Huawei Siap Memamerkan Smartphone Lipat 5G Pertama di MWC 2019

ArenaLTE.com - Yak, sepertinya di tahun 2019 ini kita akan menyaksikan perlombaan seru smartphone lipat (folding phone). Setelah Samsung, Xiaomi, Motorola dan LG yang secara resmi sudah mengumumkan lini produk smartphone lipat, kini giliran Huawei yang menyatakan akan memamerkan smartphone lipat perdana mereka di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, di Barcelona, akhir bulan mendatang.
 
Konfirmasi soal itu diungkapkan sendiri oleh Huawei lewat akun resmi dari Divisi Mobile Device mereka. Konten Twitter itu memang tak menyebutkan langsung bahwa mereka akan menghadirkan smartphone lipat. Tetapi image yang disertakan di situ, menampilkan gambar yang mirip ikon sebuah smartphone lipat. Di situ Huawei hanya menyebut “Connecting The Future”.
 
Tetapi, postingan Twitter dari Huawei itu, seakan mengkonfirmasi ucapan Richard Yu, CEO Consumer BG Huawei, seminggu sebelumnya, yang bilang sebentar lagi Huawei akan menghadirkan smartphone lipat. “Kita akan segera bertemu lagi di Barcelona, di aman kami akan merilis smartphone 5G pertama di dunia yang menggunakan layar lipat,” kata Richard, dalam sebuah pertemuan dengan investor di Beijing, seperti dikutip laman Independent.
 
Berdasarkan gambar yang beredar mengenai Smartphone lipat Huawei ini, terlihat memiliki konsep lipat yang agak berbeda dengan Samsung Galaxy X Foldable Phone, meskipun sama-sama memakai rancangan lipatan tengah. Galaxy X layarnya berada dalam lipatan –ketika dilipat layarnya tertutup. Sementara smartphone lipat Huawei layarnya berada di bagian luar. Tak diketahui, apakah setelah dilipat, layarnya tetap aktif di depan dan belakang, atau hanya bagian depan saja yang tetap aktif.  
 
Belum dijelaskan juga, spesifikasi dari smartphone lipat Huawei ini. Namun kuat diduga, senyampang ini disebutkan sebagai ponsel 5G, sepertinya akan dilengkapi dengan modem 5G yang baru saja dirilis Huawei, Balong 5000. Untuk SoC-nya sendiri, diperkirakan akan memakai Kirin versi paling gres, Kirin 990. Huawei mengklaim, Balong 5000 memberikan wireless speed 10 kali lebih cepat dari modem 4G. Dan, dua kali lebih cepat dibanding modem 5G Qualcomm, X50.
 
Keunggulan lain, Balong 5000 merupakan multimode chip, yang juga mendukung 2G, 3G dan 4G. Berbeda dengan Qualcomm X50, yang hanya kompatibel dengan jaringan 5G saja. Namun, Balong 5000 dan Kirin hanya diigunakan pada lini produk Huawei, dan sub-brandnya, Honor. Sementara X50 dipakai di banyak brand, seperti LG, Motorola, Samsung, Xiaomi, dan lain-lain. 
 
Sayangnya juga, Huawei belum mengumumkan nama seri smartphone lipat 5G perdananya ini. Ada beberapa spekulasi nama, seperti Mate Flex, Mate Flexi, Mate Fold, dan Mate F. Entah juga, mana yang akan dipakai. Atau jangan-jangan malah nama yang lain sama sekali. Yang jelas, dengan mengumumkan kehadirannya di MWC 2019, Huawei Mate Flex, atau apapun itu namanya, bakal segera diterjunkan ke pasar global. Kita tunggu saja.

Leave a Comment