Bootstrap Slider
Home > Review > Smartphone > Review Oppo F1s: Smartphone 4G LTE yang Jago di Kamera Selfie

Review Oppo F1s: Smartphone 4G LTE yang Jago di Kamera Selfie

REVIEW SECTIONS

RELATED REVIEWS

Review ViVo V5 : Senjata Komplit Penggemar Selfie
Review POLYTRON PRIME 7S : Sentuhan Bergaya Dari Dalam Negeri
Huawei P9: Standar Baru Fotografi Smartphone
Review LG V20: Smartphone Serba Premium, Termasuk Harganya
Review Motorola Moto E3 Power: Murah Tapi Kurang Powerful
Review Samsung Galaxy J3 2016: Sederhana, Biasa, Tapi Ini Samsung
Review LG X Power: Smartphone  4G LTE Menengah dengan Baterai Ekstra Tangguh
Review Lenovo Vibe K5 Plus: Smartphone 4G LTE Dengan Fitur Virtual Reality
PLUS
/
  • Sensor sidik jari
  • Kamera selfie 16MP, kamera utama 13MP
  • Desain premium
MINUS
/
  • Resolusi layar masih HD
  • Chipset kelas menengah

TREND HARGA

EDITORS' RATING
7.8
OVERALL
DESAIN 8
LAYAR 8
KAMERA 8.5
MULTIMEDIA 7
PERFORMA 7.5
VALUE FOR MONEY 7.5
USER'S RATING
7.3
OVERALL
DESAIN 7.0
LAYAR 7.0
KAMERA 8.0
MULTIMEDIA 7.0
PERFORMA 8.0
VALUE FOR MONEY 7.0
Add User Review

ArenaLTE.com – Oppo merilis seri lanjutan di keluarga camera phone ‘Selfie Expert’ bernama Oppo F1s. Smartphone baru ini memiliki segmentasi di bawah Oppo F1 Plus dan berada di atas Oppo F1. Lebih jauh, Oppo sendiri sengaja menghadirkan F1s untuk menggantikan posisi F1 di pasaran. Selain tampil lebih segar dari F1, seri ini membawa beberapa fitur mutakhir yang dimiliki seri flagship F1 Plus.

Bisa dibilang tiga keluarga ‘Selfie Expert’ ini muncul berurutan dengan jeda yang tak terlalu lama sekitar 2-3 bulanan. Tapi strategi ini cukup berhasil karena jajaran ‘F’ series ini jadi lebih mudah dikenali dan ‘branding’ pun tetap terjaga di benak masyarakat. Yuk, bongkar plus minus Oppo F1s bareng ArenaLTE kalau penasaran.

Desain

Lagi-lagi, Oppo tidak mau ambil resiko dalam hal desain. Tak ada perubahan berarti, rancangan F1s masih menyerupai Oppo F1 Plus. Tapi jika dibandingkan dengan F1 alias versi awal banyak modifikasi yang dilakukan. Mulai dari keberadaan tombol home fisik hingga dibenamkannya sensor sidik jari.

Oppo-F1s-(8)Sama seperti Oppo F1 Plus, smartphone ini tetap berbalut struktur unibodi berbahan logam nan solid. Masih mengedepankan desain elegan dengan bagian depan berlapis layar lengkung 2.5D. Dimensinya sedikit lebih besar dan tebal (7,38mm) ketimbang F1 Plus, begitu pula bobotnya lebih berat (160 gram).

Sekilas, sulit membedakan antara Oppo F1s dan F1 Plus. Tapi kemudian kita mendapati beberapa perbedaan yang terlihat secara fisik seperti posisi kamera depan yang dialihkan ke kiri, bertukar dengan lampu notifikasi. Kemudian posisi lampu kilat di area belakang sekarang berada di samping kanan kamera. Keberadaan tombol sentuh (home) fisik di bawah layar bisa difungsikan menjadi sensor sidik jari.

Sama seperti sang pendahulu, panel belakangnya terasa kesat jadi tak mudah tergelincir saat sedang kita timang. Oh ya, seri ini menggendong baterai yang bertipe removable, jadi kalian tak bisa mencopotnya. Sementara untuk akses slot nano SIM atau microSD cari saja lubang kecil di atas tombol power. Colok dengan penyuntik khusus maka akan nongol tray. Tempatkan kartu pada posisinya lalu masukkan lagi.

