​6 Program DANA Siap Hadapi Era New Normal Dengan Teknologi Digital

ArenaLTE.com - Pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap semua aspek kehidupan dan menuntut masyarakat untuk mengubah pola aktivitas interaktifnya, dari semula interaksi tatap muka (fisik) menjadi non-fisik (virtual), melalui jaringan online dan aplikasi berbasis internet.
 
Sebagai dompet digital Indonesia, DANA sejak awal dibangun telah dirancang sebagai platform teknologi yang terbuka dan adaptif terhadap berbagai situasi. 
 
Teknologi yang dimilkinya hadir untuk membantu serta mendampingi masyarakat Indonesia dalam beradaptasi dengan berbagai situasi dan dinamika tidak hanya pada situasi New Normal terkait masa pandemi/pasca pandemi tetapi juga untuk kenormalan baru.
 
Selain memudahkan pembayaran nontunai secara aman, DANA berkomitmen untuk mengembangkan teknologi yang tepercaya (trusted), ramah dan mudah digunakan (friendly), serta bisa diakses oleh siapapun (accessible).
 
Sinergi juga dilakukan dengan mata rantai ekosistem perekonomian digital mulai dari perbankan, dunia usaha (dari UMKM hingga perusahaan besar), dan lembaga-lembaga pemberdayaan perekonomian masyarakat lainnya, guna meningkatkan kontribusi DANA terhadap perekonomian Indonesia.
 
Berikut ini beberapa inisiatif dompet digital DANA yang adaptif yang bisa membantu dan menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi maupun New Normal dan ke depannya

1. Miniprogram DANA Siap Siaga Covid-19              

Hadir sejak 28 Maret 2020, Miniprogram Siap Siaga COVID-19 merupakan dedikasi DANA dalam membangun kesadaran masyarakat luas, terutama para penggunanya, untuk senantiasa berjuang melawan pandemi COVID-19.
 
Pada kanal khusus untuk miniprogram Siap Siaga COVID-19, DANA menyediakan fitur-fitur untuk mendapatkan akses informasi aktual yang akurat tentang COVID-19.
 
Disediakan juga tips-tips bermanfaat tentang bertransaksi nontunai digital yang aman dan praktis yang bisa dijadikan panduan selama masa pandemi berlangsung, diagnosis mandiri, informasi rumah sakit terdekat, hingga donasi dan gotong-royong digital.

2. Dukung Gerakan #Belanjadi WarungTetangga

Untuk berpartisipasi menggerakkan kembali perekonomian Indonesia dengan membantu program pendataan warung-warung di lingkungan sekitar melalui Gerakan #BelanjaDiWarungTetangga.
 
DANA mengajak masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar mereka, sekaligus mendorong masyarakat untuk berbelanja di warung tetangganya untuk mendukung perekonomian rakyat. Warung-warung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk membeli bahan-bahan pokok dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

3. Program Donasi #TempatSinggahPejuangMedis              

DANA mendukung aksi sosial kemanusiaan #TempatSinggahPejuangMedis yang digagas oleh Habitat for Humanity Indonesia (Habitat) yang bertujuan menyediakan tempat istirahat yang layak bagi para tenaga medis yang berjuang dalam penanggulan COVID-19.
 
Meskipun sejumlah pemerintah daerah telah menyediakan tempat penginapan khusus bagi tenaga medis yang terlibat dalam penanganan COVID-19, jumlahnya masih perlu untuk terus ditingkatkan. Untuk mewujudkannya, butuh dukungan serta partisipasi masyarakat.
 
DANA berkolaborasi dengan KitaBisa.com dan BenihBaik.com untuk melakukan penggalangan dana (crowdfunding) bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat ini.

4. Dukung UMKM Lewat Home Shopping 

Dukungan DANA terhadap UMKM dan perekonomian agar bisa terus bergulir di tengah pandemi juga terwujud dalam inisiatif Home Shopping.  Layanan ini ditujukan untuk membantu para mitra merchant DANA, khsusunya mitra offline,  agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi, sekaligus melayani kebutuhan para pengguna DANA yang juga merupakan pelanggan mereka.
 
Fitur ini menghubungkan pengguna DANA dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan DANA QRIS (QR Code Indonesia Standard yang diterbitkan oleh DANA). Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen.

5. DANA Telemedicine     

Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit.  Untuk memberikan solusi terhadap kekhawatiran tersebut, DANA telah meluncurkan fitur Telemedicine yang terhubung langsung ke YesDok, aplikasi penyedia layanan telemedika.
 
Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan atau berkonsultasi via video dengan dokter serta memperoleh obat-obat yang diresepkan, kapan saja dan di mana saja.
 
Layanan telemedika ini menjamin privasi dan kemanan data pengguna. Jika dirasa tidak nyaman, pengguna bisa meminta agar proses konsultasi tidak direkam.

6. DANA Siaga

Inisiatif terbaru dompet digital DANA yang bisa membantu masyarakat beradaptasi di masa New Normal dan ke depan adalah DANA Siaga. Melalui fitur ini, masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli produk asuransi dengan premi yang terjangkau dengan mudah melalui ponselnya.
 
DANA Siaga menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan produk asuransi dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta klaim yang lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

Leave a Comment