Apakah Smartphone Kita Aman Dari Ancaman Kejahatan Cyber?

ArenaLTE.com - Studi ISACA tahun 2015 menunjukkan bahwa hampir setengah ahli keamanan mobile setuju bahwa teknologi mobile membutukan keamanan yang lebih baik dan 87% merasa serangan siber  akan naik pada tahun mendatang.

Terkait keamanan di dunia siber, platform agregator konten milik UCWeb, UC News baru saja mengumumkan peluncuran fitur interaktif berbasis HTML-5 yang bekerjasama dengan  5 (lima) pakar teknologi Indonesia pada sebuah laman spesial di UC News.

Para kontributor ini akan berbagai informasi dan pengetahuan bagi masyarakat Indonesia dalam menjaga keamanan smartphone mereka dari serangan siber. 5 kontributor teratas yang dilihat dari jumlah pengikut mereka ialah Onno W Purbo, Eko Indrajit, Enda Nasution, Feri Sulianta dan Gadtorade.

Berbagai serangan siber yang terjadi pada tahun 2017 serta tingginya tikat penetrasi mobile, menginspirasi UCWeb Indonesia untuk berbagi kepada pembaca UC News agar smartphone mereka terhindar dari serangan siber.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia pada Januari 2017[1] menyebutkan bahwa angka pengguna smartphone di Indonesia kini mencapai sekitar 25% dari total penduduk atau sekitar 65 juta.

Menurut Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, dalam periode tahun 2012-2016 Indonesia mengalami 7.697 serangan siber dan hanya 1.464 serangan siber yang berhasil ditangani oleh Bareskrim Polri. Hal ini juga didukung oleh Studi ISACA tahun 2015 menunjukkan bahwa hampir setengah ahli keamanan mobile setuju bahwa teknologimobile membutukan keamanan yang lebih baik.

“Tidak seperti laptop atau komputer, smartphone selalu dibawa penggunanya kemana saja –di rumah, di bandara, di kantor, dan digunakan kapanpun. Melalui perangkat tersebut, pengguna dapat bermain game, mengakses e-mail, berbelanja atau memeriksa saldo tabungan mereka," ujar Bruce Zuo, Kepala UC We-Media, UCWeb, Alibaba Mobile Business Group.

"Sebagai perusahaan teknologi, kami merasa perlu berbagi kepada masyarakat Indonesia untuk lebih mawas diri dalam melindungismartphone mereka dari serangan siber,” jelas Bruc3.

Berbagai artikel yang ditulis oleh 5 pakar teknologi pada UC News akan membahas berbagai tips keamanan seperti penggunaan sandi yang aman, kiat melindungi smartphone beserta data yang ada di  dalamnya, fakta mengenai cara hacker bisa mendapatkan kata sandi pengguna, serta berbagai fakta lain mengenai media sosial yang jarang diketahui selama ini.

Kolaborasi dengan pakar teknologi ini dimaksudkan untuk berbagi pengetahuan dan informasi bagi masyarakat Indonesia agar dapat lebih melindungi diri dari serangan siber pada smartphonemereka. Seluruh informasi ini dapat diakses pada laman khusus di UC News untuk memudahkan pembaca dalam mengakses seluruh konten, meninggalkan komentar, berbagi pandangan terhadap isu ini, serta membagikan artikel ini kepada pembaca lainnya.

5 (Lima) kontributor teknologi UC News teratas ini juga telah dikenal luas sebagai pakar dibidang informasi teknologi. Onno W Purbo merupakan seorang pakar internet, penulis dan juga mantan dosen di Institut Teknologi Bandung.

Eko Indrajit merupakan pakar teknologi, narasumber, akademisi dan juga penulis buku dan jurnal ilmiah nasional dan internasional. Enda Nasution merupakan penulis dan kerap dijuluki ‘tokoh blog indonesia’ karena sering mempromosikan pengunaan blog.

Selain itu, Feri Sulianta juga telah menerbitkan sekitar 70 buku dalam bidang teknologi, komputer, dan manajemen bisnis. Pendiri komunitasGadtorade, Lucky Sebastian juga merupakan pecinta gadget yang kerap ditemui di kalangan komunitas gadget.

Leave a Comment