Display

Sama seperti Oppo F1 Plus, kualitas layar sentuh dari ponsel ini termasuk memuaskan. Sangat responsif dan intuitif terhadap sentuhan jari. Dengan menyentuhkan jari ringan dan lembut di layar, kalian sudah bisa mengoperasikan Oppo F1s. Saat memakai sarung tangan atau pelapis pun, panel sentuhnya tetap bisa merespon dengan baik lho.

Oppo-F1s-(4)Layarnya mampu memancarkan gambar yang terlihat alami dan cerah. Tapi harus dicatat kalau tertimpa sinar matahari, kalian harus mengatur tingkat kecerahan ke level paling tinggi. Soalnya, gambar redup dan kurang optimal kalau tidak disetel seperti itu.

Meski sama-sama mengusung layar 5,5 inci, tapi kualitas smartphone ini berbeda dengan Oppo F1 Plus. Panel yang dipakai adalah IPS LCD alias masih kalau ketimbang panel Super AMOLED di F1 Plus. Begitu juga dengan resolusi yang hanya setara HD (1080×720 piksel) sementara Oppo F1 Plus sudah Full HD. Selebihnya Oppo F1 Plus tetap diproteksi pelindung anti gores Gorilla Glass 4 serta dipercantik dengan layar lengkung 2.5D.

OS & Antarmuka

Antarmuka menjadi salah satu elemen penting, karena merupakan pintu gerbang utama dalam menjalankan aktivitas dan mengakses berbagai fitur dalam sebuah ponsel. Sebagai platformnya, Oppo menggunakan sistem operasi Android 5.1. Sementara untuk antarmuka sendiri F1s sudah menerapkan versi baru buatan mereka yang dijuluki Color OS 3.0.

UI-Oppo-F1sOppo merancang antarmuka baru ini supaya lebih praktis, minimalis dan efisien. Selain itu, performanya diklaim lebih cepat 30% dari antarmuka lama Color OS 2.1. Tampilannya terlihat masih kental dengan ciri khas Oppo dengan ikon besar dan warna-warna cerah. Saat dijajal, loading aplikasi, transisi antar halaman dan aktivitas operasional terasa lincah, stabil dan nyaris tanpa lag.

Oppo F1s juga masih menjejalkan berbagai fitur khusus seperti double tap to lock, double tap to wake dan gesture control. Sekedar gambaran, bila kondisi layar dalam keadaan mati atau terkunci, kita bisa menggambar pola tertentu untuk kemudian langsung mengarahkan ke aplikasi kamera.

Kamera Oppo F1S

Oppo-F1s-(5)Kemampuan fotografi kamera depannya ternyata memang memuaskan, mampu menghasillkan gambar natural, cerah, dan tajam. Kamera selfienya cukup sensitif dalam menyerap cahaya dan menghasilkan gambar lebih terang dan detil meski dalam keadaan kurang cahaya atau low light.

Oh ya, Oppo mempersenjatai F1s dengan kamera depan 16MP dan berbagai fitur tambahan yang telah diperbaharui. Jika dibandingkan dengan Oppo F1 yang hanya menyisipkan kamera selfie 8MP, tentu kualitasnya sudah jauh melejit. Dilengkapi dengan diafragma besar F2.0 dan sensor terbaru berukuran 1/3.1 inci.

Kamera depan Oppo F1s juga melimpah dengan fitur seperti Beautify 4.0 untuk menangkap gambar selfie tampak lebih natural. Ada Selfie Panorama yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar grup selfie dengan sudut lebar 120 derajat. Buat hasil lebih baik dalam kondisi minim cahaya terbenam Screen Flash yang memanfaatkan cahaya layar perangkat sebagai lampu tambahan.UI-Camera Oppo F1s

Buat memotret selfie, kalian cukup melambaikan tangan ke kamera atau memakai perintah suara. Jadi tak perlu susah-susah memaksa jari memencet shutter. Selain lebih praktis dan mudah, layar pun tak tergoncang atau terganggu.

Sementara di bodi belakang tertanam kamera 13MP dengan aperture F2.2 dan sensor sebesar 1/3.06 inci. Hasilnya cukup oke, tingkat sensitivitas cahaya cukup tinggi dan bisa menjepret gambar yang cerah meski dalam kondisi gelap. Jika benar-benar minim cahaya keberadaan lampu kilat bisa membantu. Kamera belakang ini didukung teknologi PDAF sehingga focus gambar lebih cepat dan memiliki fitur Ultra HD sehingga bisa menghasilkan foto 50MP dengan detil tajam dan terjaga.

