5 Tips Aman Hindari Serangan Siber Selama Piala Dunia 2018

ArenaLTE.com - Semarak Piala Dunia 2018 seakan membuat masyarakat dunia terlena. Berbagai cara dilakukan untuk tetap update dengan setiap pertandingan. Salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh masyarakat yaitu mengakses internet untuk menonton pertandingan, mengetahui update skor atau highlights setiap pertandingan. 
 
"Acara olahraga internasional berskala besar seperti Piala Dunia FIFA adalah target utama serangan siber, bahkan untuk individu biasa," kata Gavin Chow, Network & Security Strategistuntuk Fortinet Asia Pasifik.

"Peretas (hacker) tahu bahwa dalam kegembiraan mereka untuk menonton pertandingan terbaru atau mengetahui skor terbaru, pengguna komputer sering melupakan akal sehat dan mengabaikan kebiasaan komputasi yang aman," jelasnya.
 
Fortinet memperkirakan lonjakan penipuan onlinedan serangan phishing saat pertunjukan sepakbola terbesar dunia berlangsung, dan menawarkan lima tips keamanan untuk bertahan dari ancaman siber selama Piala Dunia FIFA 2018:
 
1. Berhati-hatilah ketika Anda melihat liputan langsung
Waspada saat melihat liputan langsung, tayangan ulang pertandingan, atau memeriksa statistik pertandingan secara online, pastikan hanya mengunjungi situs web tepercaya. Acara yang mendapatkan perhatian publik dan liputan media yang signifikan sering digunakan sebagai umpan untuk kampanye spam atau spear-phishing. Aktor jahat juga dapat membuat situs web dan domain palsu yang tampak sebagai berita atau liputan resmi yang dapat digunakan untuk mengirimkan malware kepada penggunjung.
 
2. Hati-hati terhadap serangan phishing
Pengguna dapat menerima email spam yang mengumumkan bahwa mereka adalah pemenang yang beruntung dari undian untuk tiket ke putaran final Piala Dunia 2018. Meskipun mungkin sangat menggoda untuk mengeklik tautan email yang mengatakan "Anda telah memenangkan 2 tiket untuk putaran final Piala Dunia," berhati-hatilah. Dengan mengeklik tautan itu, Anda dapat dibawa ke situs web yang disusupi dan membuat Anda mengunduh perangkat lunak perusak ke komputer Anda, mencuri data dan informasi pribadi Anda.
 
3. Waspada terhadap pengecer online yang menawarkan tiket diskon atau barang dagangan murah
Jika Anda menemukan toko online yang menawarkan tiket pertandingan atau barang dagangan dengan harga yang sangat rendah, periksa untuk memastikan itu adalah toko yang sah dan bukan toko palsu yang akan hilang kemudian hari bersama dengan informasi kartu kredit Anda.
 
4. Selalu perbarui perangkat lunak (Update Software)
Pastikan untuk menggunakan versi terbaru dari sistem operasi Anda, perangkat lunak keamanan, aplikasi, dan browser Web adalah salah satu pertahanan terbaik terhadap malware, virus, dan ancaman siber lainnya. Penyerang siber biasanya menargetkan kelemahan dan kerentanan di browser dan plug-in yang ketinggalan zaman. Yang terbaik adalah memiliki perangkat lunak keamanan dan pembaruan browser web secara otomatis untuk meminimalkan paparan terhadap ancaman yang diketahui.
 
5. Hindari hotspot Wi-Fi publik
Permainan Piala Dunia berlangsung di malam hari (waktu APAC) ketika banyak dari kita keluar dari rumah kita. Meskipun dapat menggoda, hindari koneksi ke hotspot Wi-Fi yang tidak dikenal untuk menonton pertandingan. Sebuah hotspot tidak aman mempermudah hacker untuk mencegat login dan kata sandi, pesan email, dokumen terlampir dan informasi pribadi dan rahasia lainnya. Jika Anda harus menggunakan Wi-Fi, gunakan jalur akses resmi yang memiliki enkripsi yang dilindungi kata sandi.

Leave a Comment