5 Tips Dan Trik Belanja Online Aman Di Bukalapak

ArenaLTE.com - Sebagai salah satu pasar online yang cukup populer di Indonesia, Bukalapak kembali turut serta dalam ajang Hari Belanja Online Nasional 2017 (Harbolnas). Harbolnas merupakan hari dimana para pembeli online mendapatkan diskon untuk produk yang diinginkan serta para Pelapak berkesempatan untuk mempromosikan barang dagangannya.
 
Untuk itu, para pembeli maupun pelapak perlu mengetahui bagaimana cara berbelanja online secara aman dan nyaman. Bukalapak memberikan beberapa tips belanja online aman agar tidak mengalami kendala dalam belanja ataupun berdagang online di BukaLapak.
  1. Pastikan website yang diakses diawali Https, bukan http saja. Dan yang dikunjungi adalah website milik Bukalapak, www.bukalapak.com.
     
  2. Jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya data seperti username, password, OTP, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari pencurian akun yang bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
     
  3. Abaikan apabila ada modus phising 
    Modus proses transaksi - Modus ini biasanya terjadi saat melakukan transaksi. Oknum mengirimkan link phishing dan meminta Pembeli untuk mengonfirmasi pesanan dengan cara meng-klik link tersebut.
    Modus mengatasnamakan admin - Oknum mengirimkan pesan yang berisi bahwa Pembeli mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya, dan meminta untuk meng-klik link yang diberikan.
    Modus informasi palsu - Modus ini ditandai dengan adanya oknum yang mengirimkan informasi palsu dan meminta pembeli meng-klik link yang diberikan.


     
  4. Gunakan Payment System yang diciptakan oleh Bukalapak. Payment System ini merupakan metode wajib untuk bertransaksi oleh setiap Pembeli dan Pelapak agar aman dari penipuan.
     
  5. Aktifkan Two-Factor Authentication (TFA) yaitu fitur yang diperuntukan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali. Kami juga menyarankan menjaga kerahasiaan password anda dan menggunakan security guide yang sudah disediakan Bukalapak 

“Diharapkan melalui tips ini, masyarakat semakin cerdas dalam belanja dan berdagang online. Bukalapak akan selalu berkerja sama dengan para Pelapak dan Pembeli kami, demi kenyamanan mereka selama bertransaksi berjualan dan juga berbelanja. Kami percaya bahwa transparansi penting untuk memastikan kepercayaan pengguna kami di Bukalapak,” ujar Bayu Syerli, VP Marketing Bukalapak.


Leave a Comment