Hasil Foto

 

Konektivitas

Oppo F1s dilengkapi dengan total 3 ruang slot dalam 1 tray, 1 slot untuk micro SD, dan 2 slot untuk kartu SIM jaringan 4G LTE yang mendukung kecepatan internet hingga 150Mbps. Oh ya, smartphone ini sudah mendukung beragam jaringan mulai dari GSM (850/900/1800/1900Mhz), WCDMA (850/900/2100Mhz) dan FDD-LTE : Band 1/3/8.

Konektivitas lain yang bisa ditemukan dalam ponsel ini antara lain Wi-Fi 802.11 b/g/n with Wi-Fi Direct, Bluetooth v4.0 dan GPS. Oppo F1s juga sudah mendukung USB OTG, hanya saja kalian tak akan menemukan NFC di dalamnya.

Fitur Andalan

Oppo F1s membawa sektor keamanan ke level lebih tinggi dengan dukungan sensor sidik jari. Sebelumnya, kalian tak akan menemukan fitur ini dalam Oppo F1. Tombol pemindai sidik jari ini terletak di tombol home. Saat dijajal, mampu mengenali sidik jari kita secepat kilat hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik. Oppo sendiri mengklaim sensor ini hanya membutuhkan waktu 0,22 detik untuk membuka kunci layar. .

fitur-oppo-f1sTambahan lain, fitur pemindai sidik jari tersebut juga dapat dikustomisasi agar langsung membuka aplikasi yang diinginkan. Fungsi ini mengizinkan pengguna untuk meregistrasikan lima sidik jari yang berbeda untuk disesuaikan dengan aplikasi ataupun kontak untuk melakukan pemanggilan cepat. Oppo mengklaim jika sensor ini dilengkapi juga dengan self-learning technology, sehingga makin lama makin akurat.

Di sektor audio, keluaran suara dari speaker Oppo F1s cukup memuaskan. Dari loudspeaker yang posisinya ada di ruas bawah itu terpancar suara lantang dan nyaman di telinga. Oppo juga melengkapi F1s dengan berbagai fasilitas multimedia seperti music dan video player bawaan.

Performa

Oppo F1s hadir bersama chipset 64-bit octa core Mediatek MT6750 yang mempunyai clockspeed 1.5GHz. Artinya, seri ini mengalami penurunan kemampuan dari Oppo F1 Plus yang lebih mempercayakan dapur pacunya dengan MediaTek octa core Helio P10 berclockspeed 2.0 GHz.

Tapi kinerjanya oke juga kok. Oppo F1s tetap lincah dan gesit saat dicoba menjalankan berbagai aplikasi dan game. Untuk aktivitas multitasking, smartphone ini juga tak terbebani dengan aplikasi yang berjalan sekaligus. Meski dipacu terus menerus, tak terasa panas yang mengganggu di bodinya.

Oh ya, Oppo F1s ini dibekali dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Lagi-lagi tak sebesar yang dipunyai Oppo F1 Plus (4GB dan 64GB). Tapi urusan memori internal, seri ini sudah mengusung ruang penyimpanan lebih besar dari Oppo F1 versi lama yang hanya punya 16GB. Disediakan pula slot kartu microSD yang bisa disisipi memori hingga 128GB.

benchmark-oppo-f1sDi bagian daya, Oppo F1s ternyata lebih gahar dari duo pendahulunya dengan kapasitas baterai 3075mAh. Alhasil, ponsel ini mampu bertahan seharian lebih saat dipakai untuk kebutuhan standar. Pengujian kami dengan PC Mark pun memperlihatkan skor baterai impresif hingga 13 jam lebih. Sayang, perangkat ini belum disokong dengan fasilitas fast charging.

 

Value for Money

Rangkaian terbaru dari keluarga ‘Selfie Expert’ ini cukup menjanjikan. Mengusung harga lebih murah dari Oppo F1 Plus yakni sekitar IDR 3.799.000 sementara kemampuan kameranya lebih baik dari versi pendahulu Oppo F1. Tak hanya itu, sensor sidik jari memberikan nilai tambah pada ponsel ini.

Hanya saja, beberapa spesifikasi terpaksa ditekan oleh sang vendor demi mendongkrak nilai tambah di sektor lain yang dianggap penting. Semisal, chipset yang hanya masuk kategori kelas menengah. Juga kemampuan layar yang masih mengandalkan resolusi HD.

USER REVIEWS

sort by | date | rating
7.3
fetra 23 Sep 16, 19:22
Hape wajib buat pecinta Selfie!