Pentingnya Aplikasi Inventori Bagi Pebisnis Di Era Digital

ArenaLTE.com - Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat operasional bisnis menjadi semakin mudah. Jika dahulu semua kegiatan bisnis dan akuntansi dilakukan dengan cara manual, maka sekarang ini pelaku bisnis cukup menggunakan aplikasi kasir untuk membantu mengelola perusahaan.

Manajemen invetori atau pengelolaan persedian yang baik dan efisien akan mendukung proses distribusi, produksi dan kualitas produk itu sendiri, perkembangan teknologi aplikasi membuat manajemen inventori tidak lagi dikerjakan secara manual.
Namun sebelum membahas manfaat aplikasi manajemen inventori, tentu kamu harus mengetahui pengertian manajemen inventori tersebut.

Mengenal Manajemen Inventori

Manajemen inventori atau yang lebih umum dikenal dengan manajemen persediaan adalah proses pengelolaan dan pengendalian persediaan atau produk yang akan didistribusikan oleh suatu bisnis kepada konsumen.

Manajemen persediaan berkaitan erat dengan pencatatan dan pengendalian manajemen persediaan. Saat ini, banyak perusahaan besar yang fokus untuk menciptakan manajemen gudang yang canggih, yang dikombinasikan dengan proses lain dalam operasi perusahaan.
Sebagai sistem keuangan dan sistem lain berinteraksi dengan sistem distribusi produk, yang semuanya masuk dalam satu aplikasi kasir.

Mengapa kamu harus memiliki manajemen inventori yang baik dan efisien?
Manajemen inventori akan membantu kamu dalam menciptakan sistem manajemen persediaan yang efektif dan efisien dalam bisnis. Mengingat banyak uang, tenaga, dan waktu yang dihabiskan jika kamu tidak menemukan cara yang efektif dan efisien.
Hal ini sangat membantu dalam mengumpulkan dan mengurangi sumber daya yang dihabiskan bisnis. Jika perusahaan dapat mengintegrasikan sistem manajemen produk ini dengan sistem canggih lainnya, maka dapat menikmati penghematan dalam hal pekerjaan, uang dan waktu kerja dapat efektif dan efisien. Keadaan ini dapat meningkatkan jumlah yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sistem Manajemen Produk

Ada banyak fitur yang tersedia dalam sistem manajemen inventori. Beberapa di antaranya termasuk manajemen inventaris, pembelian, analisis kode, vendor, pelacakan pengiriman, dan pelaporan inventaris.
Manajemen stok meliputi proses pengendalian arus barang masuk dan keluar gudang dan logistik terkait. Pada titik ini, rantai pasokan akan memberikan notifikasi jika produk sudah mulai habis dan mencapai jumlah minimum.

Kemudian, langkah penting berikutnya adalah sistem informasi pemasok yang berfungsi untuk mencari data dan informasi dari pemasok. Harus ada dukungan sistem barcode atau pelabelan yang canggih untuk produk yang masuk sehingga mudah untuk mengidentifikasi produk di masa depan.

Tahap selanjutnya adalah pengecekan pemeriksaan pengiriman dan proses monitoring pengiriman agar tidak terlambat dan yang terakhir adalah proses manajemen produk dan pengelolaan produk dengan pencatatan laporan barang.

Model Manajemen Inventori


1. Model Ekonomi Order Quantity
EOQ dapat membantu kamu menghitung harga pokok penjualan minimum atau ekonomis. Apa yang akan kamu temukan dari EOQ adalah bahwa perusahaan memiliki rata-rata produk yang besar untuk jangka waktu tertentu.
Sehingga perusahaan harus menanyakan dan membuat perhitungan dari harga tunai yang paling mahal. Dengan EOQ, perusahaan harus memiliki perhitungan yang lengkap dari seluruh proses, dengan mengukur biaya penyimpanan gudang.

2. Model just-in-time (JIT)
Jika jumlah produk sedikit atau diproduksi hanya ketika ada permintaan, model JIT sesuai. Dengan model JIT, perusahaan akan menerima biaya produksi hanya pada saat diperlukan, sehingga dapat menghemat hal dan pengeluaran lain, seperti penyimpanan untuk mengurangi biaya kerusakan keamanan produk.

Perlu diingat bahwa manajemen inventori yang baik juga tidak dapat bekerja maksimal jika ada kekurangan tenaga kerja di dalam gudang. Karyawan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi sistem gudang.

