Bangun Smart City di Lombok, Ini Solusi Inovatif yang Ditawarkan XL

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com – Melalui solusi digital dan layanan 4G LTE yang dimilikinya, XL Axiata terus mendorong terciptanya kota pintar di Tanah Air sekaligus mendorong program IBP (Internet Broadband Plan) yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Kali ini XL bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai mengimplementasi smart city di Lombok. Mereka menghadirkan empat layanan digital yang baru bagi masyarakat Lombok dan sekitarnya untuk mendapatkan kemudahan terhadap informasi religi dan sosial.

Melalui keterangan tertulis yang diterima ArenaTE.com, smart city di Lombok dengan layanan masyarakat terbaru dari XL dan Pemprov NTB ini diresmikan dan diluncurkan langsung oleh Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan di Mataram, Kamis (11/2/2015).

Empat layanan yang dihadirkan cukup inovatif dan unik bahkan diklaim belum pernah diterapkan kota lain di Indonesia sebelumnya. Keempat layanan tersebut yaitu pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Pemesanan Pemakaman Umum Secara Digital

Untuk layanan pemesanan pemakaman umum melalui website dan aplikasi yang dimaksud, masyarakat akan bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi, juga memilih dan memesan makam langsung dari aplikasi. Selanjutnya, masyarakat juga bisa mengetahui status pemesanan apakah berhasil dipesan dan sudah terbayar, serta mencari lokasi makam berdasarkan nama jenazah.

Dengan sarana digital ini memungkinkan masyarakat Lombok lebih mudah dalam mencari dan melakukan pemesanan lokasi pemakaman. Kelima wilayah tersebut masing-masing adalah Kota Mataram meliputi daerah Karang Medain dan Bintaro, Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate, Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya, Lombok Timur di Selong dan Jero Waru, dan Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang. Pemesanan lokasi makam ini bisa dilakukan melalui website http://xmartcitylombok.com/ atau aplikasi smartphone yang bisa diunduh di Google Play Store.

[caption id="attachment_14853" align="aligncenter" width="900"]XmartCity Lombok Direktur Digital Service XL ,Ongki Kurniawan, bersama Gubernur NTB, Dr.TGH. M. Zainul Madji dalam acara implementasi kerjasama Smart City di Lombok, Mataram.[/caption]

Media Dakwah Secara Online

Dengan koneksi internet 4G LTE XL yang cepat dan mudah diakses, para ulama Lombok dapat melakukan aktivitas dakwah secara online. Para ulama akan bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat NTB. Para ulama memandang, materi dalam format video bisa menjadi sarana alternatif dakwah mengingat masyarakat juga suka menyimak pengajian secara audio visual. Video Dakwah tersebut kemudian akan distribusikan melalui saluran media jejaring sosial khusus video YouTube. Pemilihan saluran digital video ini tidak terlepas dari semakin memasyarakatnya saluran-saluran penyedia video digital pada masyarakat Lombok.

Ada setidaknya 7 ulama yang akan secara rutin mengisi konten dakwah ini, yaitu TGH Muh Khairi, KH Zainuddin Sulaiman, TGH Husain Basri, TGH Safwan Hakim, KH Zainudin Sulaiman, TGH Muharror Mahfuz, dan Ustad Satriawan Lc. Mereka adalah para ulama yang sudah dikenal luas oleh masyarakat NTB, termasuk mereka yang sedang merantau di luar negeri. NTB adalah salah satu daerah utama asal tenaga kerja Indonesia yang bekerja di berbagai negara.

Website Panti Asuhan

Dalam mewujudkan XmartCity Lombok, Pemerintah Provinsi NTB dan XL juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Website ini akan bermanfaat untuk mempermudah proses sosialisasi kepada masyarakat luas mengenai kondisi dan kebutuhan setiap Panti Asuhan di daerah tersebut. Website ini sekaligus akan mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasi kepada panti-panti tersebut. Dalam pembangunan website ini, XL mendapatkan dukungan teknis secara penuh dari STIMIK Bumigora, Mataram.

XL Tunai untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor 

Pemerintah Provinsi NTB juga mulai mengimplementasikan kerjasama layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Dengan memanfaatkan XL Tunai, maka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor akan lebih cepat dan efektif. Pada saat jatuh tempo pembayaran pajak, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui XL Tunai, dengan mengakses menu di *123*120#. Setelah memasukkan nomor kendaraan, akan keluar info berapa pajak yang harus dibayar.

Selanjutnya, pelanggan akan mendapat notifikasi SMS, dan dapat mencetak bukti pembayaran pajak di loket-loket yang telah disediakan oleh Dispenda. Fasilitas inovatif ini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat NTB. Selain itu sudah tersedia 1 loket untuk mencetak bukti pembayaran dan akan ditambahkan menjadi 6 loket yang tersebar di beberapa tempat di Mataram

Leave a Comment