Dell Lanjutkan Produksi Laptop Dengan Plastik Daur Ulang

ArenaLTE.com - Dell menjadi yang pertama di industri teknologi yang membuat dan mengapalkan kemasan yang sebagian terbuat dari sampah plastik laut yang telah di daur ulang.  Di tahun 2017 ini, kampanye pemanfaatan sampah plastik laut daur ulang yang dilakukan Dell diperkirakan akan mencegah 16.000 pon, atau lebih dari 7.250 kilogram, plastic mencemari lautan.
 
Nampan kemasan untuk produk laptop Dell XPS 13 2-in-1 terbuat dari sampah plastik laut daur ulang yang dikumpulkan dari perairan dan pantai (25%) yang dicampur dengan plastik HDPE daur ulang lainnya (75% sisanya) dari sumber-sumber seperti botol dan wadah penyimpanan makanan, yang merupakan bagian dari strategi global Dell membangun rantai pasokan  berkelanjutan yang lebih luas.
  
Dalam rangka mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa ke-14, Dell juga berkomitmen untuk meningkatkan penggunaan tahunan sampah plastic laut hingga sepuluh kali lipat di tahun 2025.
 
"Gagasan bahwa teknologi harus menjadi pendorong kemajuan umat manusia adalah inti dari pola pikir Dell sebagai sebuah perusahaan. Komitmen kami adalah menggunakan teknologi dan keahlian kami untuk menghasilkan manfaat terbaik bagi masyarakat dan planet bumi,” ujar Catherine Lian, Managing Director, Dell EMC Indonesia.
 
Dell telah mengapalkan XPS 13 2-in-1 menggunakan kemasan nampan yang terbuat dari sampah plastic laut daur ulang keseluruh dunia sejak 30 April 2017 dan berencana untuk mengembangkan inisiatif ini kelini-lini produk lainnya dalam waktu dekat. 
 
Untuk membantu memastikan kemasan tersebut tidak kembali kelautan, Dell membubuhkan symbol daur ulang No. 2, yang artinya nampan laptop tersebut adalah plastic high-density polyethylene/HDPE (yang umumnya dapat di daur ulang di banyak lokasi).

Dell
 
Untuk medukung kegiatan ini, Dell Indonesia baru-baru ini mengadakan aksi bersih-bersih pantai dimana karyawan  Dell Indonesia secara sukarela membersihkan sampah plastik di pantai di Anyer, Banten,yang merupakan tujuan wisata popular di akhir pekan. Inisiatif ini merupakan bagian dari kampanye #Shoreup yang dilaksanakan oleh Dell Inc. di enam pasar utamanya di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand  dan Vietnam.
 
“Kegiatan bersih-bersih pantai ini adalah bagian dari upaya Dell  untuk membantu mendorong pengurangan sampah plastik di Indonesia," kata Martin Wibisono, Director, Client Solutions Group, Asia Emerging Market, Dell. “Inisiatif ini sejalan dengan Kampanye Pengurangan Sampah Plastik Laut yang dilakukan Dell di seluruh dunia,  dimana kami memanfaatkan sampah plastic yang  telah didaur ulang sebagai bagian dari kemasan laptop Dell.”

Leave a Comment