Bermain Sambil Belajar, Ini 4 Rekomendasi Kegiatan Seru untuk Anak

ArenaLTE.com - Belajar sambil bermain merupakan salah satu metode paling efektif dalam melatih kecerdasan anak. Melalui cara ini, orang tua bisa memastikan tumbuh kembang anak berjalan baik, tanpa harus kehilangan waktu menyenangkan layaknya anak-anak pada umumnya. Terlebih lagi, kebanyakkan anak cenderung mudah merasa bosan saat belajar, sehingga metode ini pun menjadi pilihan terbaik untuk diterapkan.

Menariknya, metode belajar sambil bermain tak hanya berguna untuk memberikan edukasi semata, namun juga bermanfaat bagi perkembangan anak, seperti melatih kemampuan berpikir, melatih sistem motorik, mengasah kreativitas, melatih kemampuan berkomunikasi, hingga mempererat ikatan atau bonding di antara anak dengan orang tua.

Lantas, apa sajakah kegiatan edukasi seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah? Berikut beberapa ide kreatif untuk Anda, antara lain:

1. Ajarkan kemampuan berbahasa anak lewat permainan tebak kata
Bagi sebagian anak, belajar berbahasa adalah hal yang cukup sulit sehingga orang tua pun merasa bingung mencari cara terbaik melatih kemampuan berbahasa anak.  Salah satu ide kegiatan edukasi seru yang bisa membantu orang tua mengajarkan kemampuan berbahasa pada anak adalah permainan tebak kata.

Untuk melakukannya pun cukup sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan kartu bergambar hewan, kemudian memperagakan hewan yang tertulis di kertas, lalu biarkan anak menebaknya. Meski terlihat sederhana, permainan ini bermanfaat untuk memperkaya kosakata bahasa pada anak, bahkan memperkuat daya ingatnya sejak usia dini.



2. Eksperimen sederhana, cara seru mengenalkan sains pada anak
Mengenalkan sains merupakan suatu tantangan tersendiri bagi orang tua, sebab anak pada umumnya akan menganggap sains sebagai suatu pelajaran yang sulit. Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mulai mencoba cara baru dalam memberikan edukasi bagi anak.

Cobalah sesekali ajak anak untuk melakukan eksperimen sederhana, sebagai upaya menunjukkan pada anak bahwa sains adalah hal yang seru dan menyenangkan. Ingatlah pula untuk memilih eksperimen yang tidak berbahaya, namun tetap mampu menggambarkan sains dengan baik. Jadi, anak punya kesempatan untuk memahami sains sambil bermain.

3. Latih kemampuan bersosial anak dengan bermain peran
Kemampuan bersosialisasi juga harus diajarkan orang tua sejak dini agar anak tidak mengalami kesulitan saat menjalani kehidupan sosial di masyarakat. Untuk melatih kemampuan bersosial anak, ada satu ide kegiatan seru untuk Anda lakukan di rumah, yakni bermain peran yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bersosial, melatih kemampuan berbahasa, meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri, hingga melatih imajinasi anak.

Di sisi lain, menghabiskan waktu dengan bermain peran bersama anak juga menjadi cara terbaik bagi orang tua dalam membangun ikatan atau bonding pada anak. Bila anak merasa nyaman saat bermain bersama orang tua, nantinya ia akan memiliki kehidupan yang menyenangkan dan berwarna, juga cara berpikir yang luas serta terbuka.

4. Berwisata bersama anak sambil belajar sejarah pahlawan
Terakhir, Anda juga bisa mulai mengajak anak untuk belajar sejarah namun tetap menggunakan cara seru demi mendapatkan minatnya. Berbagai informasi seputar sejarah bangsa Indonesia, hingga kisah-kisah pahlawan nasional bisa Anda berikan untuk menambah pengetahuan anak.

Kini telah hadir sebuah cara baru yang akan membantu Anda mengajarkan sejarah pada anak, yakni melalui inovasi “Pahlawan Sekitar Kita” dari McDonald’s Indonesia. Inovasi ini memungkinkan Anda mengetahui kisah pahlawan berdasarkan namanya yang berada di tempat-tempat sekitar Anda.

Caranya pun cukup mudah, sebab bisa dilakukan melalui smartphone saja. Anda hanya perlu mengunjungi situs https://mcd-pahlawan-sekitarkita.com/ atau ke website www.mcdonalds.co.id dan pilih laman pahlawan di sekitar kita, klik Ambil foto lalu foto nama pahlawan yang Anda temukan di sekitar, lalu Anda akan di arahkan ke laman kisah pahlawan yang anda foto.

Melalui kegiatan ini, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama anak dengan mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitar. Nantinya, ketika menemukan tempat yang mengandung nama pahlawan, seperti Stadion Gelora Bung Karno, Monumen Jenderal Soedirman, dan lain sebagainya, manfaatkan momen tersebut untuk mengenalkan kisah dan sejarah pahlawan kepada anak.

Mudah bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera dapatkan Aplikasi McDonald’s untuk temukan keseruan dari belajar sambil bermain bersama anak! 

Leave a Comment