Facebook Dukung Pengusaha Perempuan melalui Inisiatif #SheMeansBusiness

ArenaLTE.com - Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional 2017, Facebook kembali menegaskan komitmennya untuk menginspirasi dan memberdayakan pengusaha perempuan melalui inisiatif #SheMeansBusinesss. Sejak tahun lalu, Facebook telah meluncurkan inisiatif tersebut di 15 negara, memberi pelatihan langsung untuk 8.000 pengusaha, dan pelatihan online bagi 52.000 pengusaha di seluruh dunia.

Sebanyak 40% dari jumlah Page di Facebook dimiliki oleh perempuan. Page yang dimiliki kaum perempuan telah berkembang lebih dari 60% dari tahun ke tahun. Di Indonesia, jumlah Page UKM yang dimiliki oleh kaum perempuan di Facebook meningkat sebesar 167% antara tahun 2015 hingga 2016.

Tahun ini, #SheMeansBusiness merayakan keterhubungan yang lebih kuat antara sesama pebisnis perempuan. “Kami memberikan kesempatan pada pengusaha perempuan untuk mulai berbicara, saling mengenal bisnis satu sama lain, dan mendorong mereka untuk berbagi lebih banyak hal dengan memfasilitasi sesi Facebook Live antara para mentor dan peserta dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” ujar Facebook dalam pernyataannya.

Para mentor yang bergabung dalam acara ini termasuk Geraldine Oetama - Executive Director Skystar Venture, Dayu Dara - VP di GO-JEK and Co-Founder GO-LIFE, Ayang Cempaka - Creative Director di Ayang Cempaka dan Jenahara - Creative Director di JENAHARA. 

Sri Widowati, ‎Country Director Indonesia - Facebook mengatakan, "Secara global, 65 juta bisnis menggunakan Facebook Page dan 5 juta bisnis menggunakan Profil Instagram Bisnis. Melalui #SheMeansBusiness dan dukungan dari para mitra kami, Facebook ingin membantu lebih banyak wanita dalam mewujudkan ide mereka menjadi bisnis yang sukses.”

Tri Rismaharini, Wali Kota Surabaya juga sangat mendukung upaya membantu pengusaha perempuan dengan berbagai perangkat untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kewirausahawan perempuan di Indonesia. Bahkan program Pahlawan Ekonomi di Surabaya merupakan salah satu mitra pertama dari Facebook #SheMeansBusiness, sejak peluncurannya tahun lalu.

SheMeansBusiness bertujuan untuk membantu perempuan mengubah minat mereka menjadi bisnis. Riset terbaru dari Facebook mengungkapkan bahwa 9 dari 10 perempuan di Indonesia ingin membangun bisnis mereka sendiri. Bayangkan jika setengah dari para perempuan ini merasa terdorong untuk membangun sebuah usaha kecil, hal tersebut akan memiliki dampak yang sangat besar bagi perekonomian.

Leave a Comment