Ericsson dan Telkomcel Luncurkan Layanan 4G LTE Di Timor Leste

Ericsson-telkomcel-4G-Timor-Leste
ArenaLTE.com - Ericsson memperluas kemampuan pita lebar sebuah layanan telekomunikasi mobile di Timor Leste milik Telekomunikasi Indonesia International (TELIN) bernama Telkomcel dengan meluncurkan layanan 4G LTE untuk pelanggan Telkomcel di Timor Leste.

Uji coba langsung jaringan 4G LTE di Timor Leste telah berhasil dilaksanakan pada awal bulan ini dan layanan 4G telah diluncurkan sebagai bagian dari peringatan 5 tahun operasi Telkomcel di Timor Leste.

Ini merupakan tonggak sejarah yang penting bagi bisnis Telkomcel di Asia, sebagai implementasi 4G pertama menggunakan virtual Evolved Packet Core (vEPC) dan perangkat lunak Ericsson Radio System, LTE RAN 17A.

Peluncuran Ericsson LTE RAN 17A membawa banyak perbaikan yang akan meningkatkan kecepatan jaringan, kapasitas, dan kinerja jaringan secara keseluruhan sehingga akan meningkatkan pengalaman mobile pita lebar bagi pelanggan.

Telkomcel telah memenuhi permintaan komunikasi dari sebanyak lebih dari 450 ribu pelanggan dari 1,2 juta total populasi di Timor Leste sejak didirikan pada tahun 2012. Telkomcel saat ini memiliki pangsa pasar yang signifikan untuk layanan selular di Timor Leste.

Dalam keterangan resminya, Dedi Suherman, CEO Telkomcel Timor Leste menjelaskan jika investasi dan modernisasi jaringan yang tengah berlangsung ini adalah salah satu bentuk komitmen untuk menyediakan kualitas layanan terbaik bagi komunitas mobile pita lebar di Timor Leste dan menjamin pengalaman mobile yang luar biasa untuk pelanggan.

Ericsson, sebagai mitra jangka panjang Telkomcel telah melakukan modernisasi infrastruktur yang tersedia menggunakan solusi Ericsson NFV infrastructure (NFVi) melalui software-defined infrastructure dengan HDS 8000 dan solusi perangkat lunak Ericsson Radio System LTE RAN 17A.

Ericsson vEPC dan LTE RAN 17A software mendukung environment dan solusi berkapasitas tinggi sehingga operator mampu mengembangkan penggunaan baru dari Internet of Things (IoT) misalnya.

Jerry Soper, Presiden Ericsson Indonesia dan Timor Leste mengatakan “Dengan hadirnya layanan berlangganan 4G ini, masyarakat Timor Leste bisa menikmati lebih banyak fitur smartphone yang telah memengaruhi gaya hidup dan bisnis masyarakat secara signifikan.”

Leave a Comment