Desainer Apple, Jony Ive, Tinggalkan Apple

ArenaLTE.com - Bagi kalian pengguna dan pecinta iPhone, MacBook, iPad dan semua produk Apple, tentu akrab dengan desain khas Apple. Yang dilihat dari sudut manapun, dengan mudah dapat mengenalinya sebagai produk Apple. Bukan karena logo buah apel tergigitnya itu. Tetapi karena desain Apple punya look dan feel yang sangat khas, yang mampu membedakannya dengan produk lain.
 
Karakteristik Apple yang sangat kuat itu, tak lepas dari tangan dingin Jonathan Ive, Chief of Design Officer Apple Inc. Dialah orang yang bertanggung jawab pada perancangan desain setiap produk Apple. Kabar buruknya, Jonathan, yang akrab disapa Jony Ive, memutuskan meninggalkan Apple, setelah lebih dari dua dasawarsa berkontribusi di perusahaan tersebut.
 
Dalam wawancaranya dengan Financial Times, Jony Ive mengungkapkan, keputusan itu diambil setelah ia merasa sudah menyelesaikan sejumlah proyek penting untuk Apple. Salah satunya adalah Apple Park, kantor pusat Apple Inc, yang terletak di Cupertino, California, AS. Proyek yang dimulai sejak 2004 lalu, dan mulai digunakan pada 2017.
 
Selanjutnya, Jony Ive mendirikan dan menjalankan bisnis barunya, perusahaan desain yang diberinya nama LoveFrom. Di sini dia dibantu dan bekerja sama dengan desainer asal Australia, Marc Newson, beserta sejumlah tenaga kreatif lain dari seluruh dunia.
 
Tentu saja kepergian Jony Ive merupakan kehilangan besar bagi Apple. CEO Apple, Tim Cook, mengatakan, Jony adalah pribadi yang luar biasa, yang kontribusinya pada pengembangan Apple sungguh tak terukur. Termasuk dalam pembangunan Apple Park, di mana dia menghabiskan begitu banyak energy dan perhatian.
 
Menyusul mundurnya Jony, Apple merombak struktur organisasi perusahaan. Menurut pernyataan dari Apple, begitu proses transisi selesai, Evan Hankey sebagai VP Industrial Design dan Alan Dye, VP Human Interface Design, akan melapor dan bertanggung jawab langsung pada COO Jeff William. Apple juga mengumumkan penunjukan Sabih Khan, sebagai Senior VP Operations.
 
Kabar baiknya, meski resmi mundur dari Apple, Jony Ive tidak benar-benar putus hubungan dengan perusahaan lamanya itu. Ive dan perusahaan barunya akan terus bekerja secara erat dengan Apple untuk berbagai proyek. Bagi LoveFrom, Apple akan menjadi klien pertama mereka. “Apple akan terus menggunakan bakat Jony dengan bekerjasama secara langsung pada sejumlah proyek eksklusif,” demikian pernyataan resmi Apple.

Leave a Comment