Layanan 4G LTE XL Bidik Potensi Ekonomi di Kota Banjarbaru, Kalimantan

ArenaLTE.com - [Kota Banjarbaru (Foto: hirangputihhabang.wordpress.com)
Kota Banjarbaru (Foto: hirangputihhabang.wordpress.com)[/caption]

ArenaLTE.com - XL Axiata kian agresif dalam memperluas jangkauan layanan 4G LTE. Kali ini operator tersebut mengincar potensi ekonomi yang cukup pesat di salah satu kota di kawasan Kalimantan Selatan yaitu Kota Banjarbaru, setelah sebelumnya telah lebih dulu di Banjarmasin.

Serangkaian acara digelar untuk mensosialisasikan manfaat positif dari layanan 4G LTE yang bisa diraih oleh masyarakat di Kota Banjarbaru. XL menyelenggarakan antara lain seminar kewirausahaan dengan memanfaatkan teknologi digital, serta sebuah Pesta Digital Rakyat.

Handono Warih, Head of XL North Region, mengatakan mengingat tingginya permintaan masyarakat dari berbagai kalangan, kini masyarakat di kota Banjarbaru telah bisa memanfaatkan layanan internet cepat 4G LTE dari XL.

XL-Banjarbaru

"Menjadi kebanggaan tersendiri bagi XL bisa memberikan layanan mutakhir ini bagi masyarakat Kota Banjarbaru dan sekitarnya di tengah kepungan tarif yang tidak selaras dengan kualitas jaringan yang ditawarkan. Masyarakat bisa memanfaatkan internet cepat guna membantu meningkatkan produktivitas," ujar Handono.

Dijelaskan lebih lanjut, layanan 4G LTE di koa Banjarbaru dan sekitarnya ditopang oleh 151 BTS 4G. Area-area yang terjangkau layanan 4G pada tahap awal ini adalah Banjarbaru Selatan, Banjarbaru Utara, Loktabat, Guntung Payung, Cempaka, Landasan Ulin dan Liang Anggang

Pada area-area tersebut terdapat pusat pemerintahan provinsi dan daerah, pusat bisnis lokal, sentra industri, beberapa lembaga pendidikan, pemukiman warga, bandara Syamsudin Noor, Kantor Gubernur, HOP Lapangan Murdjani, RS Banjarbaru Trikora dan Q-Mall Banjarbaru.

Lebih jauh Warih menambahkan bahwa dengan adanya layanan 4G LTE XL ini, masyarakat di Banjarbaru dapat mengakses internet dengan kecepatan dan kualitas terbaik. Layanan internet cepat 4G akan membantu peningkatan kinerja dan produktivitas masyarakat di kota tersebut.

Sementara itu, General Manager (GM) Sales Operation XL Kalimantan, Eko Setyawan menjelaskan untuk Paket Combo Xtra yang mampu memberikan pengalaman Xtra kepada pelanggan melalui beragam nominasi. “Beragam layanan telah kami siapkan untuk mendukung penetrasi layanan 4G di wilayah Kalimantan Selatan. Untuk 12GB + 50 menit ke semua operator di harga 59 ribu, 19 GB + 75 menit ke semua operator 89 ribu, 26 GB + 100 menit ke semua operator 129 ribu. Pilihan paket ini dapat diakses melalui menu UMB *123*2*1# atau langsung ke toko pulsa terdekat”.

Sebagai kota administratif provinsi, Banjarbaru menjadi salah satu kota berkembang di Kalimantan Selatan yang mengalami kemajuan pesat termasuk dari segi teknologi komunikasi. Kota Banjarbaru dan Kalimantan Selatan pada umumnya memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi dari sektor perdagangan dan pemerintahan termasuk juga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Implementasi layanan digital akan bisa meningkatkan daya saing produk olahan masyarakat lokal, terutama melalui perluasan jangkauan pemasaran secara online, serta peningkatan kualitas materi promosi. Teknologi digital juga bisa diterapkan secara efektif oleh para pengambil kebijakan di tingkat lokal untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan daya saing potensi daerah di pasar nasional maupun internasional.

Sebagai informasi, jumlah pelanggan XL di Kota Banjarbaru dan sekitarnya sekitar 450 ribu pelanggan. Sebanyak 15% di antaranya telah menggunakan smartphone 4G LTE, dan menggunakan USIM 4G.

Secara nasional, layanan 4G LTE dari XL telah melayani pelanggan XL di 88 kota di Indonesia. Sejak awal peluncuran layanan XL 4G LTE, jumlah pelanggan 4G telah mencapai lebih dari 8 juta pelanggan. Implementasi 4G LTE akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan beberapa aspek kebutuhan masyarakat serta tingkat kesiapan ekosistemnya. M

inat pelanggan untuk beralih ke layanan 4G terus meningkat seiring dengan semakin bertambahnya kesadaran pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari layanan 4G yang menghadirkan kecepatan dan kestabilan akses internet yang lebih baik. Dari total 72,500 BTS yang dimiliki XL, sebanyak 6,600 BTS di antaranya merupakan BTS 4G.

Leave a Comment