Alibaba Group Siapkan Kejutan Pada Festival Belanja Online 11.11

festival-belanja-online-11.11-2017
ArenaLTE.com - Alibaba Group yang memiliki jaringan ritel online terbesar di dunia kembali menggelar festival belanja Online 11.11 . Ajang Festival belanja online global tahunan ini memperkenalkan konsep “New Retail” yaitu memperlihatkan masa depan ritel dengan menanamkan elemen toko fisik di media sosial, konten interaktif, dan hiburan dalam satu ekosistem belanja online.

Tahun ini, bentuknya juga berubah dari penjualan online 24 jam menjadi festival belanja 24 hari, baik di platform online maupun pusat perbelanjaan. Setengah miliar konsumen di seluruh dunia dapat menikmati promosi dan penawaran dari 140.000 merek dan 15 juta produk yang terdaftar.

Kabar gembiranya, masyarakat internasional, termaksud Indonesia dapat memiliki koleksi Taobao dari platform Lazada. Alibaba mengakuisisi saham Lazada yang menjadi platform e-commerce unggulan se-Asia Tenggara sejak April 2016.

Tahun 2016, bermacam-macam produk Indonesia dipesan oleh konsumen Tiongkok. Produk-produk tersebut di antaranya merupakan makanan ringan ternama seperti Chitato, Qtela, dan Dua Kelinci, dan produk yang paling banyak dipesan adalah kopi instan Kopi Luwak.

Dengan meningkatnya minat konsumen dalam memesan produk dari luar negeri, festival tahun ini akan menjadi kali pertama para pedagang dan konsumen merasakan pengalaman konsep New Retail yang menjadi strategi Alibaba untuk mendefinisikan ulang perdagangan dengan mengintegrasi kegiatan online dan offline.

Melihat integrasi dua dunia tersebut, Alibaba Group CEO Daniel Zhang mengatakan, “11.11 Global Shopping Festival merupakan kolaborasi bisnis berskala besar yang menyatukan konsumen, pedagang, perusahaan logistik, institusi keuangan, toko online dan fisik, serta pusat perbelanjaan di seluruh dunia.”

Melibatkan konsumen dengan kegiatan menghibur
Untuk mendorong konsumsi online, Alibaba akan memanfaatkan aset media dan hiburannya untuk permainan augmented-reality, seperti “Catch the Cat” (Tangkap Kucingnya). Tokoh kucing dalam permainan ini adalah maskot Tmall, salah satu marketplace milik Alibaba yang menawarkan produk-produk dari merek ternama serta pengalaman belanja premium.

Melalui permainan ini, para konsumen bisa mendapatkan kupon promosi dan hadiah spesial ketika mereka berhasil menemukan dan memindai maskot Tmall tersebut menggunakan aplikasi Taobao yang ada di telepon genggam mereka.

See Now, Buy Now Fashion Show menghadirkan pengalaman baru dalam belanja online
Dengan memanfaatkan platform media dan e-commerce miliknya, Alibaba menghadirkan pengalaman baru untuk konsumen di mana penonton acara peragaan busana See Now, Buy Now bisa langsung membeli produk yang diperagakan.

Tahun ini akan menjadi saat yang tepat untuk menerapkan kembali konsep “retail as entertainment” yang pertama kali diterapkan tahun lalu. Bagian dari rangkaian kegiatan 11.11 Global Shopping Festival ini telah diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober dan diikuti oleh 27 merek global.

Leave a Comment