Clubhouse Luncurkan Wave, Fitur Baru untuk Ngobrol Santai bareng Teman

ArenaLTE.com - Setelah ramai diperbincangkan di Twitter beberapa waktu lalu, akhirnya Clubhouse resmi meluncurkan Wave, sebuah fitur baru untuk ngobrol santai dengan teman dan membantu Clubhousers untuk membuat lebih banyak percakapan.

Seperti yang kita ketahui, wave atau arti dalam bahasa Indonesia adalah ‘melambaikan tangan’ adalah cara universal untuk terhubung dengan sesama Clubhousers dan memulai percakapan. Hal tersebutlah yang mendasari Clubhouse untuk menciptakan fitur baru ini. 

Hingga saat ini terdapat lebih dari 700.000 ‘rooms’ dibuat setiap harinya di Clubhouse. Kebanyakan, ‘rooms’ tersebut berisi topik-topik yang ingin diketahui dan disukai oleh Clubhousers, seperti berkumpul bersama untuk merayakan sesuatu atau bahkan banyak diantaranya yang mampir untuk mendengarkan berita teraktual.

Tetapi tidak sedikit juga ‘rooms’ yang berisikan sekelompok kecil Clubhousers, mendiskusikan hal-hal personal yang membuat mereka bahagia, seperti perayaan ulang tahun, jadwal hangout yang sudah lama tertunda, menonton film secara virtual, membuat rencana untuk akhir pekan, atau hanya sekadar nongkrong di aplikasi Clubhouse di Kamis malam.

Berikut adalah cara menggunakan fitur Wave Ketika Anda melihat teman-teman berkeliaran di Hallways Clubhouse dan ingin memulai obrolan santai, yang harus Anda lakukan adalah melambaikan tangan (Wave) kepada mereka — seperti halnya melambaikan tangan di kehidupan nyata.

Untuk mengirimkan Wave, Anda tinggal geser ke kanan dari Hallway atau ketuk ikon ‘titik’ di kiri bawah layar. Kemudian tekan tombol Wave (lambaikan tangan) di sebelah nama orang yang ingin Anda ajak ngobrol.

Mereka akan mendapatkan pemberitahuan bahwa Anda menyapa, dan akan tahu bahwa Anda ingin mengajak mereka ngobrol. Jika mereka ingin ngobrol juga bersama Anda, mereka dapat langsung bergabung di sebuah ‘private room’ dengan Anda — dan ‘room’ tersebut terbuka hanya untuk orang yang Anda lambaikan tangan atau kirimkan Wave.



Anda dapat menyatukan orang-orang tersebut di satu lingkaran sosial pertemanan, memperkenalkan teman dari kelompok yang berbeda satu sama lain, atau membuka ‘room’ tersebut lebih luas lagi dengan membuatnya terbuka untuk banyak orang.

Bagian terbaik dari fitur ini adalah Anda dapat melambaikan tangan atau mengirimkan Wave ke sebanyak mungkin teman yang Anda miliki di Clubhouse, dan tentu saja Anda dapat melakukan hal lain sambil menunggu mereka merespons.

Seperti melihat-lihat Hallways, menemukan lebih banyak teman untuk dikirimkan Wave, bahkan Anda bisa masuk ke ‘room’ lain yang Anda sukai! Akan ada bar kecil Wave yang tersedia di bagian bawah Clubhouse Anda.

Jadi, jika Anda memutuskan untuk tidak dapat ngobrol dengan yang Anda kirimkan Wave, Anda bisa membatalkan Wave tersebut. Kemudian, jika Anda keluar dari aplikasi, Clubhouse akan memberikan jeda waktu kepada Wave sehingga Anda tidak masuk ke dalam ‘room’ tanpa Anda menyadari hal tersebut.

Saat ini, Wave telah tersedia di Android dan iOS, dan terbuka untuk semua Clubhousers. Clubhouse sangat berharap Anda menyukai fitur ini dan silahkan kirimkan laporan jika terjadi bug, sebab Clubhouse sangat terbuka untuk masukan yang positif.

Leave a Comment