingin membuat tiga aplikasi andalannya itu lebih bermanfaat dan membuat orang makin betah mengaksesnya. Dengan bersatu, mereka juga lebih kuat menghadapi kompetitor seperti layanan messaging Google atau Apple.

Hingga saat ini, WhatsApp, Instagram dan Messenger masih dijalankan sebagai produk terpisah dan saling berkompetisi. Rencana penggabungan ini masih berada dalam tahap awal. Diperkirakan, proyeknya baru akan selesai pada akhir tahun 2019 ini atau malah awal tahun 2020.

Leave a Comment