Co-Founder Apple: Tak Usah Pakai Facebook Lagi

ArenaLTE.com - Buat banyak orang, aplikasi media sosial Facebook sudah seperti makanan sehari-hari. Sudah seperti menjadi aplikasi wajib yang terpasang di smartphone –dan juga computer. Tetapi tidak untuk Co-Founder Apple, Steve Wozniak. Dia malah bilang, orang seharusnya jangan memakai Facebook lagi. Nah lo!
 
Wozniak, yang popular dengan panggilan Woz, mengatakan itu saat dicegat dalam wawancara singkat dengan wartawan laman berita TMZ, di bandara Reagan National Airport, Washington DC, AS. “Tiap orang memang berbeda-beda. Ada yang tak begitu mempersoalkan soal privasi, karena merasa sebanding dengan keuntungan yang didapat dari Facebook. Tapi buat saya, rekomendasi saya, kalian benar-benar harus mencari cara untuk meninggalkan Facebook,” ujar Woz.
 
Privasi, itu yang menjadi kuncinya, dan yang menjadi dasar ketika Woz memutuskan menghapus akun Facebooknya tahun lalu.  Hanya berselang tiga minggu, setelah skandal Cambridge Analytica meledak pada Maret 2018. Skandal yang menelanjangi keterlibatan sebuah perusahaan swasta, yang menggunakan data-data dari Facebook untuk memantau kecenderungan dan tingkah laku pengguna (Facebook). Dan, menggunakan analisa untuk keuntungan Presiden Donald Trump, pada pemilu kepresidenan lalu.
 
Sejak itu, banyak pelanggaran lain (berkaitan dengan penggunaan Facebook) yang ditemukan. Salah satunya adalah terkait dalam pemusnahan etnis di Myanmar, seeperti yang dilaporkan PBB. Facebook sendiri mengakui, platform media soal mereka digunakan untuk memicu kekerasan.
 
Woz melihat kemajuan teknologi sudah menginvasi ranah privasi. Lihat saja sekarang, kata Woz, orang sudah bisa memantau detak jantung seseorang dengan pemindaian laser, mereka bisa “mendengar” kamu melalui berbagai perangkat, dengan diketahui atau tidak oleh orang tersebut. “Siapa yang tahu ponsel saya sekarang ini sedang mendengar pembicaraan ini?” tukas Woz, kepada wartawan TMZ yang mewawancarainya.
 
Karena itu, Woz mengaku sangat khawatir bahwa pembicaraan yang kita pikir bersifat pribadi, tidak diketahui oleh orang lain. Pembicaraan pribadi yang tak ingin didengar dan diketahui orang lain. “Hanya saja, tak ada cara untuk menghentikan semua itu,” ujar Woz lagi. Selain, ya itu tadi, buru-buru hapus akun Facebook Anda. Dan Woz sudah melakukan itu.

Leave a Comment