IDC Catat Kesuksesan Huawei Raih Posisi Kedua Di Pasar Smartphone

ArenaLTE.com - Huawei telah menunjukkan kepiawaiannya dalam menerjunkan produk smartphone dengan memperoleh hasil yang cukup baik. Huawei Consumer Business Group (CBG) mengumumkan kinerja bisnisnya untuk paruh pertama 2018. Huawei mencatat pertumbuhan luar biasa pada paruh pertama 2018 dengan pengapalan smartphone global lebih dari 95 juta unit. Tiga martphone premium Huawei P20 Pro, seri Mate 10, dan seri Nova, menjadi pahlawan pada periode ini, sebab sukses mencatatkan penjualan yang luar biasa. 

Menurut riset terbaru Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker dari International Data Corporation (IDC), Huawei telah menduduki peringkat kedua di pasar smartphone global dengan pangsa pasar 15,8 persen, dan untuk kali pertama mengalahkan Apple dengan selisih 3,7 persen di seluruh kuartal ini.

Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group, mengatakan, “Enam bulan terakhir sungguh luar biasa bagi Huawei CBG, ditandai dengan pertumbuhan yang kuat pada bisnis kami di semua market dan lini produk. Kesuksesan kami terjadi berkat komitmen kami terhadap inovasi dan paling penting, karena pengguna kami. Ke depan, Huawei tetap fokus untuk terus meningkatkan penawaran kami yang menitikberatkan pada teknologi artificial intelligence (AI) di perangkat, cloud, dan ekosistem Huawei yang lebih luas.” 

Highlight pada kinerja bisnis Huawei:

  • HUAWEI P20 Series: Seri P20 diterima dengan baik sekali oleh kalangan pecinta fashion. Pengapalan global untuk seri HUAWEI P20 telah melewati angka 9 juta unit;
  • HUAWEI Mate 10 Series: HUAWEI Mate Series terbaru telah membuat trend dalam mobile AI dan memperkuat posisi perusahaan di pasar high-end dengan total pengapalan global lebih dari 10 juta unit;
  • HUAWEI nova Series: Secara global, jumlah pengguna smartphone seri Nova telah melewati angka 50 juta, sehingga berkontribusi pada pertumbuhan keseluruhan pasar smartphone mid-range. Total pengapalan seri Nova ini meningkat 60 persen year-over-year.
  • Perangkat wearable dari Huawei mencapai kenaikan luar biasa, 147 persen, year-over-year;
  • Bisnis retail telah tumbuh dan sekarang Huawei telah mengoperasikan lebih dari 53.000 Huawei Store dan 3.500 Huawei Experience Stores di seluruh dunia. Perusahaan ini berencana menggenjot jaringan retail-nya dengan membangun 10.000 toko lagi dan 700 Experience Stores di seluruh dunia sebelum akhir 2018. 
Kinerja bisnis Huawei melalui produk-produk premium dan mid-market telah mengangkat value brand Huawei. Huawei kini meraih posisi ke-25 di daftar Brand Finance’s Global 500 2018, nomor 48 di daftar BrandZ’s Top 100 Most Valuable Global Brands, dan nomor 79 di daftar Forbes’ Most Valuable Brands list. Sebagai catatan, Huawei adalah perusahaan China satu-satunya yang mengamankan posisinya di daftar top 100 Forbes untuk 2018.

Leave a Comment