Buat Facebook Anda Aman, Hindari Menerima Permintaan Teman Asing

ArenaLTE.com - Saat ini, banyak dari pengguna Facebook mendapatkan kiriman pesan yang memang tidak menyenangkan dari temannya langsung. Bahkan, tanpa menyadari sering kali akun teman tersebut meminta sesuatu yang tidak biasa dilakukan temannya. Selidik punya selidik, ternyata hal tersebut dikarenakan akun teman telah diretas oleh orang lain dan dimanfaatkan untuk hal tidak baik.

Pengambilan akun pengguna Facebook kali ini pun tidak serta merta dilakukan dengan cara ‘kasar’. Kali ini, para pencuri menggunakan sebuah sistem yang bisa mengambil paksa akun orang lain atau bahkan menirunya persis seperti apa yang menjadi targetnya.

Laman snopes menginformasikan bahwa kali ini para hacker membuat sebuah sistem yang cukup canggih, caranya cukup mudah dengan meminta kiriman pertemanan kepada orang lain. Setelah proses pertemanan disetujui, maka semua data baik itu nomor telepon, email, daftar teman dan lainnnya yang ada dalam media sosial ini menjadi milik peretas.

“Tolong beritahu semua kontak di daftar Messenger Anda, jangan sampai menerima permintaan pertemanan Jayden K Smith," seperti dikutip dari laman langsung.

Menurut sumber informasi, sebenarnya akun itu adalah seorang hacker dan memiliki sistem yang terhubung ke akun Facebook Anda. Jika salah satu kontak Anda menerimanya, Anda juga akan diretas, jadi pastikan semua teman Anda mengetahuinya. 
Berikut adalah beberapa tips mudah agar akun Facebook Anda tetap aman.
  • Jangan pernah membagikan kata sandi Anda, atau menggunakannya di perangkat umum secara online.
  • Seperti semua password, hindari menggunakan nama atau kata-kata umum Anda. Coba gunakan akronim atau kumpulan huruf, angka, dan karakter acak lainnya.
  • Aktifkan autentikasi dua faktor, yang akan meminta kode keamanan khusus setiap kali seseorang masuk ke akun Anda dari perangkat baru.
  • Log out dari Facebook saat menggunakan komputer bersama.
  • Pastikan akun email Anda aman
  • Jalankan perangkat lunak anti-virus di komputer Anda.
  • Pikirkan sebelum Anda mengklik atau mendownload apapun.

Leave a Comment