Aplikasi Kasir Kelola Manajemen Inventori

Kompleknya pekerjaan dalam manajemen inventori tentu akan memerlukan tenaga kerja yang banyak agar dapat berjalan baik. Tetapi dengan perkembangan teknologi, tentunya manajamen inventori dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Aplikasi POS kasir seperti majoo Indonesia memiliki berbagai fitur yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan yang terdapat dalam manajemen inventory yang mendukung pengelolaan perusahaan kamu agar lebih efisien.

1. Pengaturan produk
Kamu dapat memiliki produk yang sama atau berbeda di setiap cabang. Produk dapat diatur ke dalam kategori (misalnya, makanan minuman), kelompok (produk dengan banyak jenis) atau kategori (yang dijual terpisah).

# Modal dan harga jual
Setiap slot dapat dikonfigurasi untuk memiliki harga yang sama atau hpp (harga modal) yang berbeda. Jika basis diterima, pembayar mungkin juga memiliki batasan untuk memberikan perubahan harga (keputusan) maksimum untuk transaksi pelanggan.

# Tipe produk
Untuk mengelola produk dengan pilihan jenis/kategori tampilan produk tambahan yang terbatas (misalnya topping, rasa, dll.). Merek yang berbeda mungkin memiliki harga yang akan ditambahkan ke harga jual produk. Produk dapat memiliki berbagai jenis varian, dan dapat ada banyak jenis yang dijual.

2. Resep dan Bahan Baku

# Bahan Baku
Menyimpan daftar komponen bahan baku yang diperlukan untuk suatu produk dan secara otomatis akan mengurangi bahan baku tersebut dalam daftar ketika produk tersebut terjual.

# Pengingat stok minimum
Dengan menggunakan aplikasi kasir majoo maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan ketika produk atau bahan baku berada di bawah stok minimum.

# Multisatuan
Resep dan bahan dapat digunakan dengan satuan yang berbeda, membuat manajemen inventori menjadi lebih mudah. Misalnya ketika suatu produk dijual. dan resep dalam gram dapat mengurangi bahan baku menjadi kilogram.

3. Proses Masuk dan Purchase Keluar

# Stok Masuk
Ada banyak pilihan untuk memasukkan produk yang masuk, baik secara manual (input satuan) atau dalam jumlah banyak menggunakan file xls, atau dapat dilakukan dengan metode PO (pembelian), dan Penambahan produk ini juga dapat ditambahkan dari struk produk. cabang atau gudang lainnya.

# Purcahese Order
Dengan adanya purchase order maka dimungkinkan untuk melakukan proses produk dan jasa dari pembelian produk, penerimaan barang, pemrosesan invoice dan pembayaran yang terhubung dengan proses akuntansi. Memudahkan untuk melacak proses pemesanan dan pengeluaran.

# Daftar pemasok
Aplikasi kasir majoo memiliki fitur manajemen inventory yang lengkap salah satunya adalah untuk Menyimpan data supplier atau pemasok yang lengkap dengan riwayat pengadaan produk.

4. Stok Produksi, Terbuang, dan Opname

# Stok Produk
Mengganti produk ke jenis produk lain, jika stok produk bukan barang siap pakai, seperti beras menjadi nasi, karena yang di simpan di gudang adalah beras sebagai stok produknya, sementara dalam resep adalah nasi sebagai pengurang bahan baku.
Contoh lain adalah ayam utuh di gudang dan 10 potong ayam sebagai pengurangan bahan resep.

# Stok Terbuang
Salah satu kecanggihan aplikasi kasir majoo adalah adanya fitur terkait dengan stok terbuang. Melakukan penyesuaian untuk mengurangi persediaan yang rusak atau tidak dapat dijual karena kedaluwarsa atau pembuangan.

# Stok Opname
Proses rekonsiliasi posisi stok mudah dilakukan dengan menggunakan fitur pilihan opsi stok opname secara keseluruhan, sebagian, atau upload product opname dalam bentuk xls sehingga proses dapat dilakukan secara bertahap dan efisien.

Dengan harga mesin kasir yang terjangkau yang di integrasikan aplikasi kasir, tentunya permasalahan terkait manajemen inventori telah terpecahkan. Sehingga kamu tinggal memikirkan bagaimana strategi untuk mengembangkan perusahaan.

Leave a Comment