4 Aplikasi Pilkada 2017 Terbaik Untuk Smartphone

pilkada_DKI_Jakarta_putaran_ke_2_aplikasi_PILKADA_2017
ArenaLTE.com - Dengan penggunaan smartphone yang semakin populer, sudah tentu masyarakat akan ramai-ramai mengakses informasi mengenai hasil Pilkada DKI Jakarta Putaran Ke 2 ini, terutama dari media massa dan media sosial. Agar lebih mudah mengakses informasi mengenai pilkada. Kita bisa menggunakan aplikasi Pilkada 2017 Terbaik untuk smartphone.

Aplikasi ini memiliki beragam fungsi diantaranya yaitu memungkinkan kita melihat kandidat pemimpin, bahkan mengajak untuk menjadi relawan yang memantau dan mengawal jalannya Pilkada 2017. Aplikasi Pilkada 2017 terbaik untuk smartphone ini juga bisa digunakan untuk mengakses dan memantau perolehan suara.

Aplikasi Pilkada 2017 Terbaik Untuk Smartphone

Kawal Pilkada

kawal-pilkada-2017-1
Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk Pilkada DKI Jakarta Putaran Ke 2 saja namun juga untuk Pilkada 2017 di daerah lainnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh Code4Nation telah membuatnya saat pemerintah menggelar Pilkada serentak 2015 di 269 daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Kemudian di update untuk Pilkada 2017.

Aplikasi ini mirip dengan situs kawalpilkada.id pada Pemilu 2014 lalu, namun kini pada versi terbaru aplikasi kawal pilkada 2017 ini kita bisa terlibat melaporkan hasil penghitungan suara Pilkada dengan memoret formulir C1 plano (lembaran besar tempat penghitungan suara di TPS) setelah penghitungan selesai. Setelah itu foto diunggah disertai data yang tertera di foto ke form yang disediakan. Download aplikasi Kawal Pilkada di Google Play Store.

Mata Rakyat

kawal-pilkada-2017-matarakyat
Aplikasi buatan PT Intouch Innovate Indonesia ini khusus digunakan untuk memantau Pilkada DKI Jakarta Putaran Ke 2 saja. Cara kerja aplikasi ini juga membutuhkan crowdsourcing atau mengandalkan pada partisipasi masyarakat dalam pengumpulan data dari masing-masing TPS sehingga publik bisa mendapatkan hasil Pilkada secara cepat, akurat dan independen.

Data perolehan suara di aplikasi MataRakyat diperoleh dari relawan yang direkrut untuk menjadi saksi elektronik (eSaksi). Untuk menjadi eSaksi kita harus memasukkan nomor KTP dan selanjutnya melaporkan hasil perolehan suara di TPS tertentu. Selanjutnya, data itu akan diolah menjadi hasil perolehan suara bagi masing-masing calon. Download aplikasi Mata Rakyat di Google Play Store.

Quick Count Pilkada 2017

kawal-pilkada-2017-1
Aplikasi ini khusus menampilkan data hasil hitung cepat Pilkada 2017 dari berbagai daerah yang melaksanakannya. Beberapa di antaranya adalah Pilkada di DKI Jakarta, Bekasi, Banten, Lampung Barat, dan Tulang Bawang. Sumbernya adalah perhitungan yang dilakukan oleh lembaga survei Rakata Institute dan akan ditampilkan secara real time. Kita bisa download gratis aplikasi Quick Count Pilkada 2017 di google Play Store.

Real Count Hasil Pilkada 2017

kawal-pilkada-2017-1
Aplikasi ini berisi data Real Count Pilkada 2017 yang bisa kita gunakan untuk memberikan update informasi tentang perkembangan hasil Pilkada 2017. Data yang tampil dalam aplikasi ini bersumber dari website resmi KPU yaitu pilkada2017.kpu.go.id, yang menampilkan data perolehan suara seperti Hasil Pilkada 2017. Data hasil Pilkada tersebut adalah berdasarkan entry data Model C1 merupakan hasil sementara dan bukan hasil final. Download aplikasi real count Hasil Pilkada 2017 di Google Play Store.

Leave a Comment