ASUS X550IU, Notebook Gaming Berbasis AMD Polaris

ArenaLTE.com - AMD bekerjasama dengan ASUS mempersembahkan notebook gaming terbarunya, yaitu ASUS X550IU yang diperkuat oleh prosesor AMD APU Mobile generasi ke-7 dan kartu grafis AMD Radeon dengan arsitektur Polaris. Perangkat ini dilengkapi dengan  chip Accelerated Processing Unit (APU) kelas tertinggi dari jajaran AMD APU Mobile Generasi ke-7.

Kehadiran AMD APU Mobile generasi Ke-7 dan kartu grafis dengan arsitektur Polaris  di Indonesia tahun 2016 lalu menjadi jawaban AMD untuk terus menghadirkan teknologi terbaru berperforma tinggi dalam memenuhi kebutuhan para gamer dalam aktivitas bekerja dan bermain.

Dalam ASUS X550IU, terbenam AMD APU FX-9830P yang memiliki kecepatan clock 3.0 GHz hingga 3.7GHz dengan TDP 35 watt. Di sisi lain, keberadaan Radeon RX 460, kartu grafis berarsitektur Polaris menjadikan ASUS X550IU sebagai notebook gaming pertama di Indonesia yang diperkuat AMD Polaris. 

Seperti diketahui, arsitektur Polaris diperkuat berbagai fitur menarik dan dirancang dengan menggunakan teknologi FinFET 14nm yang membawa berbagai penyempurnaan menakjubkan dalam performa sebuah PC dan efisiensi. Fitur menarik pada Radeon™ RX 460 ini  dirancang untuk para gamer yang menginginkan permainan game HD yang jernih, tampilan yang luar biasa halus saat streaming dengan resolusi diatas HD.

“Kami sangat antusias membawa ASUS X550IU untuk pasar gaming notebook di Indonesia. Dukungan AMD APU FX-9830p serta kartu grafis Radeon RX 460 berbasis arsitektur Polaris ini pertama kali diperkenalkan di pasar Indonesia,” kata Armawati, Business Development Manager AMD untuk Indonesia. 

Diukur dari kecepatan clock speed yang dimilikinya, AMD APU FX-9830P dengan cache sebesar 2MB ini sudah sangat mumpuni dalam hal performance dan multi-tasking. Untuk mendukung kinerja prosesor, ASUS memberikan RAM berkapasitas 8GB yang bisa ditambah hingga 16GB. RAM itu merupakan jenis DDR4 2133MHz yang menawarkan performa jauh lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih efisien.

Dari sisi grafis, ASUS X550IU menggunakan grafis Polaris AMD Radeon RX 460 yang mempunyai VRAM berbasis GDDR5 sebesar 4GB. AMD Radeon RX 460 pada notebook ASUS X550IU ini merupakan kartu grafis Radeon RX 460 versi Desktop dengan TDP nya dikecilkan, sehingga performa sangat mirip dengan versi desktop. 

Kartu Grafis tersebut merupakan GPU dengan arsitektur Graphic Core Next generasi keempat dengan 14 buah compute unit dan 896 stream processor. Kecepatan standarnya sendiri di 1.090MHz dan dapat ditingkatkan hingga 1.200MHz. Dan pada kecepatan maksimal tersebut, ia mampu memproses hingga 2,2 Tera floating-point operations per detik.

Perangkat  yang punya layar 15,6 inci serta beresolusi full HD tersebut, juga sengaja dirancang dengan bodi yang cukup ringan yaitu 2,45Kg. Tujuannya, agar para gamer yang hobi bemain secara nomaden alias berpindah-pindah tempat, dapat menggunakan perangkat ini dengan dinamis kapanpun dan di manapun.

Harga Asus X550IU dibanderol sekitar IDR 9.499.000. Dari sisi layanan purna jual, ASUS juga memanjakan pengguna X550IU dengan garansi penuh termasuk service dan sparepart selama 2 tahun, dan berlaku secara global.

Leave a Comment