Apple Masih Menguasai Industri Pasar Smartphone Kelas Menengah

ArenaLTE.com - Usaha keras Samsung dalam menguasai pasar smartphone belum bisa diungkapkan berhasil, hal ini terlihat dari laporan badan riset pasar counterpoint yang mencatat justru Apple yang memiliki pangsa pasar yang besar di segmen industri smartphone. Pangsa pasar ponsel pintar premium yang dibanderol di atas USD400 masih dikuasai produsen asal Cupertino tersebut.

Badan riset mencatat bahwa Apple memiliki market share  mencapai 51% secara global, kemudian disusul Samsung yang memiliki pangsa pasar hanya mencapai 22%. Sedangkan untuk pemain lain yang ikut dalam pasar smartphone kelas menengah ini pun tercatat ada Huawei yang memiliki pangsa pasar sebesar 10%, sedang Oppo berada di 6% dan OnePlus ada di kisaran 2%.

Pangsa pasar Apple pun terlihat cukup baik sejak 2017 lalu, meski tercatat mengalami penurunan mencapai 12% namun tetap berada di posisi atas. Sedangkan Samsung kehilangan 4,3% pada tahun lalu, kemudian Huawei yang cukup meningkat sebesar 25%. Sedangkan posisi Oppo di segmen premium naik lima kali lipat antara 2017 maupun 2018.

Kenaikkan Huawei diungkapkan badan riset karena produk dari model seri P20 dan Mate, cukup besar diminati konsumen. Hal ini pun kemungkinan bisa terulang pada keluarga seri P30 dan Mate 30 yang kemungkinan akan dirilis pada akhir tahun ini. Sedangkan Oppo, diperkirakan akan bisa meraih hal besar tersebut pada seri R15 dan R17.

Sedangkan untuk OnePlus, model terbarunya diprediksi bisa membantu menempatkan perusahaan di lima besar pasar smartphone global. China, India, dan Eropa Barat merupakan perolehan yang cukup besar mencapai 80% dari pengiriman global OnePlus 6T . Pengiriman di India selama kuartal keempat 2018 adalah yang tertinggi dalam satu kuartal.

Leave a Comment