Demi Mesin Pencarinya, Google Rela Bayar Apple 9 Miliar Dolar?

ArenaLTE.com - iPhone tak terbantahkan lagi memang memiliki dampak besar terhadap bisnis Google. Buktinya, perusahaan raksasa itu disinyalir bakal menggelontorkan duit hingga 9 miliar dolar demi kelangsungan search engine mereka di smartphone besutan Apple tersebut. 

Yups, Google benar-benar tak rela jika mesin pencari mereka dilenyapkan dari iOS atau sistem operasi mobile untuk iPhone. Faktanya, Google rela membayar per tahun ke Apple demi mempertahankan eksistensi mesin pencari mereka di Safari untuk iPhone dan iPad. 

Sudah bukan rahasia lagi jika Google menggelontorkan dana tak sedikit. Pada 2014 misalnya, Google membayar sekitar 1 miliar dolar AS dan tahun lalu naik menjadi 3 miliar dolar. 

Selanjutnya, analis Rod Hall memprediksi jika tahun ini, dana yang mesti digelontorkan bakal menggelembung menjadi sekitar 9 miliar dolar AS. 

Bukan hal aneh, karena Apple kerap disebut-sebut sebagai salah satu jaringan terbesar Google dalam hal akuisisi trafik. Jadi tak bisa dipungkiri lagi jika nominal kocek yang mesti dikeluarkan Google pun bakal semakin membesar. 

Jika melihat uang yang dikeluarkan Google tahun ini yang meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya, Hall memperkirakan jika angka tersebut akan semakin besar lagi di masa mendatang. Berpotensi mencapai 12 miliar di 2019. 

Hingga Google menolak membayar angka yang lebih besar, maka sampai saat itulah Apple akan dengan senang menerima hadiah miliaran dolar dari raksasa mesin pencarian yang sangat 'murah hati' tersebut.
 
Bisa saja Apple mendekati Microsoft yang juga punya mesin pencari alternatif Bing sebagai opsi di Safari. Tapi pastinya, Google dan Apple saat ini sedang dalam posisi 'win-win situation'.

Leave a Comment