ASUS ZenFone Max Pro M1 RAM 4GB, Alternatif Murah Buat Gamers?

ArenaLTE.com - ASUS Zenfone Max Pro M1 yang sudah rilis di Indonesia ternyata menyediakan banyak alternatif pilihan buat konsumen. Ada tiga varian yang tersedia yakni versi 3GB/32GB, 4GB/64GB dan 6GB/64GB.

Nah, ASUS mendaratkan ketiga-tiganya buat memberikan alternatif pilihan buat konsumen. Selain varian 3GB/32GB, Zenfone Max Pro M1 varian 4GB/64GB juga ternyata masih berada di level harga 2 jutaan. So, varian 4GB/64GB juga menarik buat yang punya tambahan kocek. 

Zenfone Max Pro M1 varian 3GB/32GB dipatok dengan harga resmi IDR 2.299.000. Sementara untuk Zenfone Max Pro M1 varian 4GB/64GB dibanderol IDR 2.799.000. Jadi, dengan selisih rupiah tak terlalu banyak, ada baiknya mempertimbangkan varian yang 4GB/64GB. 

Lalu kenapa varian 4GB jadi alternatif murah, ternyata ada beberapa hal yang membuatnya cocok buat gamers yang ingin menikmati beberapa keuntungan tambahan. Tapi apa benar seri ini termasuk smartphone yang bisa dibeli dengan bujet terjangkau? Atau malah tidak direkomendasikan? Yuk simak dulu ulasan berikut.

Sudah bukan rahasia jika keluarga Max punya baterai berkapasitas besar. Tapi ternyata sekarang tidak hanya mengandalkan kapasitas baterai besar, tapi ASUS menyediakan fungsionalitas tinggi bagi pengguna Zenfone Max Pro M1. 

Kalau ingin membaca ulasan ASUS Zenfone Max Pro M1 lebih lengkap, Elters bisa membaca review kami di beberapa edisi lalu. Kali ini kami hanya ingin menyoroti beberapa poin saja. Karena secara garis besar, smartphone ini relatif identik. Perbedaan hanya ada di sektor RAM dan memori internal saja dengan varian 3GB/32GB yang pernah kami ulas. 

Layar Besar Pas Buat Pecinta Gaming

ASUS ZenFone Max Pro dilengkapi dengan layar seluas 6 inci beresolusi Full HD+ berbezel tipis dengan tubuh berukuran 5,5 inci. Didukung dengan layar full view display, smartphone mampu meringkas ukuran bodi tapi dengan bentang layar lebih luas. Jadi kompak dan ergonomis.

ASUS mengadopsi resolusi FUll HD+ karena jika layar hanya dapat mendukung resolusi HD, maka tidak ada gunanya memutar video beresolusi 2K atau dengan kualitas tinggi diatasnya. Dan tentu saja dengan aspek rasio 18:9, kecerahan layar hingga 450 nits dan rasio kontras 1500: 1 seri ini enak dan cocok dipakai buat gaming. 

Performa Gaming Meningkat dan Ruang Penyimpanan Aplikasi Lebih Lapang

Seperti diketahui, Performa gaming di edisi RAM 3GB/32GB sudah cukup menjanjikan. Nah, kali ini dengan RAM 64GB/64GB maka performanya semakin meningkat. 

Sekedar catatan saja, berdasarkan pengujian, gamer dapat memainkan Mobile Legend hingga 12 jam lamanya. Jadi untuk urusan baterai sudah tak perlu diragukan lagi daya tahannya. 

Juga untuk bermain Garena Free Fire, game itu pun mampu dimainkan tidak kalah lama yakni 9 jam pada ZenFone Max Pro. Bahkan, Rule of Survival, sebuah game yang menuntut kualitas grafis tinggi, mampu dimainkan hingga 8 jam pada device ini.

Kini dengan tambahan RAM yang lebih besar, gaming menjadi semakin lancar jaya. Sudah bukan rahasia jika lag selalu menjadi kendala pada sebuah ponsel saat menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. 

Nah, dengan RAM lebih besar, ruang untuk menambahkan aplikasi atau game menjadi lebih lega lagi. Jadi pengguna Zenfone Max Pro M1 semakin leluasa untuk mengkoleksi game favoritnya. 

Selain itu, dukungan prosesor Snapdragon 636 dan GPU Adreno 509 membuat pengguna dapat memainkan hampir semua konten dengan lancar seperti game, video, atau mengobrol di ponsel tanpa khawatir dengan problem kinerja. Dengan grafis yang cukup menjanjikan tentu saja. 

Baterainya Besar Mencapai 5000 mAh

Lagi-lagi baterai perlu kami sorot di seri ini. Tidak bisa dipungkiri jika kapasitas baterai memang layak diandalkan. Pasalnya, meski kapasitas baterainya besar, tapi tidak membuat harga smartphone menjadi mahal untuk konsumen. Sebaliknya, ponsel ASUS dengan baterai yang besar malah memiliki harga yang kompetitif. 

Di sisi lain, meski ASUS memiliki kapasitas daya baterai 1000 hingga 2000 mAh lebih tinggi dibandingkan vendor lain, namun tetap memiliki ukuran atau harga yang serupa dengan ponsel mereka. Rahasianya, semua berasal dari teknologi papan sirkuit cetak (PCB) di telepon ASUS yang tidak tertandingi di industri ini.

PCB yang digunakan untuk CPU dan baterai memainkan peran kunci dalam menentukan ukuran fisik baterai. Karena adanya ruang tersisa pada ponsel yang cukup, itu bisa digunakan untuk menanamkan baterai yang lebih besar. Ini membutuhkan keseriusan dan tingkat kesulitan tinggi.

Pengujian yang dilakukan oleh ASUS telah menunjukan bahwa baterai 5000 mAh dapat tetap siaga dalam jaringan 4G selama 35 hari, atau 42 jam untuk talk time di 3G, dan 28 jam browsing di web menggunakan WiFi.

Oh ya, ASUS juga menyediakan kemampuan untuk mengecas smartphone lain. Alias ponsel ini bisa bertindak sebagai powerbank saat dibutuhkan. Selain itu, perangkat ini juga sudah didukung dengan sensor sidik jari.

Punya Audio Berkualitas dan Kamera Mumpuni

Untuk gamers yang menyukai suara dan sound dalam game, tenang saja karena seri ini sudah punya fitur sistem speaker lima magnet, ditambah dengan amplifier pintar dari NXP. Hal ini memungkinkan smartphone untuk memberikan output audio berlapis dan bernuansa, sehingga tidak ada detail dari audio yang hilang.

Biarpun dibanderol terjangkau, tapi ASUS Zenfone Max Pro M1 sudah menyematkan kamera mumpuni. Kamera utama punya dua sensor, yaitu sensor 13MP udan 5MP dan didukung dengan mode bokeh dan punya lensa wide. Sektor depan dilengkapi kamera 8MP ditambah softlight LED flash.

Ringan dan Efisien Berkat Pure 8.1 Oreo

ZenFone Max Pro M1 punya OS Android Pure 8.1 Oreo, tanpa ZenUI. OS ini memang cepat, sederhana dan cerdas. Perubahan ini juga dibuat berdasarkan pengalaman pengguna, karena seri ZenFone Max ditujukan untuk para gamer. 

Nah, itulah beberapa hal yang wajib kalian ketahui sebelum membeli ASUS Zenfone Max Pro M1. Jadi, sebenarnya tidak cukup hanya memiliki ponsel dengan kapasitas baterai yang tinggi.

Leave a Comment