Asyiknya Menelepon Dengan VOLTE 4G LTE

ArenaLTE.com - Tahukah kalian, jika sebenarnya saat kita sedang asyik berselancar di jaringan internet cepat 4G LTE kita tidak bisa menerima panggilan telepon atau SMS? Coba saja aktifkan fitur “4GLTE only” nomor kalian tidak akan bisa ditelepon. Atau pernah berasa internetnya lemot setelah menerima telepon atau SMS?

Saat smartphone menerima atau melakukan panggilan telepon san SMS secara otomatis jaringan 4G LTE yang kalian gunakan akan berubah kembali ke 3G atau bahkan GPRS, itulah yang menyebabkan kecepatan internetnya menurun beberapa saat, tegantung kekuatan smartphone dan jaringan untuk kembali lagi ke 4G LTE.

Lalu bagaimana agar koneksi internet tetap lancar dan kencang di 4G LTE namun tetap bisa menerima dan melakukan panggilan telepon? Gunakan layanan VOLTE yang merupakan salah satu cara bekomunikasi suara di era 4G LTE.

VoLTE adalah…

Untuk mengingatkan kembali, VoLTE adalah akromin dari Voice Over LTE atau kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti suara lewat jaringan 4G LTE. VoLTE merupakan basis teknologi yang berdasar pada all-IP (Internet Protocol) yang terintegrasi dengan fitur panggilan pada smartphone.

Dengan jaringan 4G LTE yang memiliki kecepatan akses data internet yang lebih cepat dan arsitektur yang memungkinkan panggilan suara dan data (akses internet) berada dalam satu jaringan akan membuat performa voice call dan akses internet lebih optimal.

Layanan VoLTE memanfaatkan jalur khusus di jaringan 4G LTE yang disebut sebagai IP Multimedia Subsystem (IMS). Jalur IMS ini berbeda dengan data jadi komunikasi yang dilakukan melalui IMS tidak akan mengganggu komunikasi di jalur data.

Namun untuk mengaktifkan layanan IMS ini harus ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi oleh smartphone yang digunakan khususnya pada chip modem dalam smartphone. Bila smartphone memang tidak mendukungnya, maka fitur tersebut tidak bisa dinikmati. Dan untuk menikmati Volte tidak membutuhkan aplikasi tambahan lagi, dengan smartphone VoLTE dan jaringan operator yang mendukung VOLTE kita cukup menelpon seperti biasa.

Selain itu, tentu saja operator harus menawarkan jaringan 4G LTE dengan infrastruktur yang sudah mendukung VoLTE. Saat ini baru satu operator di Indonesia yang menawarkan layanan VoLTE yaitu Smartfren. Jadi, untuk menikmati VoLTE, kita harus menggunakan operator seluler tersebut, hingga saat ini operator lain baru melakukan ujicoba dan belum menerapkannya para jaringan mereka.

Keunggulan VoLTE

Bagi pelanggan, ada baberapa manfaat yang ditawarkan oleh VoLTE dibandingkan layanan voice lainnya yang ada pada saat ini antara lain adalah :

1. Kualitas suara yang sangat jernih HD voice (high definition)
2. Hemat daya baterai ponsel.
3. Talktime menggunakan VoLTE lebih lama sekitar 1.5 kali dibandingkan aplikasi VoIP yang lainnya.
4. Call set-up VOLTE juga sangat singkat yang hanya perlu 1-2 detik. Sementara itu, pada umumnya layanan nelpon lainnya rata-rata membutuhkan 5-6 detik. 
5. VoLTE dapat menyertakan video di panggilan suara. Pengguna bisa beralih dengan sangat mudah dari suara ke video dan sebaliknya tanpa menutup panggilan terlebih dahulu.
6. Tanpa Memerlukan Aplikasi Tambahan, Jika ponsel dan kartu SIM sudah mendukung VoLTE dan jaringannya juga berada di 4G LTE, maka pengguna bisa langsung menikmati layanan ini seperti menelpon biasa.
7. Tarif Tidak Mengurangi Kuota Data, Banyak yang beranggapan, karena VoLTE menggunakan jalur data 4G LTE, maka saat melakukan panggilan telepon akan mengurangi kuota data seperti telepon panggilan via WhatsApp,BBM dan layanan sejenisnya. Smartfren menyebutkan VoLTE akan mengikuti tarif voice. Hadirnya layanan VoLTE ini juga dimaksudkan agar pengguna kembali meningkatkan aktivitas panggilan telepon. Jadi meskipun pengguna melakukan video call sekalipun, tidak ada kuota data yang terbuang.

Dari sisi operator, jika dibandingkan dengan UMTS/GSM, maka VoLTE memungkinan operator untuk lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki. Dengan demikian, operator bisa melayani lebih banyak pelanggan hingga 2 kali untuk voice call/MHz dibandingkan CS call.

Dengan menggunakan VoLTE, pelanggan yang melakukan/menerima layanan telpon juga akan tetap di jaringan LTE, tanpa perlu melakukan “fall back” atau pindah ke jaringan UMTS/GSM terlebih dahulu. 

Apabila saat pelanggan melakukan panggilan di jaringan LTE (VoLTE) dan kemudian moving/pindah ke area yang belum mendapatkan jaringan LTE, VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari LTE ke non-LTE atau pun sebaliknya, tanpa terputus. Teknologi VoLTE ini sangat dibutuhkan ke depannya, terutama jika jaringan 4G LTE sudah semakin meluas dan merata. 

Leave a Comment