Asuransi Perjalanan: Biar Traveling Makin Asyik

ArenaLTE.com - Traveling itu memang asyik. Bisa mendatangi tempat-tempat keren, baik di dalam maupun luar negeri. Mengaguminya, sembari berfoto-foto ria, dan lantas tak lupa mem-posting di sosmed. 
 
Momen-momen seperti itu sungguh terasa menyenangkan. Apabila semuanya berjalan dengan lancar, aman tanpa kendala apapun. Namun, bagaimana bila terjadi hal-hal tak terduga? Tahu-tahu tas digondol copet, sementara uang, paspor dan barang-barang penting lain ada di dalamnya. 
 
Atau, mengalami kecelakaan yang membuat kalian terpaksa di rawat di rumah sakit. Bagaimana bila itu terjadi di negeri orang? Tanpa ada satupun sanak saudara atau teman di sana?
 
Di saat seperti itulah baru terasa pentingnya sebuah asuransi perjalanan. Jadi bagi kalian yang hobi bepergian, sudah selayaknya memahami soal asuransi perjalanan ini. Setelah paham, lantas berikutnya apa? Cara mendapatkan asuransi perjalanan tersebut. 
 
Salah satunya adalah beli asuransi online terbaik untuk melindungi perjalanan liburan. Setiap perusahaan asuransi tentu punya prosedur pendaftaraan berbeda. Nah, di sini kita akan membahas cara pendaftaran asuransi perjalanan Axa Mandiri yang paling mudah dan cepat.
 
Asuransi Perjalanan. Apa Itu?
Banyak masyarakat yang keliru dan menganggap asuransi perjalanan adalah asuransi kendaraan. Padahal, asuransi perjalanan bukanlah asuransi perjalanan, bukan juga asuransi kesehatan.
 
Asuransi perjalanan lebih mirip jika disandingkan dengan asuransi kesehatan dan asuransi harta benda, tapi dalam jangka waktu polis jauh lebih singkat. Tepatnya, polis asuransi perjalanan hanya berlaku selama Anda dalam perjalanan saja, baik untuk perjalanan liburan, perjalanan kerja, atau kunjungan lainnya.
 
Ada beberapa risiko utama yang akan ditanggung oleh produk asuransi perjalanan, yaitu:
1. Pembatalan perjalanan dengan memberikan refund sesuai ketentuan polis
2. Kecelakaan dalam perjalanan
3. Keterlambatan dan kehilangan bagasi
4. Resiko lainnya yang terjadi dan merugikan di dalam perjalanan.
 
Risiko lain yang akan ditanggung oleh asuransi perjalanan misalnya risiko bencana alam, resiko evakuasi medis, kompensasi kerusuhan yang terjadi di lokasi atau daerah liburan, kompensasi kehilangan paspor karena kesalahan maskapai, hingga biaya perjalanan darurat.
 
Sedangkan yang tidak akan ditanggung oleh asuransi misalnya:
 
1. Kerugian karena tindakan terorisme
2. Kerugian karena perang saudara atau perang dari negara musuh asing
3. Tindakan melanggar hukum yang sengaja dilakukan
Kerugian karena penyakit atau kondisi yang sudah ada sebelum perjalanan
 
Selain itu, asuransi jenis ini juga tidak bisa memberi perlindungan bila kita mengunjungi negara-negara yang dilarang karena tidak kondusif, rawan perang, dan rawan konflik, misalnya Korea Utara, Afrika, dan beberapa negara Timur Tengah.
 
Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan
Bagi yang ingin memiliki asuransi perjalanan, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenisnya yang terdiri dari dua, yaitu:
Asuransi Perjalanan Domestik: Asuransi perjalanan domestik adalah asuransi yang khusus untuk melindungi perjalanan dalam negeri saja. 
 
Mengingat Indonesia adalah negeri kepulauan, maka satu-satunya transportasi antar pulau paling nyaman adalah pesawat. Asuransi perjalanan domestik sendiri bukan sebuah persyaratan wajib. Namun, sekarang semua penerbangan baik perjalanan domestik maupun internasional sudah dilengkapi dengan asuransi bawaan dari masing-masing maskapai. 
 
Asuransi Perjalanan Internasional: Untuk asuransi perjalanan internasional, setiap penumpang maskapai wajib punya asuransi ini bila ingin mengunjungi hampir semua negara di Eropa dan Jepang.
 
Asuransi perjalanan internasional yang dianggap sebagai dokumen wajib penerbangan disebut dengan nama Visa Schengen. Perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi ini lebih besar, termasuk perlindungan kehilangan paspor, keterlambatan dan kehilangan bagasi, delay penerbangan per 1 jam, dan hingga kerusuhan dan evakuasi medis di negara yang sedang dikunjungi.
 
Cara Beli Asuransi Online Terbaik untuk Perlindungan Perjalanan
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti saat membeli asuransi online.
Langkah pertama, download aplikasi AXA Mandiri di Google Play Store atau App Store
Masuk ke menu pendaftaran asuransi perjalanan domestik atau luar negeri, sesuai dengan kebutuhan
Lengkapi form dan dokumen yang diminta
Jangan lupa masukan email dan nomor telepon aktif
Pihak dari AXA Mandiri akan menghubungi Anda melalui email untuk mengirimkan konfirmasi dan asuransi, menjelaskan proses klaim, dan detail polis lainnya. Jangan lupa baca dulu polis dengan teliti sebelum menyetujui produk asuransi tersebut.
 
Jadi mulai sekarang, segala macam perjalanan baik untuk liburan atau kerja, dalam negeri atau internasional, baiknya dilindungi dengan asuransi perjalanan. 
 
Sehingga, suasana liburan dan travel work tidak akan terganggu karena berbagai masalah yang bisa terjadi. Semoga bermanfaat, and safe flight

Leave a Comment